BISNIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL: INTEGRASI SIRI' NA PACCE DAN ETIKA BISNIS ISLAM

  • M.Wahyuddin Abdullah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Adnan Tahir Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Mohd. Sabri AR Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pandangan konseptual mengenai bisnis yang selama ini terkooptasi oleh pakem “Barat” menyebabkan manusia cenderung memisahkan aspek moral dalam perilaku bisnisnya. Hal tersebut menimbulkan kesadaran akan pentingnya menggali nilai-nilai yang terkandung dalam ekonomi Islam yang lahir dari kearifan lokal suatu masyarakat tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai siri’ na pacce yang terikat dengan nilai etika Islam yang secara sadar atau tidak telah tertanam dalam perilaku bisnis masyarakat Bugis Makassar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian library research dengan pendekatan content analysis dan paradigma interpretif yang menekankan pada makna sebuah simbol ataupun teks untuk menemukan integrasi falsafah siri’ na pacce dan etika bisnis Islam dalam membangun bisnis berbasis kearifan lokal. Hasil yang diperoleh yaitu terjadi perjumpaan secara filosofis-konseptual antara kearifan lokal Bugis Makassar yang tercermin dalam falsafah siri’ na pacce terhadap etika bisnis Islam yang secara operasional terwujud kedalam beberapa hal: menghadirkan Tuhan dalam setiap aktivitas ekonomi, memiliki etos kerja sebagai dampak kesamaan hak dalam mencari penghidupan di bumi, berpegang pada konsep pacce, saling memanusiakan satu sama lain (sipakatau), selalu berkata benar (ada’ tonging) dalam setiap aktivitas ekonomi, dan senantiasa menjaga kejujuran (lempu’).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, Ery Wibowo. 2011. “Ekonomi Islam dalam Konteks Ke-Indonesia-an (Perspektif Jalan Ketiga)”. Jurnal Ilmiah Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Semarang. Vol 8 No 1.

Andaya, Leonard Y. 2004. “Warisan Arung Palakka: Sejarah Sulawesi Selatan Abad ke-17, terj. Nurhadi Simorok”. Makassar: Inninawa.

Asy’arie, Musa. 2015. “Filsafat Ekonomi Islam”. Yogyakarta: Penerbit Lembaga Studi Filsafat Islam.

Badroen, Faisal dkk. 2007. “Etika Bisnis Dalam Islam”. Jakarta: Kencana.

Beekun, Rafiq Issa. 1997. “Islamic Business Ethic”. Virginia: International Institute of Islamic Tought.

Endraswara, Suwardi. 2011. “Metodologi Penelitian Sastra”. Yogyakarta: tim redaksi CAPS.

Fauroni, Lukman. 2003. “Rekonstruksi Etika Perspektif Al Qur’an”. Iqtishad Journal of Islamic Economics Vol. 4 No 1.

Huzain, Muhammad Dkk. 2016. “Sipakatau Konsepsi Etika Masyarakat Bugis”. Yogyakarta: Deepublish.

Jamaruddin, Ade. 2017. “Prinsip-prinsip Alqur’an Tentang Norma-Norma Ekonomi”. Jurnal ‘Anil Islam Vol 10 No 1.

Lutfi, Khabibi Muhammad. 2016. “Islam Nusantara: Relasi Islam dan Budaya Lokal”. IAIN Surakarta: Jurnal Shahih. Vol 1 No 1

Ma’arif, Syamsul. 2011. “Mutiara-mutiara Dakwah KH Hasyim Asy’ari”. Bogor: kanza publishing.

Mahmud. 2011. “Metode Penelitian Pendidikan”. Bandung: Pustaka Setia.

Moein, Andi MG. 1990. “Menggali Nilai-nilai Budaya Bugis-Makassar dan Siri’ na Pacce”. Makassar: Yayasan Mapress.

Muhammad. 2004. “Etika Bisnis Islami”. Yogyakarta: UPP AMP YKPN.

Muslich, A.W. 2010. “Etika Bisnis Islami”. Yogyakarta: Ekonisia Fakultas EkonomiUII.

Naqvi, Syed Nawab Haider. 1993. “Menggagas Ilmu Ekonomi Islam”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naqvi, Syed Nawab. 1993. “Ethic and Economics: An Islamic Syntesis, diterjemahkan oleh Husin Anis: Etika dan Ilmu Ekonomi Suatu Sintesis Islami”. Bandung: Mizan.

Nurnaningsih. 2015. “Rekonstruksi Falsafah Bugis dalam Pembinaan Karakter: Kajian Naskah Paaseng Toriolo Tellumpoccoe”. Jurnal Lektur Keagamaan. Vol 13 No 2.

Pabbajah, Mustaqim. 2012. “Religiusitas dan Kepercayaan Masyarakat Bugis-Makassar”. Jurnal Al- Ulum Vol 12 no 2.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII Yogyakarta. 2008. “Ekonomi Islam”. Yogyakarta: Raja Grafindo.

Qardawi, Yusuf. 1997. “Peran Nilai dan Moral dalam Perekonomian Islam”, Terj. Didin Hafiduddin dkk. Jakarta: Rabbani Press.

Rahadjo, Dawam. 1995. “Etika Bisnis dalam Menghadapi Globalisasi dalam PRISMA, No. 2. Jakarta: LP3ES.

Shihab, Quraish. 1997. “Etika Bisnis dalam Wawasan Al-Qur’an”, Jurnal Ulumul Qur’an, No 3/VII.

Sugiyono. 2007. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D”. Bandung: Alfabeta.

Sumangelipu, Andi. 2012. “Spiritualitas Masyarakat Bugis Makassar Sebelum Islam”. Harian Fajar: Rubrik Budaya, 2 September 2012

Syamsuddin, Mukhtasar. 2009. “Pendekatan Fenomenologis dalam Studi Perbandingan Etos Kerja Manusia Bugis-Makassar dan Bangsa Jepang, Laporan hasil Penelitian. Yogyakarta: Fakultas Filsafat UGM.

Published
2019-12-27
How to Cite
Abdullah, M., Tahir, A., & AR, M. S. (2019). BISNIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL: INTEGRASI SIRI’ NA PACCE DAN ETIKA BISNIS ISLAM. Jurnal Iqtisaduna, 5(2), 229-249. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v5i2.13249
Section
Volume 5 Nomor 2 (2019)
Abstract viewed = 1037 times