Analisis Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening
Abstrak
Perkembangan zaman yang semakin modern membuat persaingan dunia bisnis semakin ketat. Inovasi dan kreatifitas mengenai produk kuliner selalu dilakukan oleh setiap produsen yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan produknya. Kota Lubuk Linggau, merupakan salah satu kota di Sumatera Selatan yang memiliki wisata kuliner yang beragam dan penduduknya didominasi beragama Islam. Sehingga menarik untuk melihat faktor apa yang paling diutamakan dalam pilihan pembelian produk yang di konsumsi oleh konsumen muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa keputusan pembelian konsumen muslim pada produk makanan di Kota Lubuk Linggau. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data melalui kuesioner dan diolah menggunakan alat bantu statistic SmartPLS 4. Data sekunder diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan dokumen yang diambil dari konsumen muslim di kota Lubuk Linggau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Variabel label halal berpengaruh positif terhadap religiusitas (2) variabel kesadaran halal berpengaruh positif terhadap religiusitas (3) Variabel label halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (4) Variabel kesadaran halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (5) Variabel religiusitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian (6) Religiusitas mampu memediasi pengaruh positif label halal terhadap keputusan pembelian (7) Religiusitas mampu memediasi pengaruh positif kesadaran halal terhadap keputusan pembelian.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Badan Pusat Statistik. (2022). Kota Lubuklinggau dalam Angka: Lubuklinggau Municipality in Figures 2022. https://lubuklinggaukota.bps.go.id/publication/2021/02/26/79f21d1963b9bf7a2a18a202/kota-lubuklinggau-dalam-angka-2021.html
Evandasari, D, N. (2021). PENGARUH LABEL HALAL, RELIGIUSITAS, DAN KESADARAN HALAL TERHADAP NIAT BELI KOSMETIK WARDAH. Skripsi IAIN Surakarta, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Fachrurrozie, Muhsin, Nurkhin, A., & Mukhibad, H. (2023). Faktor Penentu Keputusan Pembelian Makanan Halal Pada Pengguna Gofood Dan Shopee Food. Book Chapter Ekonomi Universitas Negeri Semarang, 2, 121–141.
Hamidah, S. (2015). Menu yang halal dan thoyib. Disampaikan Pada Pengajian Jama’ah Langgar Mafaza Kotagede, Universitas Negeri Yogyakarta, 1–10.
Ikrom, M. (2019). Analisa Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening. Prosiding SemNas Teknik UMAHA, 1, 154–159.
Imamuddin, M. (2017). Pengaruh Label Halal Dan Religiusitas Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instan Mahasiswa Iain Bukittinggi T.a 2016/2017. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 1(1), 34–47.
Juniwati. (2019). Kesadaran Halal dan Religiusitas Individu dalam Keputusan Pembelian Makanan. Universitas Tanjungpura, 141–156. www.halalmui.org
Kusumawardhini, D., & Maharani. (2022). THE EFFECT OF HALAL AWARENESS, RELIGIUSITY, AND KNOWLEDGE OF HALAL PRODUCTS FOR MUSLIM STUDENTS IN BUYING FOOD ONLINE. Skripsi, Universitas Islam Indonesia.
Mutia, J. A., Ali, S., & Harori, M. I. (2022). Analisis Pengaruh Kesadaran Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Personal Care Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Universitas Lampung. Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(9), 739–746.
Nurohman, Qurniawati, 2019. (2019). Kata kunci : keputusan pembelian, label halal, religiusitas PENDAHULUAN Penduduk Muslim di Indonesia sebesar 85% dari total keseluruhan jumlah penduduk. Berdasarkan data dari. IAIN SUrakarta, 12(24), 23–33.
Rinawati, W. (2008). Kepuasan Konsumen terhadap Produk dan Layanan Makanan Restoran “Student Corner†Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana (PTBB) Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, Vol 17, No 1 (2008): (Mei), 119–138. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/7654/6587
Saputra, A. A., & Jaharuddin, J. (2022). Pengaruh Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Dan Celebrity Endorse Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zoya (Studi Kasus Mahasiswa Feb Umj). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16(4), 1521. https://doi.org/10.35931/aq.v16i4.1185
Sari, D. R., Rohimat, A. M., & Ahmad, Z. A. (2021). Apakah Ekuitas Merek dan Kesadaran Halal Memediasi Pengaruh Religiusitas dan Akulturasi terhadap Keputusan Pembelian? JESI (Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia), 11(1), 51. https://doi.org/10.21927/jesi.2021.11(1).51-66
Sial, M. S., Cherian, J., Meero, A., Salman, A., Aziz, A., Rahman, A., Samad, S., & Negrut, C. V. (2022). Determining Financial Uncertainty through the Dynamics of Sukuk Bonds and Prices in Emerging Market Indices. 1–13.
Sutrisno, R. (2010). Perilaku Konsumen Muslim : Persepsi Religiusitas Dan Persepsi Atribut Produk Minuman Berlabel Halal Di Kalangan Mahasiswa Muslim Di Bandung Muslim Consumer Behavior : the Religiosity Perceptions and the Perceptions of Product Attributes Toward the Loyalty. Sigma-Mu, 5(2), 18–36.
Wahyu, P. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 1(2), 180–196.
Wijaya, S. A., & Padmantyo, S. (2023). Pengaruh Labelisasi Halal dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Impor Dalam Kemasan. Primanomics : Jurnal Ekonomi & Bisnis, 21(2), 161–168. https://doi.org/10.31253/pe.v21i2.1843