Perilaku Konsumsi Santri Milenial dalam Perspektif Ekonomi Islam

  • Gabriele Lailatul Muharromah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-7281-1393
  • Lilik Rahmawati Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    (ID)
  • Ani Lutfiyah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
    (ID)

Abstrak

Kebiasaan untuk berbelanja online juga menarik perhatian santri milenial. Santri Pondok Pesantren Jagad 'Alimussirry (PPJA) yang termasuk santri milenial juga sering melakukan kegiatan konsumsi dengan berbelanja di marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perilaku konsumsi santri milenial yakni santriwan dan santriwati Pondok Pesantren Jagad 'Alimussirry dalam perspektif ekonomi Islam. Penelitian mengenai kebiasaan kebiasaan dengan prinsip-prinsip konsumsi dalam Islam. Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif, data primer yang diperoleh dengan metode wawancara yang dilakukan pada santri PPJA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumsi santri PPJA milenial telah sesuai dengan prinsip-prinsip konsumsi dalam ekonomi Islam.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##submission.authorBiography##

##submission.authorWithAffiliation##
Mahasiswa Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surbaya

Referensi

’Alimussirry, J. (2016). Pondok Pesantren Jagad ’Alimussirry. Retrieved from Pondok Pesantren Jagad ’Alimussiry website: https://jagadalimussirry.com/

Afrina, D., & Achiria, S. (2019). Rasionalitas Muslim terhadap Perilaku Israf dalam Konsumsi Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2, 23–38.

Corinna, A. N., & Cahyono, E. F. (2019). Pola Perilaku Konsumsi Generasi Milenial terhadap Produk Fashion Perspektif Monzer Kahf : Studi Kasus Mahasiswi Universitas Airlangga. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 6(2), 319–330.

Furqon, I. K. (2018). Teori konsumsi dalam islam. Jurnal Hukum Dan Ekonomi Syari’ah, 06, 1–18.

Hidayatullah, S., Waris, A., Devianti, R. C., Sari, S. R., Wibowo, I. A., & Pw, P. M. (2000). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi Go-Food. 240–249.

Islahuddin, & Syaifudin, N. (2020). Pasar e-commerce Terbesar Indonesia dari Milenial. Retrieved from lokadata website: https://lokadata.id/artikel/pasar-e-commerce-terbesar-indonesia-dari-milenial

Karim, A. (2014). Ekonomi Mikro Islam (5th ed.). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Margianto, H. (2020). Panggilan Baru Santri Millenial. Retrieved from Kompas website: https://www.kompas.com/tren/read/2020/10/26/143354065/panggilan-baru-santri-millenial?page=all

Mutholibin, K., Handoyo, B. Y., & Robbi, A. (2018). Perilaku Konsumsi Santri Al Jihad Surabaya Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Hukum Bisni Islam Maliyah, 08, 45–64.

Pujiyono, A. (2006). Teori Konsumsi Islami. Jurnal Dinamika Pembangunan, 3(2), 196–207.

Qamaruddin, M. (2020). Perilaku Konsumsi Mahasiswa-Santri Pondok Pesantren Mahasiswa UII dan Pondok Pesantren Mahasiswa Pandanaran Komplek IV Yogyakarta. Jurnal Ekonomi Syariah Iqtishodia, 5(1), 7–15.

Sakti, D. A. P. (2018). Identifikasi Pola Konsumsi Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa S1 Prodi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 6(2).

Diterbitkan
2021-11-24
Bagian
Volume 7 Nomor 2 (2021)
Abstrak viewed = 521 times