EKSISTENSI BMT DI TENGAH MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (STUDI KASUS PADA BMT SINAR SURYA MAKASSAR)

  • Sirajuddin Roy UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ifa Musdalifah UIN Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Pokok  permasalahan  pada  penelitian  ini adalah  apakah  BMT  Sinar  Surya Makassar mampu bersaing di tengah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah BMT Sinar Surya Makassar yang beralamat di Jl. Paropo II Kecamatan Panakkukang kota Makassar mampu bersaing dan menunjukkan eksistensinya di tengah Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti,dengan analisis non statistic. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, data primer dan data sekunder. Data primer pada penelitian ini yaitu pengelola BMT Sinar Surya, anggota dari BMT Sinar Surya, dan masyarakat umum. Data sekunder pada penelitian ini yaitu data-data perusahan yang di butuhkan untuk penelitian ini, selain itu buku-buku, jurnal, artikel, koran, brosur, skripsi, serta dari website yang berkaitan dengan penelitian ini.

Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa BMT Sinar Surya Makassar belum mampu untuk bersaing di tengah masyarakat ekonomi ASEAN dikarenakan masih memiliki beberapa kendala, salah satu kendala yang paling besar yaitu dana yang ada masih sangat minim, dan belum mampu memberikan pinjaman yang besar kepada nasabah/anggota  yang  ingin  membuka  usaha,  dikarenakan  dana  yang  terkumpul masih dari simpanan anggota, dan sedikit dari bank.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, Anwar. 2009. Dasar-dasar Sistem Ekonomi Islam. Jurnal. Jakarta: Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Aisyah, Ly Fairuzah. 2011. Tinjauan Ekonomi Islam Terhadap Usaha Busana Muslim: Studi pada CV.Azka Syahrani Collection. Skripsi. Jakarta: Jurusan Ekonomi Islam Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Al-kaaf, Abdullah zaky. 2002. Ekonomi dalam Perspektif Islam, Bandung: PT. Pustaka Setia Pertama, Cet-1.

Annonimus, 2011. Undang-Undang RI tentang Perbankan syariah, Yogjakarta: Pustaka Mahardika.

Damsar, 2002. Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet -1.

Evienia, Benedicta. dkk. 2014. Pandangan pelaku pendidikan terhadap pemberlakuan masyarakat ekonomi ASEAN 2015. Jurnal Ekonomi. Volume 18, nomor 2.

Faisal, Sanafia, 2001. Format-format penelitian Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada, Cet. V.

Fhatoni, Hakim M. 2013. ASEAN Community 2015 dan Tantangannya Pada Pendidikan Islam di Indonesia. Laporan Penelitian Individual. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Sunan Ampel.

Hayat, 2014. “Globalisasi perbankan Syariah : tinjauan teoritis dan praktis dalam menghadapi MEA 2015”. Jurnal studia Islamika. Volume 11, Nomor 2.

Hamdan, 2012. “Baitulmal wattamwil dan BPR”. Jurnal Diklat III Program PPC Terpadu Angkatan VI Peradilan Agama Seluruh Indonesia. Bogor: Pusdiklat Balitbang Diklat Kumdil MA-RI Megamendung.

Heri Sudarsono. 2003. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah, Yogyakarta : Ekonisia. Hermana, Budi. dkk, Lembaga Keuangan Mikro: Model Organisasi dan Pemanfaatan Teknologi Informasi, Jurnal. Universitas Gunadarma.

Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 No. 33.

Lubis, Suhrawardi K. 2014. Hukum Ekonomi Islam. Jakarta: Sinar Grafika, Cetakan. III.

Purnama, Achmad Rizal, 2000 Menuju Sistem Ekonomi Islam. Makalah Seminar. “Membuka Peluang Kewirausahaan Dalam Sistem Ekonomi Islam”. Depok: Universitas Indonesia.

Ridha, Muhammad Rasyid. Tafsir al-Manar, (Mesir: 1376 H, Dar al-Manar), Jilid III.

Rohmah, Elly Nur. 2010. Respon Masyarakat Muslmim Mengenai Lembaga Keuangan Syariah: Studi Kasus Respon Kyai dan Masyarakat Terhadap Lembaga Keuangan Syariah di Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Skripsi. Semarang: Jurusan Muamalah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Saifuddin, Ridwan. 2008. Faktor-faktor Penyebab Lemahnya Lembaga Keuangan Mikro studi kasus BMT di Kota Lampung. Skripsi. Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia.

Sjahdeini, Sutan Remy. 2007. Perbankan Islam dan Kedudukannya dalam tata Hukum Perbankan Indonesia. Jakarta: Grafiti.

Saleh, Ismail. 2012. Urgensi Mempelajari Ekonomi Islam. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Sholihuddin, Muhammad. 2011. “Kebebasan Pasar dan Intervensi Negara dalam Persfektif Ekonomi Islam”. Jurnal ekonomi. volume 1, nomor 1.

Sopanah. 2011. Menguak Fenomena Penolakan Pembangunan Dengan

Sugiono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV.Alfabeta, 2008.

Syibli, M. Roem, 2008. Filosofi dan Rasional Ekonomi Islam dalam Menjawab Keraguan Berekonomi Syariah. Artikel. Yogyakarta: Safiria Insani Press.

Wangke, Humphrey. 2014. peluang Indonesia terhadap masyarakat ekonomi ASEAN. Jurnal hubungan internasional, volume 6, nomor 10.

Yusanto, M. Ismail dan M. Arif Yunus. 2009. Pengantar Ekonomi Islam. Bogor: Al-Azhar Press, Cet 1.

Published
2017-04-25
How to Cite
Roy, S., & Musdalifah, I. (2017). EKSISTENSI BMT DI TENGAH MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (STUDI KASUS PADA BMT SINAR SURYA MAKASSAR). Jurnal Iqtisaduna, 2(1), 102-116. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v2i1.2378
Section
Volume 2 Nomor 1 (2016)
Abstract viewed = 517 times