Pengaruh Penerapan Etika Pemasaran Islami Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Produk Chiztikk Surabaya)

  • Farah Avista Melania Universitas Negeri Surabaya
    (ID)
  • Ahmad Ajib Ridlwan Universitas Negeri Surabaya
    (ID)

Abstrak

Rasulullah SAW merupakan seorang pengusaha sukses pada jamannya. Beliau menerapkan key success factor yang membuat usahanya semakin berkembang pesat dan mendapatkan barokah disisi Allah SWT, serta terhindar dari mara bahaya dan perbuatan curang yang dilarang dalam agama Islam.  Sebagai pelaku usaha yang beragama Islam, harusnya dapat menjalankan aturan-aturan muamalah sesuai dengan syariat Islam seperti Rasulullah SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penerapan etika pemasaran islami terhadap kepuasan pelanggan produk Chiztikk Surabaya dengan menggunakan regresi linier sederhana. Metode ini digunakan untuk menguji pengaruh variabel dengan analisis kuantitatif. Kuesioner dibagikan melalui google formulir kepada responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus cochran. Jawaban responden diukur dengan menggunakan skala likert. Studi ini menunjukkan bahwa etika pemasaran islami sebagai variabel bebas memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat sebesar 59,5% (R2). Studi ini memberikan implikasi manajerial bagi produsen ataupun penjual, dimana penerapan etika pemasaran islami yang dilakukan sangat penting untuk mencapai kepuasan pelanggan.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ahmad Syafiq. (2019). Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Konsumen dalam pandangan Islam. El-Faqih : Jurnal Pemikiran Dan Hukum Islam, 5(1), 96–113. https://doi.org/10.29062/faqih.v5i1.54

Amir Salim. (2018). Analisis Pemahaman dan Penerapan Etika Bisnis Islam Pedagan Pengepul Barang Bekas di Kota Palembang. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 4(1), 57–74.

Argarini, E. P. (2015). Pengaruh Kompensasi Terhadap Fraud Dengan Kepuasan Kerja. Jurnal Nominal, IV(2), 127–135.

Astuti, I. Y. (2015). Pengaruh Implementasi Etika Pemasaran Syariah terhadap Kepuasan Nasabah pada BPR Syariah Tanmiya Artha Kediri. Jurnal Cendekia Akuntansi, 3(1), 93–99.

Dukcapil Kemendagri. (2021). Distribusi Penduduk Indonesia Per Juni 2021: Jabar Terbanyak, Kaltara Paling Sedikit. Dukcapil Kemendagri. https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/809/distribusi-penduduk-indonesia-per-juni-2021-jabar-terbanyak-kaltara-paling-sedikit

Edi, A. S., & Aristyanto, E. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Konsumen Sakinah Swalayan Di Surabaya. Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 6(1), 251–266.

Fahmi, I. (2014). Etika Bisnis, teori, kasus dan solusi. Bandung : Alfabeta.

Farid, M., & Zahroh, A. (2015). Analisis Penerapan Etika Bisnis Islam dalam Perdagangan Sapi di Pasar Hewan Pasirian. Jurnal Iqtishoduna, 6(2), 13–30.

Farma, J., & Umuri, K. (2020). Implementasi Etika Bisnis Islam dalam Strategi Promosi Produk Asuransi Takaful. Cakrawala: Jurnal Studi Islam, 15(1), 19–29. https://doi.org/10.31603/cakrawala.v15i1.3268

Ghozali, I. (2006). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS. Semarang : Badan Penebit Universitas Diponogoro.

Gymnastiar, A., & Kertajaya, H. (2004). Berbisnis dengan Hati. Jakarta : MarkPlus & Co.

Katadata, D. (2021). RISSC: Populasi Muslim Indonesia Terbesar di Dunia. Databoks Katadata. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/03/rissc-populasi-muslim-indonesia-terbesar-di-dunia

Kemenag. (2022). Data Umat Berdasarkan Agama. Kemenag. https://data.kemenag.go.id/statistik/agama/umat/agama

Kemenkeu. (2021). Pemerintah Terus Perkuat UMKM Melalui Berbagai Bentuk Bantuan. Kemenkeu. https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/pemerintah-terus-perkuat-umkm-melalui-berbagai-bentuk-bantuan/

Kotler, P., & Keller, K. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Maulidya, Kosim, dan D. (2019). Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Hotel Syariah Di Bogor. Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 11(2), 221–240. https://doi.org/10.24235/amwal.v11i2.5340

Nigel, H. (1996). Hand Book of Customer Satisfaction Measurement. Cambridge : Great Britain University Perss.

Nursyamsiah, I., & Nopianti, N. (2021). Pengaruh Etika Bisnis Islam dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Rofi Collection Ciamis. Jurnal Ekonomi Rabbani, 1(1), 52–62. https://doi.org/10.53566/jer.v1i1.20

Oktarina, A., & Mu’alim, A. (2017). Implementation of Islamic Business Ethics on Small and Medium-Sized Enterprises (SMEs) : Case Study of SMEs XYZ. Jurnal Ekonomi & Studi Pembangunan, 18(2), 155–163. https://doi.org/10.18196/jesp.18.2.4042

Oliver, R. L. (2003). Cognitive, Affective, and Attribute Bases of the Satisfaction Response. Journal of Consumer Research, 20(2), 418–430.

Ramdania, W. (2021). Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pemasaran Dan Kepuasan Konsumen. Jurnal Asy-Syari’ah, 22(2), 275–290. https://doi.org/10.15575/as.v22i2.8259

Rangkuti, F. (2006). Riset Pemasaran. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Ratnasari, R. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Bogor : Ghalia Indonesia.

Rokan, M. (2013). Bisnis Ala Nabi. Yogyakarta : PT Bentang Pustaka.

Sari, R. P., Kosim, A. M., & Arif, S. (2019). Pengaruh Etika Pemasaran Islam Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 131–146. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.452

Shabiran, L. M., Herwanti, T., & Rois, I. (2017). Etika Bisnis Pedagang pada Jual Beli Telepon Genggam Bekas ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam di Kecamatan Selong Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Iqtishoduna, 6(2), 190–221.

Sholihah, F. A., & Indrarini, R. (2019). Pengaruh Persepsi Pelanggan terkait Etika Bisnis Islam terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna E-Commerce. Jurnal Ekonomi Islam, 2(2), 156–162.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta.

Sujarweni, W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta : Pustaka Baru Press.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Penerbit Andi Offset.

Diterbitkan
2022-06-24
Bagian
Volume 8 Nomor 1 (2022)
Abstrak viewed = 1833 times