Desain Pembelajaran Matematika Realistik di Kelas V SD ( Studi Pada SD 6 /75 Kading)

  • Munawarah Munawarah
    (ID)
  • Usman Mulbar
    (ID)
  • Ilham Minggi

Abstract

Penggunaan  model,  pendekatan,  dan  metode  yang  tepat  merupakan salah-satu  usaha dalam peningkatan kualitas pengajaran, jadi guru harus kreatif membuat desain pembelajaran dengan menggunakan model, pendekatan, metode, sesuai dengan materi yang   diajarkan.   Penelitian  ini   bertujuan   untuk   memperoleh   desain   pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas V SD yang berkualitas. Jenis Penelitian ini adalah desain research, yaitu studi sistematis tentang perancangan, pengembangan, dan pengevaluasian intervensi pendidiksn sebagai solusi untuk masalah kompleks dalam praktek pendidikan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V.1 SD Inpres 6/75 Kading Kec. Barebbo Kab. Bone dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Prosedur desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Dick & Carey dengan menggunakan siklus Mc. Kenney yang meliputi 3 tahap, yaitu Preliminary design (analisis kebutuhan, analisis isi, kajian pustaka, dan pengembangan konsep atau teori kerangka kerja untuk studi); Prototyping phase (mengembangkan sebuah stategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih material pembelajaran); assessment phase (penilaian dan uji coba). Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini yaitu data hasil validasi ahli, hasil belajar, aktivitas siswa, pengelolaan pembelajaran dan respons siswa. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara kuatitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuatitatif yaitu data tes hasil belajar dengan menggunakan statistik rata-rata, nilai maksimum dan nilai minimum. Untuk analisis secara kualitatif diarahkan  untuk menjawab bagaimana proses dan hasil desain pembelajaran matematika realistik di SD kelas V untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Hasil   dari   ujicoba   terbatas   menunjukkan   bahwa   perangkat  pembelajaran   dengan pendekatan realistik bersifat efektif dan praktis, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 72,79 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 11,54. Dimana 21 dari 24 siswa atau 87,5% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (2) dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan realistik, siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respons yang positif terhadap kegiatan pembelajaran; (4) guru dapat menggunakan hasil desain dalam membimbing siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Abu. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta :Rineka cipta.

Bell, F.H. 1978. Teaching and Learning Mathematics. Iowa: WBC

Dahar, Ratna Willis, 1989. Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Degeng, Nyoman Sudana. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi Variabel. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi P2LPTK.

Diyah, 2007. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VII SMP. Semarang: PPPTK Matematika. Online. http://website.p4tkmatematika.com). Diakses 11 November 2010.

Ebmah, D, S, P. 2010. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD Negeri 14 Babana. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar.

Hadi, Sutarto. 2005. Pendidikan Matematika Realistik dan Implementasinya. Yogyakarta: Tulip.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.

Hamzah, Uno. 2009. Desain Pembelajaran. Gorontalo: MOS Publishing.

Hudojo, Herman, 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: F.MIPA UN Malang.

Upu, Hamzah. 2004. Mensinergikan Pendidikan Matematika dengan Bidang Lain. Pustaka

Ramadhan.

Upu, Hamzah. 2005. Karakteristik Research and Development (R & D). Eksponen Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika Edisin Khusus, Januari 2005 FMIPA UNM.

Zulkardi. 2003. Developing a ‘rich’ learning environment on Realistic Mathematics Education (RME) for student teacher in Indonesia. (http://projects.edte.utwente.nl/cascade/imei/publication/paperc.doc.) Diakses: 5 november 2010.

Published
2013-12-08
Section
Artikel
Abstract viewed = 3037 times