Pengaruh Persepsi Terhadap Minat Menabung Pada Produk Simpanan Wadiah (Studi Masyarakat Desa Lepang Besar Lampung Utara)

  • Putri Tiara Sari Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung
    (ID)
  • Muhammad Ryan Fahlevi Institut Agama Islam Negeri Metro Lampung
    (ID)
Kata Kunci: Persepsi, Minat Menabung, Produk, Simpanan, Wadiah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh persepsi masyarakat desa lepang besar lampung utara terhadap minat menabung pada produk perbankan syariah yaitu simpanan wadiah. Pendekatan dalam penelitian ini memakai kuantitatif menggunakan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner dengan instrumen skala likert dan data pendukung dikumpulkan melalui teknik dokumentasi. Responden dalam penelitian ini merupakan masyarakat Desa Lepang Besar Lampung Utara sebanyak 90 orang. Penelitian ini memakai teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, uji hipotesis menggunakan uji parsial T dan Koefisien Determinasi (R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Persepsi (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Menabung (Y) dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05) dan nilai t hitung sebesar 11,464 (> 1,662). Berdasarkan hasil uji Koefisien Determinasi (R2), diketahui bahwa pengaruh persepsi terhadap minat menabung sebesar 59,9%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung. Yang artinya persepsi masyarakat terhadap bank syariah mempengaruhi minat masyarakat untuk menabung di bank syariah.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

Referensi

A Amelia, Dahlia., dkk. 2023. Metode Penelitian Kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Arkhan, Fariz., Yusri, Diyan., Alam, Anjur Perkasa. “Persepsi Tokoh Masyarakat Kota Tanjung Pura Tentang Isu Riba Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah Indonesia Kcp Stabat.” EKSYA : Jurnal Ekonomi Syariah, Vol. 3 No. 1, 2022.

Arsa, Bambang Kurniawan dan Yogitriani, Rima. “Pengaruh Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah Pada Masyarakat Kelurahan Cempaka Putih Kota Jambi.” Margin : Journal Of Islamic Banking, Vol. 3 No. 2, 2023.

Baitia, Dasrila. "Pengaruh Pengetahuan Akad Wadi’ah Terhadap Minat Mahasiswa Menabung Di Bank Syariah Indonesia Di Kota Banda Aceh (Studi Pada Mahasiswa Di Banda Aceh)," 2023.

Couto, Alizamar Nasbahry. 2016. Psikologi Persepsi & Desain Informasi: Sebuah Kajian Psikologi Persepsi Dan Prinsip Kognitif Untuk Kependidikan Dan Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Media Akademi.

Departemen Perbankan Syariah Otoritas Jasa Keuangan (2022) "Laporan Perkembangan Keuangan Syariah Indonesia 2023."

Djemuni dan Fadli, Mochammad Faisal. “Analisis Minat Menabung Nasabah PT. BPR Prima Multi Makmur.” JEMBA : Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen Dan Bisnis, Akuntansi, Vol. 1 No. 2, 2021.

Farwitawati, Reni. “Persepsi Masyarakat Pekanbaru Tentang Perbankan Syariah Dan Penyebab Masyarakat Tidak Memilih Bank Syariah.” Jurnal Daya Saing,Vol. 5 No. 2, 2019.

Irdawati., dkk. 2024. Literasi Keuangan Dan Pengetahuan Produk Pada Perilaku Menabung Pekerja Milenial Melalui Fintech (Tinjauan Kasus Pengguna Smarthphone). Jawa Tengah: PT Nasya Expanding Management.

Kasmiati. “Dinamika Pembiayaan Perbankan Syariah Dalam Mengembangkan Dunia Usaha.” LABATILA: Jurnal Ilmu Ekonomi Islam, Vol. 5 No. 02, 2021.

Malaika, H. Zuman. 2024. Persepsi Warga Sekolah Tentang Kekerasan Peserta Didik. Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.

Masruron, Muhammad dan Safitri, Nurul Aulia Adinda. "Analisis Perkembangan Perbankan Syariah Di Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19." Al Birru: Jurnal Keuangan dan Perbankan Syariah, Vol. I No. 1, 2021.

Muharto, Aisya, Mutiarasari dan Midu, Puspauzia. "Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di Bank Syariah Kotamobagu Dengan Moderasi Riba." Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 8 No. 3, 2022.

Mukhlas, Abdulloh Arif. “Telaah Terhadap Akad Wadi’ah Yad Dlomanah.” IQTISODINA: Jurnal Ekonomi Syariah Dan Hukum Islam, Vol. 6 No. 1, 2023.

Nurfitriani dan Hidayati, Ulfa. "Pengaruh Produk Dan Lokasi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Di Bank Syariah Indonesia Kcp Polewali." Jurnal Manajemen dan Perbankan Syariah, Vol. 3 No. 11, 2021.

Nurnasrina dan Putra, P. Adiyes. 2017. Kegiatan Usaha Bank Syariah. Yogyakarta: Kalimedia.

Priadana, Sidik dan Sunarsi, Denok. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Rohana, Ana. “Pengaruh Persepsi Bagi Hasil Dan Persepsi Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah.” Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, Vol. 1 No. 2, 2023.

Ryandono, Muhamad Nafik Hadi dan Wahyudi, Rofiul. 2021. Manajemen Bank Islam Pendekatan Syariah Dan Praktek. Yogyakarta: UAD PRESS.

Sabir, Muhammad dan Tunnisa, Rifka. “Jaminan Fidusia Dalam Transaksi Perbankan (Studi Komparatif Hukum Positif Dan Hukum Islam).” Mazahibuna: Jurnal Perbandingan Mazhab, Vol. 2 No. 1, 2020.

S Setiyaningsih, Erna Wahyu., dkk. "Implementasi Faktor-faktor Berpengaruh Terkait Efisiensi dan Kredibilitas Bank umum Syariah di Indonesia." KAMPUS AKADEMIK PUBLISING: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen, Vol. 1 No. 4, 2023.

Sugiyono. 2013. Metode Pnelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrum dan Salim. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Tiasari, Fi'ika dan Sanjayawati, Hilda. "Pengaruh Persepsi Masyarakat tentang Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung di Bank BNI Syariah KCP Kepanjen." Journal Islamic Business and Entrepreneurship, Vol. 1 No. 2, 2022.

Warsah, Idi dan Daheri, Mirzon. 2021. Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Tunas Gemilang Press.

Yakin, Husnul. 2024. “Analisis Perlakuan Akuntansi Pada Tabungan Easy Wadiah Di BSI Kantor Cabang Banyuwangi Basuki Rahmat Salah Satu Produk Bank Syariah Indonesia Yaitu Tabungan Easy , Tabungan Easy Terdapat Dua.” Mazinda: Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Bisnis 02 No, 02, 2024.

Diterbitkan
2024-12-23
Bagian
Volume 10 Nomor 2 (2024)
Abstrak viewed = 57 times