Keputusan Pembelian Air Mineral Dalam Kemasan Di Kabupaten Jepara
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji bagaimana pengetahuan produk, harga, religiusitas, dan label halal mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli air mineral dalam kemasan di 16 kecamatan yang berada di Kabupaten Jepara, Indonesia. Metodologi penelitian kuantitatif diterapkan pada populasi individu yang telah menggunakan air mineral dalam kemasan. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang didapat dari rumus lemeshow. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan menggunakan teknik analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Temuan analisis menunjukkan bahwa meskipun pengetahuan produk, harga, dan label halal, secara signifikan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli air mineral dalam kemasan, religiusitas tidak memiliki dampak yang nyata terhadap keputusan tersebut, yang mengindikasikan bahwa konsumen lebih memprioritaskan faktor fungsional dan praktis dibandingkan aspek religiusitas, di antara variabel tersebut, label halal memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian ini memberikan informasi berharga bagi produsen dan pemasar untuk menciptakan strategi pemasaran yang lebih sukses dengan mempertimbangkan elemen-elemen yang mempengaruhi preferensi konsumen.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Afendi, A. (2020). The Effect of Halal Certification, Halal Awareness and Product Knowledge on Purchase Decisions for Halal Fashion Products. Journal of Digital Marketing and Halal Industry, 2(2), 145–154. https://doi.org/10.21580/jdmhi.2020.2.2.6160
Aini, A. I., A, K., & Rosita, D. D. (2022). Penetapan Harga Hasil Perikanan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Di Tempat Pelelangan Ikan (Tpi) Muncar Kabupaten Banyuwangi). Jurnal Ekonomi Syariah Darussalam, 3(2), 73–91. https://doi.org/10.30739/jesdar.v3i2.1666
Amilin, M. K., & Sujianto, A. E. (2023). Pengaruh Islamic Branding, Islaminc Adevertising, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Konveksi Helmi Busana Muslim Tulungagung. Jurnal Iqtisaduna, 9(1), 156–170. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v9i1.31547
BADAN POM. (2020). Profil Layanan CekBPOM Kinerja Regulasi Informasi Publik Pengaduan ID Lindungi Kesehatan Masyarakat dengan Sinergi Pengawasan Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK). Pusat Data Dan Informasi Obat Dan Makanan.
BPS Jepara. (2024). Jumlah Penduduk Menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin di Kabupaten Jepara, 2023. Badan Pusat Statistik Kabupaten Jepara.
Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867
Fitri, S., Nasution, Z., & Simanjuntak, D. (2022). Pengaruh Harga, Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian di Toko khanza Aeknabara. Remik, 6(3), 408–417. https://doi.org/10.33395/remik.v6i3.11563
Hanaysha, J. R. (2018). An examination of the factors affecting consumer’s purchase decision in the Malaysian retail market. PSU Research Review, 2(1), 7–23. https://doi.org/10.1108/PRR-08-2017-0034
Himmah, F., Mundir, A., & Farida, A. (2024). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Pengunjung Pada Hotel Dalwa Syariah Bangil Pasuruan Ditinjau dari Etika Bisnis. Jurnal Iqtisaduna, 10, 174–186. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v10i1.47212
Ismanto, H., & Pebruary, S. (2021). Aplikasi SPSS dan eviews dalam analisis data penelitian / Hadi Ismanto, Silviana Pebruary.
Lestari, L. A., Apriani, Y., Asnaini, A., & Kustin, K. (2021). Pengaruh Harga, Promosi, Produk, Label Halal terhadap keputusan membeli frozen food (studi di kota Bengkulu). J-Alif : Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah Dan Budaya Islam, 6(1), 18. https://doi.org/10.35329/jalif.v6i1.2135
Lusi, R. A., & Yuwanto, L. (2020). Aspek-Aspek Psikologis pada Prosesi Rambu Solo’ (Tinjauan Teori Religiusitas). Insight : Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 16(2), 336–346. https://doi.org/10.32528/ins.v16i2.2057
Matondang, Z., Fadlilah Nasution, H., & Saefullah, A. (2019). Pengaruh Pengetahuan Produk, Label Halal, Dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderating. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 1–10.
