Eksplorasi Komunikasi dan Penalaran Matematika dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII SMP Pesantren Immim Putra Makassar

  • Sitti Zuhaerah Thalhah
    (ID)
  • Hamzah Upu
  • Awi Dassa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor komunikasi dan penalaran matematika siswa dalam tahap model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hasil penelitian ini adalah (1) komunikasi dan penalaran matematika siswa pada tahap membaca, siswa dengan kategori kemampuan tinggi membaca dan memahami materi pelajaran secara bermakna. Siswa dengan kategori kemampuan sedang membaca dan memahami materi pelajaran secara bermakna. Siswa dengan kategori kemampuan rendah membaca materi pelajaran namun tidak mampu memahami teks secara bermakna. (2) komunikasi dan penalaran matematika siswa pada tahap diskusi kelompok ahli, siswa dengan kategori kemampuan tinggi efektif melakukan komunikasi dan penalaran matematika menjelaskan pernyataan matematika secara lisan atau tertulis.   Siswa dengan kategori kemampuan sedang efektif melakukan komunikasi dan penalaran matematika mendengar pernyataan matematika dan membantu temannya menyelesaikan masalah matematika. Siswa dengan kategori kemampuan rendah efektif melakukan komunikasi dan penalaran matematika mendengar pernyataan matematika (3) komunikasi dan penalaran matematika siswa pada tahap diskusi kelompok asal,  siswa dengan  kategori  kemampuan  tinggi  efektif  melakukan  komunikasi dan penalaran matematika menjelaskan pernyataan matematika secara lisan atau tertulis dan mendengar pernyataan matematika. Siswa dengan kategori kemampuan sedang efektif melakukan komunikasi dan penalaran matematika mendengar pernyataan matematika dan membantu teman menyelesaikan masalah matematika. Siswa dengan kategori kemampuan rendah efektif melakukan komunikasi dan penalaran matematika mendengar pernyataan matematika  dan  mulai  mampu  menjelaskan  pernyataan  matematika  secara  lisan  atau tertulis. (4) Komunikasi dan penalaran matematika siswa pada tahap tes, siswa dengan kategori kemampuan tinggi mencapai level 4. Siswa dengan kategori kemampuan sedang mencapai level 3-4. Siswa dengan kategori kemampuan rendah mencapai level 0-2.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, N. 2007. Mudah Belajar Matematika 2. Jakarta: Depdiknas

Alkrismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Amin, M. 2010. Deskripsi Kemampuan Siswa SMP Negeri 4 Sungguminasa dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Perbedaan Tingkat Kemampuan Prasyarat Dan Gaya Kognitif. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM

Ansari, I. Bansu. 2009. Komunikasi Matematika. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh

Depdiknas. 2002. Teori-Teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan untuk Pembelajaran Matematika. Pelatihan Terintegrasi berbasis kompetensi

. 2004. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika Sekolah Mengah Pertama dan Madrasah Tsanawiah. Jakarta

. 2005. Studi Eksplorasi Keterlaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD di SMP Jurnal Pendidikan Volume 2. Nomor 1

Makassar: Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP)

. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta

. 2007. Dokumen Penilaian Guru.

Dian, Romadhina. 2007. Pengaruh Kemampuan Penalaran dan Kemampuan Komunikasi Matematik terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Kelas IX SMP Negeri 29 Semarang Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah. Skripsi. Tidak diterbitkan: Semarang. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam

Ediaman. 2010. Meningkatkan komunikasi matematika dengan menggunakan pendekatan problem possing. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: RajaGrafindo

Firdaus, Ahmad. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, (Online). http://madfirdaus.wodpress.com/2009/11/23/kemampuan-pemecahan-masalah-matematika). Diakses 12 Oktober 2010.

Gani, T. 2005. Sistem Komunikasi Pendidikan. Makassar: UVRI Makassar

Gokhale, A.A. 2003. Collaborative Learning Enhances Critical Thinking, (Online). http://scholar.lib.vt.edu/ejournals/JTE/jte-v7nl/gokhale.jte-v7nl.html.

Handoyo,H. 1990. Strategi Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: IKIP Malang

Hardinan.2007.Kemampuan Komunikasi Matematika,(Online). http://herdy07.wordpress.com

Hudoyo, Herman.1990. Mengajar Belajar Matematika. LPTK Jakarta: Depdikbud.

Ibrahim, Muslimin dkk, 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Neger Surabaya

Istiqomah, Noor. 2007. Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SDN Sekaran 2 pada Materi Pokok Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Pecahan dengan Menggunakan Pembelajaran Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) Bercirikan Pendayagunaan Alat Peragadan Pendampingan Tahun Pelajaran 2006/2007. Skripsi. Tidak diterbitkan: Bengkulu. Program Studi S1 Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. FMIPA. UNNES

Leliherawaty. 2011. Meningkatkan Kampuan Pemahaman dan Konsep Komunikasi Matematika Siswa melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, (Online). http://duniamatematika.com/search/komunikasi+matematika

Lie, A. 2005. Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo

Muhajir. 2002. Pengantar Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset. Whiterington. Psikologi

Pendidikan. (Online). http://www.andragogi.com.

Maulidawati, 2006. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis tertulis siswa SMA. Skripsi. Tidak diterbitkan. Bandung. Program Studi S1 Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika

Published
2013-12-08
Section
Artikel
Abstract viewed = 523 times