Fenomena Praktek Ba’I An-Najasy di E-Commerce Perspektif Ekonomi Syariah

  • Denta Safitri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
    (ID)
  • Alim Erdiansah Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin
    (ID)
  • Juli Darma Yanti Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
    (ID)
  • Rozalinda Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
    (ID)
Kata Kunci: Ba'i An-Najasy, E-commerce, Jual Beli

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis fenomena ba’i an-najasy pada e-commere yakni adanya komentar yang memuji barang, padahal tidak sesuai pada saat penerimaan barang, hal ini dilakukan untuk menaikan penjualan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yaitu penelitian didasarkan pada deskripsi kata dan kalimat yang disusun secara cermat dan metodis, mulai dari pengumpulan data hingga interpretasi dan pelaporan temuan penelitian. pengumpulan data menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dengan  wawancara dan observasi partisipatif, dimana peneliti terlibat dalam aktivitas sehari-hari orang yang diamati. Jenis data adalah data primer dengan sumber data yakni  informasi yang dikumpulkan langsung dari lapangan yaitu konsumen yang telah melakukan transaksi pembelian pada e-commerce di Kabupaten Kerinci dan berpartisipasi aktif dalam melakukan jual beli pada e-commerce. Sampel ditetapkan dengan menggunakan metode snowball sampling, data dianalisis secara kulitatif deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa .ditemukan 33 orang dari 40 konsumen merasakan rekayasa pasar dan meskipun 7 orang belum merasakan hal yang sama namun permasalahan fenomena praktek ba’i an-najasy masih sering terjadi dikalangan pengguna e-commerce pada masyarakat di Kabupaten Kerinci.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

Al-Asqalani, B. Li I. H. (2021). Fathu Al-Bari Juz 4.

Aprita Nur Maharani, R., & Ali Alam, I. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Selama Pandemi Covid-19 Pada Kebab Salahuddin. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 235–242. Https://Doi.Org/10.54443/Sibatik.V1i4.22

Ariyanti, L., & Setyo Iriani, S. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word Of Mouth Terhadap Pembelian Impulsif Pada Saat Special Event Day (Studi Pada Konsumen Shopee Jawa Timur). Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(5), 491–508. Https://Doi.Org/10.54443/Sibatik.V1i5.58

Arlina, A. M., Rahmawati, L., & Hidayat, A. A. (2023). The Phenomenon Of Market Distortion Practices In E-Commerce (Bai’ Najasy). Islamic Economics Journal, 09(01), 35–46.

Cahya, W., & Koiriyah, A. Z. (2020). Tinjauan Islam Terhadap Mekanisme Pasar Dan Penanganan Distorsinya. Journal Of Islamic Economics And Finance Studies, 1(1), 82–99.

Chanifah, N. (2021). Formulasi Etika Bisnis Halal Thayyib Dalam Perspektif Maqashid Syariah Kontemporer Jasser Auda. Arena Hukum, 14(3), 604–625. Https://Doi.Org/10.21776/Ub.Arenahukum.2021.01403.10

Deges, F. (2019). Grundlagen Des E-Commerce. 226.

Djuwaini, D. (2010). Pengantar Fiqh Muamalah. Pustaka Pelajar.

Drawina, I. (2018). Dampak Bisnis Online. 1–23.

Fauzi, A., & Koto, I. (2022). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Konsumen Terkait Dengan Produk Cacat. Journal Of Education, Humaniora And Social Sciences (Jehss), 4(3), 1493–1500. Https://Doi.Org/10.34007/Jehss.V4i3.899

Garcia, H. (2016). E-Commerce. 4, 240–251. Https://Doi.Org/10.5585/Iptec.V4i2.68

Gibtiah. (2016). Fikih Kontemporer. Prenadamedia Group.

Gupta, A. (2016). E-Commerce : Role Of E-Commerce In Today’s Business Anjali. 4(1), 1–23.

Hakim, L. (2017). Distorsi Pasar Dalam Pandangan Ekonomi Islam. Ekomadania, 1(1), 1–15.

Jain, V., Malviya, B., & Arya, S. (2021). An Overview Of Electronic Commerce (E-Commerce). Journal Of Contemporary Issues In Business And Government, 27(3). Https://Doi.Org/10.47750/Cibg.2021.27.03.090

Jamaluddin, J., Nurfayda, A., & Erviana, A. (2022). Jual Beli E-Commerce Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Journal Of Economics And Islamic Education, 1(1). Https://Doi.Org/10.61169/El-Fata.V1i1.1

Juliana, H. (2023). Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop. Sinomika Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi Dan Akuntansi, 1(6), 1517–1538. Https://Doi.Org/10.54443/Sinomika.V1i6.754

Karim, A. A. (2018). Ekonomi Mikro Islam.

Lesmana, M., Rosmita, S. N., & Bimantara, A. R. (2020). Analisis Penerapan Etika Jual Beli Islami Dalam Meminimalisir Distorsi Pasar Pada Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Pasar Induk Giwangan Yogyakarta). Islamic Economics Journal, 6(2), 175. Https://Doi.Org/10.21111/Iej.V6i2.4865

Lukito, I. (2023). Tantangan Hukum Dan Peran Pemerintah Dalam Pembangunan E-Commerce. Jurnal Hukum Dan Ham Wara Sains, 2(05), 421–438. Https://Doi.Org/10.58812/Jhhws.V2i05.354

Maamar, Z. (2019). Commerce, E-Commerce, And M-Commerce: What Comes Next ? Communications Of The Acm, 46(12), 251–258.

