Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Matematika Realistik Siswa Kelas VII SMP Nasional Makassar
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran
tentang kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran, respon siswa dalam pembelajaran, dan penguasaan matematika siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Nasional Makassar semester II Tahun Pelajaran 2011/2012. Seluruh siswa yang ada di kelas terpilih (kelas VII5) sebanyak 30 orang dijadikan subjek penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, respons siswa dan penguasaan hasil belajar matematika siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru mengelola pembelajaran bernilai baik dimana pembelajaran lebih banyak berpusat kepada siswa (student oriented) dan guru bertindak sebagai fasilitator, (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran menciptakan aktivitas berinteraksi dan semua aspek yang diamati berada dalam batas toleransi (3) keterlaksanaan perangkat pembelajaran secara umum terlaksana seluruhnya (4) siswa memberikan respons positif terhadap model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik (5) penguasaan matematika siswa belum mencapai ketuntasan klasikal. Sebagai implikasi dari hasil penelitian ini, disarankan agar dalam pembelajaran matematika, hendaknya guru menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan pendekatan matematika realistik.Downloads
References
Arends, Richard, I. 1997. Classroom Instructional and Management. Central Connecticut State University. The McGraw Hill Companies, Inc.
Arends, Richard. 2007. Learning to Teach. Belajar untuk Mengajar. Edisi Ketujuh. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Edisi 2. Cet: kedua. Jakarta: Rineka Cipta.
Gravemeijer, K. 1994. Developing Realistic Mathematics Education. Utrecht: Freudenthal Institut. Netherland.
Hadi, Sutarto. 2003. Pendidikan Matematika Realistik:Menjadikan Pelajaran Matematika Lebih Bermakna Bagi Siswa. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universaitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tanggal 27-28 Maret 2003.
Hamzah. 2006. Teori Belajar Konstruktivisme. Sumber: Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No 40, Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang Depdiknas. Online (http://www.duniaguru.com/). Diakses 1 Januari 2008.
Marhani. 2006. Keefektifan Pemberian Tugas Akhir Setiap Kompetensi Dasar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Online: Error! Hyperlink reference not valid. diakses 11 Januari 2009.
Marpaung. 2002. Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Perubahan Paradigma dalam Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universaitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tahun VII, Edisi Khusus.
Marpaung. 2003. Perubahan Paradigma Pembelajaran Matematika Sekolah. Makalah disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan Matematika di Universaitas Sanata Dharma Yogyakarta. Tanggal 27-28 Maret 2003.
Mukhlis. 2005. Pembelajaran Matematika Realistik untuk Materi Pokok Perbandingan di Kelas VII SMP Negeri 1 Pallangga. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
Nurdin. 2007. Model Pengembangan Matematika yang Menunbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Surabaya.
Sanjaya, Wina. 2005. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasisi Kompetensi. Edisi Pertama, cetakan pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Soejadi, R. 1999. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional.
Sofa. 2008. Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. Online (http://www.nizland. Cari Ilmu Online Borneo. html wordpress.com/). Diakses 19 September 2008.
Suwarsono. 2002. Teori-teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan untuk Pembelajaran Matematika. Lamp. Uraian Materi. Depertemen Pendidikan Nasional.
Zaini Achmad. 2007. Peningkatan penguasaan siswa melalui kombinasi proses pembelajaran klasikal, kerlompok dan perseorangan. Online. (http://media.diknas.go.id/media/document/5593.pdf). Diakses 11 Januari 2009.
Zainurie. 2007.Prestasi Pendidikan Matematika Indonesia.Online (http://zainurie.wordpress.com/). Diakses 11 Oktober 2008.
Zulkardi. 2002. Pendidikan Realistik Matematika Indonesia (PMRI) Perkemabangan dan Permasalahan. Makalah. Tahun VII, Edisi:Khusus. Jurusan Matematika FKIP Universitas Sriwijaya.