Strategi Pasukan Amal Sholeh Melalui Gerakan Infak Beras Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Pondok Pesantren Dan Yayasan Kota Palangka Raya
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi yang dilakukan oleh Pasukan Amal Sholeh (PASKAS) di pondok pesantren dan yayasan. Metode yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskripif. Sumber data penelitian adalah data sekunder dan primer yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara serta buku, jurnal ilmiah, artikel, internet dan sumber pustaka lainnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentansi. Dengan menggunakan tiga informan kunci yaitu Ketua, Wakil dan Bendahara Pasukan Amal Sholeh (PASKAS). Teknik analisis data penelitian ini menggunakan empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Pasukan Amal Sholeh (Paskas) meliputi komunikasi langsung, pembagian celengan, pesan media sosial, dan kunjungan ke rumah orang tua asuh. Faktor pendukungnya meliputi Pasukan Amal Sholeh, orang tua asuh, dan transportasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah beras hanya dapat disalurkan setelah sumbangan terkumpul dan masih terbatasnya transportasi.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Asrinur, Oktaviani Elma, dkk. (2023) Transpormasi diGital dan Strategi Manajemen", Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis. 16(1). 200. https://doi.org/10.37479/jkeb.v16i1.20322
Armonitha, Lusinia Armonitha Shary, Nugraha Rahmansyah. (2021), Sistem Pendukung Keputusan. Padang: Pustaka Galeri Mandiri. 10.
Aslami, Nuri & Sakinah Nurul Layla (2023). Analisis Faktor-Faktor Penghambat dalam Perubahan Organisasi. Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen. 2(1). 1573.
Badaruddin, Hidayati Rahmah Rizka dkk. (2021). Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Program Corporate Social Responsibility dalam Membantu Kehidupan Masyarakat Sekitar Perkebunan. Jurnal Relawan Indonesia. 10(1). 178. https://10.31289/perspektif.v10i1.4180
Effendi, Mas'ud & Setyorini Hany. 2016. Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Matriks SWOT dan QSPM (Studi Kasus: Restoran WS Soekarno Hatta Malang. Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri. 5(1). 48. https://doi.org/10.21776/ub.industria.2016.005.01.6
Fajrin, Zakia & Safitri Pony. (2019). Strategi Bisnis Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Kecil Menengah Kopiah Resam Mentari Kota Pangkalpinang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis. 20(1). https://journal.unimal.ac.id/emabis/
Hasanah Waridatul Anni & Hardiyati Mikyal. (2023). Analisis Kesejahteraan Sosial Sebagai Disiplin Ilmu. Jurnal ICODEV: Indonesian Community Development. 4(2). 90. https://ejournal.uinsaizu.ac.id
Harahap Saparuddin, Samrin. (2020). Strategi Pengelolaan Bisnis Syari’ah Pada Industri Kecil Menengah (Ikm) Di Tanjung Balai Jurnal Manajemen Tools. 12(1). 200. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/879>
Juliansyah, Eris. (2017). Strategi Pengembangan Sumber Daya Perusahaan Dalam Meningkatkan Kinerja Pdam Kabupaten Sukabumi. Jurnal Ekonomak. 3(2). 21. https://ejournal.stiepgri.ac.id/index.php/ekonomak/article/view/48
Khairi, Tangkas, dkk. (2022). Strategi Komunikasi Social Marketing Gerakan Infaq Beras Dalam Meningkatkan Kepercayaan Para Donatur Di Kota Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi. 2(1). 55 https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id
Maranatha, Grace Euodia & Saribu Tambun Daulat Holfian. (2020). Pengaruh Pengembangan Produk, Kualitas Produk Dan Strategi Pemasaran Terhadap Penjualan Pada Pt. Astragraphia Medan. Jurnal Manajemen. 6(1). 4. http://ejournal.lmiimedan.net
Nurhasanah, Siti dkk. (2020) Strategi Pembelajaran lengkap. Jakarta Timur: Edu Pustaka. 30.
Nurjannah, Ika (2020). Fundraising dan Pendistribusian di Organisasi Sedekah Beras Semarang”. Skripsi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Walisongo. 1-78.
Rahim Rahman. (2019) Manajemen Strategi. Makassar: Lembaga Kepustakaan. 45.
Rahmadani, Putri. (2022) Aktivitas Sosial dan Keagamaan Komunitas Gerakan Infaq Beras Lampung. Skripsi. Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Universitas Islam Negeri Raden Intan. 1-58.
Sunda, Ariana dan Pawirosumarto Suharno Setyadi Antonius. (2023). Manajemen Strategi. Jakarta: Mitra Wacana Media. 13.
Supriatna, Iyatna dkk. (2019). Faktor Pendukung dan Penghambat Strategi Dakwah Partai Keadilan Sejahtera dan Solusinya. 7 (1). 138. https://doi.org/10.24252/jdi.v7i1.10098
Wulandari, Siti dkk. (2021). Rancang Bangun Aplikasi Pemasaran Penggalangan Infaq Beras (Studi Kasus: Gerakan Infak). Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Universitas Teknokrat Indonesia, Jurnal of Telematics and Information Technology, 2.1. 13. https://doi.org/10.33365/tft.v2i1.1991
Wakiddudin, Ilfa. (2021). Gerakan Sedekah Beras Subuh Untuk Kesejahteraan Ekonomi Dan Semangat Ibadah Masyarakat Di Masjid Abdurrahman Bin Auf Kota Cirebon. Skripsi. Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.1-71
Wardani, Lia & Siregar Sonang Pariang. (2018). Faktor Pendukung Dan Penghambat Dalam Implementasi Penilaian Autentik Di SD Negeri 003 Rambah Indonesian. Journal of Basic Education 1(2). 212. https://ejurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/157.