Meningkatkan Self-Efficacy pada Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) pada Siswa Kelas VII.a SMP Negeri 27 Makassar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terdiri atasdua siklus, dengan subyek penelitian siswa kelas VIIA SMP Negeri 27 Makassar. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, teknik non tes dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar matematika siswa pada saat pra tindakan ke siklus I mengalami peningkatan rata-rata dari 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 75% pada siklus II. Untuk tes hasil belajar siswa pada siklus I, nilai rata-rata tes hasil belajar adalah 64,73 dari nilai ideal dengan nilai tertinggi 92 yang diperoleh 1 orang siswa dan nilai terendah 35 diperoleh 1 orang siswa dengan ketuntasan klasikal adalah 75%. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,50 dari nilai ideal dengan nilai tertinggi adalah 98 yang diperoleh oleh 2 orang siswa dengan nilai terendah adalah 56 yang diperoleh oleh seorang siswa dengan kriteria ketuntasan 87,5%. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan belajar dan telah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal. Peningkatan self-efficacy siswa pada hal ini dibuktikan oleh hasil angket siswa pada pra tindakan meningkat pada siklus I, dan pada siklus I berada pada kategori sedang dan tinggi kemudian meningkat menjadi kategori tinggi dan sangat tinggi pada siklus II. Secara umum rata-rata pelaksanaan aktivitas guru pada saat pra tindakan meningkat ke siklus I dan pada siklus I dari 3,2 meningkat menjadi 3,8 pada siklus II dengan kategori tinggi menjadi kategori sangat tinggi. Hasil respon siswa menunjukkan 75% siswa menyatakan senang dengan buku siswa yang dibagikan, 80 % siswa memberikan respon positif terhadap LKS, 82,5% siswa menyatakan senang dengan pembelajaran kooperatif tipe TAI.
Downloads
References
Bandura, Albert. 1997. Self-Efficacy The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Can, Bilge Taşkın. 2012. Using Mathematics in Teaching Science Self-efficacy Scale – UMSSS: A Validity and Reliability Study. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, (Online), 2012. 8(4), 269-281.(http: www.ejmste.com, Diakses tanggal 15 Desember 2012).
Harum, Surianty. 2012. Penerapan Model Kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) yang dikombinasi dengan Teori Belajar Dienes untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lasusua. Tesis. Makassar: PPs UNM.
Japa, I Gusti Ngurah. 2008. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terbuka Melalui Investigasi Bagi Siswa Kelas V SD 4 Kaliuntu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, Lembaga Penelitian Udiksa 2 (1),60-73. (Online). (jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/21086073.pdf, Diakses tanggal 15 Desember 2012)
Mukhid, Abd. 2009. Self-efficacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Jurnal Tadris. .(Online), Volume 4 no 1 Tahun 2009. (Jurnal
pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/4109106122_1907-672X.pdf, Diakses tanggal 15 Desember 2012).
Nurdin, 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Tidak Diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA.
Ormrod, Ellis Jeane. 2008. Psikologi Pendidikan (Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang). Diterjemahkan oleh Amitya Kumara. 2009. Jakarta: Erlangga.
Salam, Sofyan. Bangkona Deri. 2010. Pedoman Penulisan Tesis dan Disertasi. Makassar: PPs UNM.
Santrock, John W. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Slavin, Robert. E. 2008. Cooperative Learning ( Teori, Riset, dan Praktik). Bandung: Nusa Media.
Soedjadi,R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Jakarta: Depdiknas.
Somakim. 2010. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self-Efficacy Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Penggunaan Pendekatan Matematika Realistik. Disertasi. UPI. (Online) (http://repository.upi.edu/disertasiview.php?start=86. Diakses tanggal 31 Agustus 2012).
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tiro, Muhammad Arif., Sukarna. 2012. Pengembangan Instrumen Pengumpulan Data Penelitian. Makassar: Andira Publisher.
Tiro, Muhammad Arif., Hamra Arifuddin., Sukarna. 2009. Analysis of the Determinants of Learning Outcomes Using Data from the Programme for International Student Assessment (PISA). Laporan Penelitian. Pusat Penilaian Pendidikan BALITBANG DEPDIKNAS.
Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology (Active us Learning Edition). Diterjemahkan oleh Helly Prayitno soetjipto. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zulkosky, Kristen. 2009.Self-Efficacy:A Concept Analysis. Journal Compilation(Online).(www.fatih.edu.tr/.../self.../Self-efficacy.A%20, Diakses tanggal 15 Desember 2012).