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia. (2014). UU No.33 Tahun 2014 (2014). UU No.33 Tahun 2014, 1. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38709/uu-no-33-tahun-2014
Najiyah, F. (2017). Pengaruh Nilai-Nilai Religiusitas Terhadap Loyalitas Kerja Agency Pada PT. Takaful Umum Cabang Surabaya. OECONOMICUS Journal Of Economics, 2(1), 26–44.
Nasrullah, M. (2015). Islamic Branding, Religiusitas dan Keputusan Konsumen terhadap Produk. Jurnal Hukum Islam, 79–87.
Nisa’, I. F. C., Erina, M. D., Haliza, D. A. N., & Nasrum, A. J. (2022). Etika Sosial Kemasyarakatan dalam Al-Qur’an Studi Pemaknaan QS. Al-Hujurat Perspektif Tafsir Al-Mubarok. Jurnal Riset Agama, 2(1), 29–40. https://doi.org/10.15575/jra.v2i1.15678
Novizal, G., & Rizal, A. (2020). Pengaruh Product Knowledge Dan Persepsi Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Konsumen Mobil Wuling Di Dealer Wuling Semarang). Proceeding SENDI_U, 634–636. https://www.unisbank.ac.id/ojs/index.php/sendi_u/article/view/8047
Nurfauzi, Y., Taime, H., Hanafiah, H., Yusuf, M., Asir, M., Majenang, S., Jambatan Bulan, S., Bina Bangsa, U., Bandung, S., & Makassar, I. (2023). Literature Review: Analysis Of Factors Influencing Purchasing Decisions, Product Quality And Competitive Pricing Literature Review: Analisis Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk dan Harga Kompetitif. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(1), 183–188. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Nurudin, N. . (2023). Pengaruh Label Halal dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian. MAGNA: Journal of Economics, Management, and Business, 2(1).
Octaviana, S. A., & Anwar, A. Z. (2023). Pengaruh Harga, Label Halal Dan Pengetahuan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Kemasan Pada Masyarakat Kabupaten Jepara. 98–115.
Permata Sari, D. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533. https://doi.org/10.31933/jimt.v2i4.463
Permenkes RI. (2010). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 492/Menkes/Per/IV/2010 Tentang Persyaratan Kualitas Air Minum. In Peraturan Mentri Kesehatan Republik Indonesia (p. MENKES).
Prakosa, Y. B., & Tjahjaningsih, E. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Gaya Hidup, dan Pengetahuan Produk Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Lipat di Kota Semarang. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 4(3), 361–374. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i3.189
Rizqina Mardhotillah, R., Putri, E. B. P., Rasyid, R. A., & Sahrin, L. A. (2022). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare. Accounting and Management Journal, 6(1), 13–16. https://doi.org/10.33086/amj.v6i1.2790
Sarah, S. F., & Artanti, Y. (2020). Pengaruh Religiusitas dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam, 8(1), 37. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i1.6732
Sayyidah, A. F., Mardhotillah, R. N., Sabila, N. A., & Rejeki, S. (2022). Peran Religiusitas Islam dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 13(2), 103–115. https://doi.org/10.15548/alqalb.v13i2.4274
Sitompul, S. S. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderating. Shar-E : Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah, 7(1), 50–64. https://doi.org/10.37567/shar-e.v7i1.402
Sulaiman, F. N., Umam, K., & Hidayati, N. (2022). Analisis Penyediaan Air Bersih Dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) Terhadap Debit Dan Kehilangan Air (Studi Kasus Kabupaten Jepara). Teras, 11(4), 8–15. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/teras/article/download/2314/1557
Syariah Hafizhoh, Della Latifah Amanda, Sriwahyuni Sriwahyuni, Rini Antika Sari, Nanda Ayuningtyas, Khoridatunnida Khoridatunnida, Alwi Umar, Aldi Maulana, & Arjuna Barkah Firdaus. (2023). Konsep Makanan Halal Mie Gomak Medan Sebagai Kuliner Khas Sumatera Utara. Jurnal Mahasiswa Kreatif, 1(4), 234–244.
Wahyu, P. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening Di Mujigae Resto Bandung. Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, 1(2), 180–196.
Yasika, R., Maftukhatusolikhah, M., & Sumantri, R. (2023). Analisis Keputusan Pembelian Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Iqtisaduna, 9(2), 129–143. https://doi.org/10.24252/iqtisaduna.v9i2.42481