Maharaja, F. (2022). Analisis Ekonomi Islam Terhadap Distorsi Ekonomi Dalam Transaksi Sekuritas Pada Pasar Sekunder. Ekonomis: Journal Of Economics And Business, 6(1), 260. Https://Doi.Org/10.33087/Ekonomis.V6i1.478

Marpaung, I. Rahmayani, Nawawi, Z. M., & Aslami, N. (2022). Analysis Of The Application Of Business Ethics In Online Buying And Selling Transactions On The Shopee Marketplace. Journal Of Social Research, 1(12), 499–507. Https://Doi.Org/10.55324/Josr.V1i12.347

Nasrul Efendi, Tya Wildana Hapsari Lubis, & Sugianta Ovinus Ginting. (2023). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Kualitas Pelayan Dan Store Atmosphere Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Ekonomi, 28(2), 197–215. Https://Doi.Org/10.24912/Je.V28i2.1626

Oni, S., & Karim, A. A. (2017). Maqashid Bisnis Dan Keuangan Islam: Sintesis Fiqih Dan Ekonomi. Rajawali Pers.

Putri, N. H., Sari, N. S., & Rahmah, N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Proses Riset Konsumen: Target Pasar, Perilaku Pembelian Dan Permintaan Pasar (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(5), 504–514. Https://Dinastirev.Org/Jimt/Article/View/998%0ahttps://Dinastirev.Org/Jimt/Article/Download/998/633

Rachmat, K., & Dkk. (2022). Kasus Najasy Di Pasar Dan Relevansinya Dengan Pemikiran Ibnu Qudama Hukum Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Sebi 2021. Jurnal Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Sebi 08, 2.

Rantesalu, H. (2022). Penanggulangan Kejahatan Penipuan Belanja Online Di Wilayah Kepolisian Daerah Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2). Https://Janalokajournal.Id/Index.Php/Jnk/Article/View/16

Renaningtyas, A. R., Wahyuni, A. D., & ... (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Konsumen: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen). Jurnal Ekonomi …, 3(5), 469–478. Https://Dinastirev.Org/Jemsi/Article/View/988%0ahttps://Dinastirev.Org/Jemsi/Article/Download/988/622

Rofik, E. N. (2020). Transaksi Yang Diharamkan Dalam Islam. Ngabari: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 13(1), 40. Https://Doi.Org/10.51772/Njsis.V13i1.48

Sabiq, S. (2017). Fiqih Sunnah 1987: Terjemahan, Diterjemahkan Ahli Bahasa Kamaluddin A. Marzuki (A. Ma‟Arif (Ed.)).

Saprida. (2017). Tinjauan Fiqh Muamalah Terhadap Timbangan Jual Beli Karet Di Desa Betung Kecamatan Lubuk Keliat Kabupaten Ogan Ilir. Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 3(1), 11–26. Https://Doi.Org/10.36908/Isbank.V3i1.73

Saragih, A. E., Bagaskara, M. F., & Mulyadi. (2023). Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Dalam Transaksi E- Commerce. Civilia : Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2), 2961–8754.

Schafer, J. Ben, Konstan, J., & Riedl, J. (2018). Recommender Systems In E-Commerce. Acm International Conference Proceeding Series, 158–166. Https://Doi.Org/10.1145/336992.337035

Setiawati, A. T., Maulida, D. V., & Nisa, K. (2023). Takaran Dan Timbangan Yang Adil Dalam Perdagangan Sesuai Ekonomi Syariah. Jurnal Religion: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 1(2023), 576–591. Https://Maryamsejahtera.Com/Index.Php/Religion/Index

Simamora, C. M. (2023). “Pusdiklat.Kemendag.Go.Id.” Http://Pusdiklat.Kemendag.Go.Id/V2019/Article/E-Commerce#:~:Text=Dengan Adanya E-Commerce Memungkinkan,Mencakup Pasar

Soemitra, A. (2019). Hukum Ekonomi Syariah Dan Fiqh Muamalah (Dilembaga Keuangan Dan Bisnis Kontemporer). Prenadamedia Group.

Sopiandi, E., Hafiduddin, D., & Tanjung, H. (2017). Analisis Distorsi Pasar Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Kasaba: Journal Of Islamic Economy, 10(1), 113–130.

Sudarto. (2018). Ilmu Fikih Refleksi Tentang Ibadah, Muamalah, Munakahat Dan Mawaris. Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (26th Ed.). Alfabeta.

Suhendi, H. (2010). Fiqih Muamalah. Rajawali Pers.

Sula, M. S. (2017). Asuransi Syari’ah (Life And General). Gema Insani.

Syaifullah. (2018). Etika Jual Beli Dalam Islam. Jurnal Studia Islamika, 11(2), 371–387.

Tarasewich, P., Nickerson, R. C., & Warkentin, M. (2019). Issues In Mobile E-Commerce. Communications Of The Association For Information Systems, 8. Https://Doi.Org/10.17705/1cais.00803

Widiasari, S., & Zulfa, F. E. (2020). Perilaku Pedagang Grosir Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam. Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 8(1), 33. Http://Www.Jurnal.Staiba.Ac.Id/Index.Php/Al-Hikmah/Article/View/233

Wijaya, E., & Wardani. (2019). Manajemen Procuratio. Jurnal Ilmiah Management, 7(2), 152–164.

Diterbitkan
2024-11-09
Bagian
Volume 10 Nomor 2 (2024)
Abstrak viewed = 66 times