Efektifitas Strategi Bauran Pemasaran dalam Meningkatkan Pengunjung pada Hotel Dalwa Syariah Bangil Pasuruan ditinjau dari Etika Bisnis Islam

  • Faiqotul Himmah Universitas Yudharta Pasuruan
    (ID)
  • Abdillah Mundir Universitas Trunojoyo Pasuruan
    (ID)
  • Alimatul Farida Universitas Yudharta Pasuruan
    (ID)
Kata Kunci: Pemasaran, Etika Bisnis, Islam, Strategi

Abstrak

Strategi pemasaran adalah suatu rencana menyeluruh yang mengarahkan upaya pemasaran suatu perusahaan untuk mencapai tujuannya. Terdiri dari tujuh elemen: produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik. Etika bisnis Islam adalah seperangkat prinsip moral yang menjadi pedoman kegiatan bisnis, yang bersumber dari Alquran dan Hadits. Etika bisnis dalam Islam menekankan kejujuran, transparansi, keadilan, dapat dipercaya, dan kemurahan hati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Penelitian dilakukan dalam konteks alamiah dan bersifat eksploratif. Hasil Penelitian Hotel Dalwa Syariah telah menerapkan berbagai strategi pemasaran, antara lain segmentasi pasar dan strategi bauran pemasaran. Hotel ini bekerja sama dengan Online Travel Agent, Corporate Clien, Governance, dan Travel untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Strategi bauran pemasaran hotel, yang mencakup produk, harga, tempat, promosi, orang, proses, dan bukti fisik, sejalan dengan etika bisnis Islam.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

M. Andini, “Analisis prinsip-prinsip bisnis syariah pada hotel syariah ditinjau dalam perspektif ekonomi islam,” Acta Univ. Agric. Silvic. Mendelianae Brun., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.

H. S. A. Diniarti Novi Wulandari, Budi Santoso, “etika bisnis dalam konteks e-commerce pada Bukalapak.com.,” J. Ekon. Islam, vol. 11, no. 1, pp. 63–64, 2017.

Engel, “Segmentasi, Targeting,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 86–87, 2014.

D. Farabi, “Strategi Pemasaran Pada Industri Perhotelan,” Media Bisnis, vol. 6, no. 3, pp. 219–232, 2014.

H Uswaton, “strategi pemasaran,” Repos. Univ. Muhammadiyah Ponorogo, 2018.

S. E. Hanum, Analisis penerapan etika bisnis islam pada hotel grand permata hati kota banda aceh, no. 8.5.2017. 2022.

H. Hasanah, “Analisis Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P Dalam Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Kerajinan Alat Dapur Di Desa Kalibaruwetan Kecamatan …,” Skripsi, no. April, 2019.

U. Hasdiana, “Metode yang cepat dan sensitif untuk kuantitas mikrogram jumlah protein menggunakan prinsip protein-colour binding,” Anal. Biochem., vol. 11, no. 1, pp. 1–5, 2018.

D. Hasim, “Studi Komparatif Tereduksinya Kampung Nelayan di Kota Tidore Kepulauan dan Kota Ternate Provinsi Maluku Utara (Studi kasus Kelurahan Tomalou dan Kelurahan Sangaji),” J. Ekon. Pembang., vol. VI, no. 1, p. 27, 2018.

Hilmi 2016, “Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) 7P (Product, Price, Place, Promotion, People, Process, Physical Evidence) di Cherryka Bakery,” vol. 4, no. August, pp. 30–59, 2016.

M. Setiawan, “Marketing Mix,” Univ. Atma Jaya Yogyakarta, 2023.

I. Maghfirah, “Analisis Strategi Pemasaran Hotel Yang Berbasis Syariah Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam Dan Marketing Syariah,” Science (80-. )., vol. 7, no. 1, pp. 1–8, 2022.

Mamik, Metodologi Kualitif. 2015.

A. MAS’ARI, M. I. Hamdy, and M. D. Safira, “Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau,” J. Tek. Ind. J. Has. Penelit. dan Karya Ilm. dalam Bid. Tek. Ind., vol. 5, no. 2, p. 79, 2020, doi: 10.24014/jti.v5i2.8997.

P. A. Nabila, Strategi Pemasaran Hotel Syariah dalam meningkatkan Jumlah Pengunjung dengan menggunakan Pendekatan Maqasid Syariah. 2021.

N. Nurdewi, “Implementasi Personal Branding Smart Asn Perwujudan Bangga Melayani Di Provinsi Maluku Utara,” SENTRI J. Ris. Ilm., vol. 1, no. 2, pp. 297–303, 2022, doi: 10.55681/sentri.v1i2.235.

Nurlaeli, “Analisis penerapan etika bisnis islam pada pengelolaan hotel syariah,” skripsi, 2024.

A. G. Prawiyogi, T. L. Sadiah, A. Purwanugraha, and P. N. Elisa, “Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 1, pp. 446–452, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i1.787.

D. Rahmawati, “Implementasi program kerja pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga dalam pemberdayaan ekonomi rumah tangga muslim di Kabupaten Lampung Tengah,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, p. 65, 2017.

R. Rujiansyah, “Etika Bisnis Dalam Islam,” J. Ekon. Manajemen, Akuntansi, dan Perbank. Syari’ah, vol. 4, no. 1, 2017, doi: 10.24903/je.v4i1.209.

S. Soleh, B. Budiman, and S. Samudi, “Etika Bisnis Islam: Implementasi dalam Bisnis Perhotelan di Banten,” J. Huk. Ekon. Syariah, vol. 7, no. 02, pp. 145–157, 2023, doi: 10.26618/j-hes.v7i02.12675.

Suhardiman, M. Rachman, and Jamiah, Birokrasi dan Public Govermance. 2016.

E. Trivaika and M. A. Senubekti, “Perancangan Aplikasi Pengelola Keuangan Pribadi Berbasis Android,” Nuansa Inform., vol. 16, no. 1, pp. 33–40, 2022, doi: 10.25134/nuansa.v16i1.4670.

R. ULFA, “Strategi Pemasaran Produk Simpanan Sirela Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di Bmt Walisongo Mijen,” pp. 13–26, 2017.

U. Usmara, “Strategi pemasaran pada saat Covid-19,” pp. 20–31, 2014.

B. Ventura, “strategi implementasi nilai kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab guru pendidikan kewarganegaraan di sekolah dasar,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 6, no. 1, pp. 51–66, 2017.

U. R. Witry, “Analisis Penerapan Prinsip-Prinsip Syariah Pada Hotel Saudara Syariah Medan,” p. 2, 2018.

Diterbitkan
2024-06-30
Bagian
Volume 10 Nomor 1 (2024)
Abstrak viewed = 111 times