Analisis SWOT dan Strategi Pemasaran Produk Talangan Kesehatan pada KSPPS BMT Aman Utama Jepara

  • Diva Mustamar Sadid Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
    (ID)
  • Miswan Ansori Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
    (ID)
Kata Kunci: Analisis SWOT, Strategi Pemasaran, Produk Talangan Kesehatan, KSPPS

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi strategi pemasaran yang efektif untuk produk Talangan Kesehatan di KSPPS BMT Aman Utama Jepara dengan menggunakan analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats). Pembangunan kesehatan di Indonesia merupakan usaha kolektif untuk mencapai kesehatan masyarakat yang optimal, yang memerlukan kolaborasi lintas sektor dan kesinambungan dari upaya sebelumnya. Meskipun angka harapan hidup meningkat, tantangan kesehatan tetap ada, terutama dengan tingginya angka penyakit dan dampak pandemi COVID-19. Data dari Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) digunakan untuk membentuk Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM), yang menilai kesehatan di setiap daerah. Kabupaten Jepara, yang memiliki IPKM rendah di Jawa Tengah, menghadapi tantangan dalam meningkatkan layanan kesehatan. Inovasi produk Talangan Kesehatan oleh KSPPS BMT Aman Utama Jepara bertujuan untuk mengurangi biaya kesehatan bagi anggotanya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat untuk produk tersebut dengan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang ada. Mengkombinasikan dengan perhitungan nilai bobot IFAS (Internal Factors Analysis Summary) dan EFAS (External Factors Analysis Summary). Metode ini juga meliputi wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dari perhitungan dengan pendekatan IFAS dan EFAS strategi pemasaran produk talangan kesehatan berada pada titik koordinat kuadran I yaitu masuk kedalam penggolongan strategi growth (pertumbuhan).

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Ahmad, F. R. (2020). Analisis Kritis Atas Rendahnya Pembiayaan Berbasis Bagi Hasil Pada BMT di Jepara. TAWAZUN: Journal of Sharia Economic Law, 3(2), 141–154.

Alfiani, M., Anwar, A. Z., & Darwanto, D. (2018). Analisis Pembiayaan Murabahah Pada BMT. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 1(2), 69–80.

Amalia, A. N. (2022). The conditions of Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) in Indonesia: A literature review. Paradigma, 19(1), 1–8.

Aprianto, B., & Zuchri, F. N. (2021). Implementasi manajemen sumber daya manusia kesehatan di fasilitas kesehatan: A Literature Review. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 160–166.

Ardyan, E., Boari, Y., Akhmad, A., Yuliyani, L., Hildawati, H., Suarni, A., … Efitra, E. (2023). METODE PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF : Pendekatan Metode Kualitatif dan Kuantitatif di Berbagai Bidang. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=A8LmEAAAQBAJ

Attriani, A. N. (2022). Tantangan Dan Isu Strategis Sumber Daya Kesehatan Manusia Kesehatan Pada Puskesmas Di Indonesia. Jurnal Kesehatan Tambusai, 3(3), 363–368.

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah. (2023, December 1). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jawa Tengah tahun 2023.

Benzaghta Mostafa Ali, Elwalda Abdulaziz Mousa, Mousa Mohamed Erkan, Ismail Rahman, & Mushfiqur. (2021). SWOT analysis applications: An integrative literature review. Journal of Global Business Insights, 6(1), 54–72.

David, F. R. (2022). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba empat.

Emilya, M., Misnaniarti, M., & Syakurah, R. A. (2022). Sumber Daya Manusia Kesehatan di Era COVID-19 pada Lingkup Kesehatan: Literature Review. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(06), 526–536.

Hardianto, Ketut krisna, Siswi Puji Astuti, & Susanti. (2023). Profil Statistik Kesehatan 2023 (Vol. 7; S. Hastho Ponco, Ed.). Badan Pusat Statistik.

Jati, S. P., Budiyono, B., Budiyanti, R. T., Handayani, N., Dewanti, N. A. Y., & Nandini, N. (2023). Pendampingan Tata Kelola Program Kesehatan Kabupaten Jepara. Journal of Public Health and Community Service, 2(2), 61–67.

Kotler, P. (2005). Principles of Marketing. Financial Times Prentice Hall. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=V-i0y4SHIBYC

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Principles of Marketing. Pearson/Prentice Hall. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=5FEfAQAAIAAJ

Lestari, T. I., & Yunita, L. (2020). The application of SWOT analysis as a basis for determining marketing strategies. Enrichment: Journal of Management, 10(2, May), 25–29.

Maulana, D. F., & Rozak, A. (2021). Analisis Fatwa DSN MUI Mengenai Pembiayaan Multijasa dengan Akad Ijarah pada BMT. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 13(1).

Mayla Surveyandini, S. E. (2022). Strategi pemasaran ampuh. Nas Media Pustaka.

Pasolong, H. (2019). Teori administrasi publik. Penerbit Alfabeta.

Phadermrod, B., Crowder, R. M., & Wills, G. B. (2019). Importance-performance analysis based SWOT analysis. International Journal of Information Management, 44, 194–203.

Pradesyah, R. (2018). Analisis Perkembangan Akad-Akad Di Bank Syariah. Aghniya: Jurnal Ekonomi Islam, 1(1), 34.

Romdhonah, R., Suryoputro, A., & Jati, S. P. (2021). Pencapaian Indeks Keluarga Sehat Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (Pis–Pk): Literature Review. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 12(2), 229–235.

Santosa, K. S., & Pratomo, H. (2021). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Literasi Kesehatan Pasien Pelayanan Kedokteran Keluarga. PREPOTIF: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 681–692.

Santoso, A. B., & Aji, J. M. M. (2019). Strategi Pemasaran Dan Pengembangan Tepung Cassava Pada Agroindustri UD. Nula Abadi Di Kabupaten Bondowoso. JSEP (Journal of Social and Agricultural Economics), 11(3), 39–52.

Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta, 1–11.

Suhartini, S. (2018). Analisa Swot Dalam Menentukan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan. MATRIK: Jurnal Manajemen Dan Teknik Industri Produksi, 12(2), 82–87.

Sumiarsih, M., & Nurlinawati, I. (2019). Permasalahan dalam Perencanaan Kebutuhan Sumber Daya Manusia Kesehatan di Kabupaten/Kota. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pelayanan Kesehatan, 3(3), 182–192.

Turmidzi, I., & Istianah, I. (2022). Implementasi Perencanaan Strategis Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Madrasah. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(2), 90–100.

Widyawati, S. R., & Jumiati, M. (2023). Manajemen Strategik. MEGA PRESS NUSANTARA. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=b271EAAAQBAJ

Wulandari, P., & Kassim, S. (2016). Issues and challenges in financing the poor: case of Baitul Maal Wa Tamwil in Indonesia. International Journal of Bank Marketing, 34(2), 216–234.

Wulandari, P., & Prijadi, R. (2021). A review of risk rationing practice in islamic microfinance to achieve sustainable development goals in Term of Poverty in Indonesia. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 716(1), 012107. IOP Publishing.

Diterbitkan
2024-08-07
Bagian
Volume 10 Nomor 2 (2024)
Abstrak viewed = 58 times