Analisis Keputusan Pencantuman Labelisasi Halal pada Salon Muslimah
Abstrak
Label halal dinilai memiliki peluang yang menjanjikan dengan semakin berkembangnya kesadaran konsumen dalam mengkonsumsi produk halal. Tidak hanya dibidang makanan, produk berlabel halal kini juga merambah ke bidang pariwisata, fashion, bahkan produk kosmetik dan kecantikan. Penggunaan label halal pada suatu produk dinilai dapat memberikan ketenangan bagi konsumen baik secara lahir maupun batin. Hal ini mempengaruhi tingkat permintaan konsumen terhadap produk, baik itu barang atau jasa untuk dikonsumsi. Peluang bisnis inilah yang dirasa dapat mempengaruhi banyaknya produsen mulai menciptakan barang dan jasa berlabel halal untuk memenuhi permintaan pasar. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi seorang pengusaha dalam mencantumkan label halal pada bisnisnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan AHP (Analytical Hierarchy Process) dengan alat analisis menggunakan Super Decision versi 3.2. Metode analisis ini dipilih untuk mengetahui faktor terkuat yang dapat mempengaruhi pencantuman label halal pada salon muslimah di kota Semarang. Data kualitatif diperoleh dengan melakukan sesi wawancara singkat dan penyebaran kuesioner kepada 5 salon muslimah sebagai responden dalam penelitian ini. Dari proses analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi pencantuman label halal pada salon muslimah yang telah diurutkan ialah Religiusitas (57,9%), Brand Image (14,4%), Halal Lifestyle (14,3%), Motif Ekonomi (13,4%).
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Aditya, P., & Herianingrum, S. (2015). Makna Keberkahan Rezeki Bagi Pengusaha Laundry Muslim (Studi Kasus di Lavender Laundry di Gubeng Kertajaya Surabaya). Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(2), 179. https://doi.org/10.20473/vol2iss20152pp179-195
Anam, C. (2016). Pengaruh Komitmen Beragama, Pengetahuan Agama dan Orientasi Agama terhadap Preferensi Masyarakat pada Bank Syariah di Surabaya. Study Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 300. https://doi.org/10.29244/jam.7.1.61-74
Basuki, A., & Cahyani, A. D. (2016). Sistem Pendukung Keputusan (Cetakan Pe). Deepublish.
Citrawati, Y. (2014). Penerapan Analytical Hierarchy Process dalam Pemilihan Bauran Promosi pada Salon Muslimah (Studi Kasus House of Khadijah, Bogor). Institut Pertanian Bogor.
Hamdan, A. (2018). Artikel Lengkap Membahas Motif Ekonomi. https://www.alihamdan.id/motif-ekonomi/
Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th Editio). Pearson Education.
Lee, H. M., Lee, C. C., & Wu, C. C. (2011). Brand image strategy affects brand equity after M&A. European Journal of Marketing, 45(7), 1091–1111. https://doi.org/10.1108/03090561111137624
Mansyurah, F. A. (2019). Peluang Dan Tantangan Bisnis Hotel Syariah Pada Masyarakat Kosmopolitan. At-Taradhi: Jurnal Studi Ekonomi, 9(2), 91. https://doi.org/10.18592/at-taradhi.v9i2.2511
Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas Dan Keputusan Konsumen Terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 13(2), 79. https://doi.org/10.28918/jhi.v13i2.487
Ramadhan, A. (2020). Keputusan Sertifikasi Halal Produk Makanan dan Minuman Olahan Produk UMKM di Kota Tangerang - Kajian Religiusitas, Regulasi dan Branding. Universitas Diponegoro.
Sasangka, I. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan Pada Mini Market Minamart’90 Bandung. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 2(1), 129–154. https://doi.org/10.31955/mea.vol2.iss1.pp129-154
Supriyadi, Fristin, Y., & K.N, G. I. (2016). Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Priduk Sepatu Merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 3 No. 1, 10.
Taufiq, T. (2016). ETIKA PERDAGANGAN DALAM AL- QUR’AN. Al-Muamalat Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, III(1), 112–124.
Tjokroaminoto, J., & Kunto, S. (2014). Analisa Pengaruh Brand Image dan Company Image Terhadap Loyalitas Retailer Studi Kasus PT Asia Paramita Indah. Jurnal Manajemen Pemasaran, 2(1), 1–11.
Wahyudin, Pradisti, L., Sumarsono, & Wulandari, S. Z. (2012). DIMENSI RELIGIUSITAS DAN PENGARUHNYA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOUR ( Studi Pada Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto ). Journal & Proceeding FEB Unsoed, Vol 2, No, 1–13.
Wijaya, D. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Gaya Hidup Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Komunikasi, 15(2), 2579–329.