PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKNOLOGI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB-BLOG PADA MAHASISWA FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI ALAUDDIN MAKASSAR

  • Irma Irma Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Azhar Arsyad UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Syafe'i Syafe'i UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Bahraeni Bahraeni UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar teknologi pembelajaran berbasis web-blog dan respon Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar terhadap bahan ajar berbasis web-blog. Proses pengembangan merujuk pada model pengembangan Borg dan Gall di antaranya; 1) pengumpulan informasi, 2) perencanaan, 3) pengembangan produk awal, 4) uji coba ahli, 5) revisi I, 6) uji coba kelompok kecil, 7) revisi II. Hasil pengembangan menunjukkan: bahwa respon mahasiswa terhadap modul berbasis web-blog adalah positif atau mendapat respon baik. nilai rerata respon mahasiswa terhadap modul berbasis web-blog 3.24, dari skor ideal 4. Penilaian terhadap format bahan ajar dan media 3.16, aspek bahasa 3,26, aspek isi 3,31 dan aspek penyajian 3.26.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ali, Hasanuddin, Millenial Nusantara, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.

Bahraeni. Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Pendidikan Islam Berbasis Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, Tesis, PPs UIN Alauddin Makassar, 2017.

Baki, Nasir A. Metode pembelajaran agama islam. Yogyakarta: Eja_Publisher, 2014.

Borg, Walter R. dan Meredith Damien Gall, Educational Teserch an Introduction New York: Longman, 1983.

Danim, Sudarwan. Media Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 1994.

Darmadi, Hamid. Kemampuan Dasar Mengajar. Bandung: Alfabeta, 2010.

Darmiyati. Humanisasi Pendidikan. Ed.I, Cet.III. Jakarta: bumi aksara, 2010.

Dick, Walter, Lou Carey, and James O. Carey, The Systematic Design of Instruction, Amerika: Pearson, 2009. E. Mulyasa. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2006.

Fatmayanti, Andi. Pengembangan Media Web-blog sebagai Sarana Informasi untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir di SMA Negeri 1 Bulukumba, Tesis, PPS Universitas Negeri Makassar, 2014.

Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara, 2005.

Hamalik, Oemar. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Bandung: Bumi Aksara, 2001. Hernawan, Asep Herry. Bahan Ajar. Jurnal upi. edu, 2012. http://file.upi.edu/Direktori/fip/jur._kurikulum_dan_tek._pendidikan/197706132001 122-laksmi_dewi/bahan_kuliah_pba/pengembangan_bahan_ajar.pdf, diakses tanggal 10/12/2017.

Ihsan, Fuad. Dasar-dasar Kependidikan. Semarang: Rineka Cipta, 1997.

Isjoni, Pembelajaran Terkini Perpaduan Indonesia-Malaysia (Pemanfaatan Teknologi Pengajaran: Harapan untuk Indonesia). Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Kadir, Abdul dan Terra Ch. Triwahyuni. Pengenalan Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi, 2003.

Kementerian Agama R.I., Al-Qur`an dan Terjemahnya, Bandung: Deponegoro, 2015.

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2008.

Nasution. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Nata, Abuddin. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2009.

Nugroho, Aji Arif, dkk., Pengembangan Blog sebagai Media Pembelajaran Matematika, AlJabar: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2. 2017.

Nurdin, Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuasn Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi 2007.

Pakpahan, Rogers. Model Ujian Nasional Berbasis Komputer, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol:1, No:1. Jakarta: Balitbang Kemendikbud,2016.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan, Jogjakarta: Diva Press, 2011. Prawiradilaga, Dewi Salma. Mozaik Teknologi Pendidikan E-Lerning. Jakarta: Interpratama Mandiri, 2013.

Purmadi, Ary dan Herman Dwi Surjono, Pengembangan Bahan Ajar Mata Diklat Adaftif Berbasis Web Based Learning pada Sekolah Menengah Kejuruan Jurusan Teknik Bangunan, Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, Volume 3, No. 2, 2016.

Rahmah, Siti Zainatur. Pengembangan Modul Berbasis Sets (Science, Environment, Technology, Society) Terintegrasi Nilai Islam Di SMAI Surabaya Pada Materi Ikatan Kimia, Jurnal Pendidikan, Vol. 2, Nomor 1 Tahun 2017.

Surabaya: Universitas Sebelas Maret Safei. Teknologi Pembelajaran, (Makassar: Alauddin University Press, 2013. Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2012.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2008.

Santoso, Edwin. Millennial Finance. Jakarta: Grasindo, 2017.

Santrock, John W. Psikologi Pendidikan, Edisi II, Jakarta: Kencana, 2007.

Sari, Ratna Almira. Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berbasis Web-blog untuk Materi Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 3 No. 2 Tahun 2014 ,Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Sebelas Maret.

Sarwono, Sarlito Wirawan. Pengantar Umum Psikologi (Cet II; Jakarta: Bulan Bintang, 1982.

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.

Soemanto, Wasty. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta, 1998.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2015.

Diterbitkan
2019-12-28
Abstrak viewed = 1309 times