Keefektifan Model Kooperatif Tipe Tai dengan Pendekatan Realistik dalam Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel di Kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai Utara
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang melibatkan dua kelas, yaitu satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Kelas eksperimen diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik dan kelas kontrol diajar dengan pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah. Unit eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sinjai yang terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Data diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, dan angket respons siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada kelas yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik, 100% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 81,68 dari nilai ideal 100 dengan standar deviasi 9,519, sedangkan pada kelas yang diajar dengan pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, 90,91% siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 74,32 dari nilai ideal 100 dengan standar deviasi 10,144, (2) pada pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik, maupun pada pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, siswa aktif dalam pembelajaran dan siswa merespons positif terhadap pembelajaran, (3) terjadi peningkatan hasil belajar matematika setelah diajar pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik maupun pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah, (4) pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan pendekatan realistik lebih efektif daripada pengajaran langsung dengan pendekatan pemecahan masalah.
Downloads
References
Asriadi. 2010. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 26 Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: UNM
Nur, M. 2000. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruksivis dalam Pengajaran. Surabaya: UNESA.
Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Malang.
Paronda, N. 2010. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Problem Possing dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Makassar. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM
Slavin, R.E. 1995. Cooperatif Learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed). Boston: Allyn and Bacon.
Soedjadi, R. 2007. Masalah Kontekstual Sabagai Batu Sendi Matematika Sekolah. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Suherman. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung JIC. UPI.
Suradi. 2005a. Interaksi Siswa SMP dalam Belajar Matematika Secara Kooperatif. Disertasi. Tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA Surabaya.
Yani, M. 2010. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Realistik Pada Materi Perbandingan di Kelas VIII SMPN 1 Langgudu Kab. Bima. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: PPs UNM