Faktor-Faktor Psikologis yang Mempengaruhi Kesadaran Metakognisi dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika

  • Sitti Inayah Masrura
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pegaruh faktor-faktor psikologis (intelegensi, motivasi  berprestasi  dan  kecemasan  belajar)  terhadap  kesadaran  metakognisi  dan kaitannya terhadap prestasi belajar matematika siswa Kelas X SMA Negeri 2 Majene. Jenis Penelitian  ini  adalah  expost-facto  yang  bersifat  kausalitas.  Teknik  pengambilan  sampel dengan  menggunakan  proportionate stratified  random  sampling.   Data di  peroleh  dari 122 responden dengan menggunakan instrumen: tes intelegensi, angket motivasi berprestasi, angket kecemasan belajar, angket kesadaran metakognisi dan tes prestasi belajar matematika. Data dianalisis dengan statisik deskriptif dan analisis jalur. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Majene memiliki; Kecerdasan (IQ) dengan kategori rata-rata, Motivasi berprestasi dengan kategori tinggi, kecemasan belajar matematika dengan kategori tinggi, kesadaran metakognisi dengan kategori sedang, dan prestasi belajar matematika dengan kategori sedang; (2) Faktor-faktor psikologis yang berpengaruh langsung    secara signifikan terhadap kesadaran metakognisi    dan berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika adalah motivasi berprestasi;  (3)Faktor-faktor  psikologis  yang  berpengaruh  tidak  signifikan terhadap kesadaran metakognisi dan tidak pula berpengaruh secara signifikan baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika adalah intelegensi dan kecemasan belajar matematika;(4) Sumbangan efektif motivasi berprestasi secara langsung terhadap prestasi belajar matematika yaitu 11,5%; (5)Sumbangan efektif motivasi berprestasi secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui kesadaran metakognisi yaitu 10,1%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azwar, Saifuddin. 2010. Pengantar Psikologi Intelegensi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Berita Kota Makassar. 25 April, 2010. Ironi Dunia Pendidikan 154 Siswa Tak Lulus UN,1. Degeng, N.S. 2001. Evaluasi Pembelajaran: lndikator. Malang: Universitas Negeri Malang. Djaali H.2009. Psikologi Pendidikan. Edisi 1 cetakan keempat. Jakarta: Bumi Aksara

Hsiao, Yu-ping. 1997. The Effect of Cognitive Styles and Learning Strategies in a Hypermedia Environment: A Review of Literature, (Online). http://www.edb.utexas.edu/mmresearch/students97/Hsiao/LS.html.

Intel Education. 2010. Desain Proyek Efektif:Unit Berbasis Proyek untuk Mengarahkan siswa, (Online). (Intel Corporation.html, Diakses 7 Agustus 2010).

Muisman. 2003. Analisis jalur Hasil Belajar Matapelajaran Ekonomi Berdasarkan Kecerdasan, strategi-strategi metakognitif Dan Pengetahuan Awal. Tesis. Tidak diterbitkan: IKIP Singaraja.

Pujadi, Arko. 2005. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi BelajarMahasiswa:Studi Kasus Pada fakultas Budi mulia, (Online). ([email protected])

Purwanto, Ngalim M. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya

Rahman S & Philips J A, 2006. Hubungan antara Kesedaran Metakognisi, Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Universiti Jurnal Pendidikan, 31, 21-39.

Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Saman, Abdul. 2004. Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dan Penyesuaian Sosial Remaja di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi. Volume 2, 15-23.

Published
2013-12-08
Section
Artikel
Abstract viewed = 1765 times