Peranan Mata Kuliah Statistika dalam Memahami Mata Kuliah Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Abstract
Tulisan ini membahas tentang peranan Mata kuliah Statistika dalam Memahami Mata Kuliah Metodologi Penelitian bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan dua variabel yaitu pembelajaran Statistika dan pembelajaran Metodologi Penelitian. Adapun populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dan sampel adalah 10% kali besarnya populasi. Instrumen yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian didapatkan signifikansi sebesar 0,119>0,05, maka H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara pembelajaran statistika dengan metodologi penelitian. Selanjutnya didapatkan nilai t hitung < t tabel (1,604 < 2,042), maka H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Statistika bagi mahasiswa dalam memahami Metodologi Penelitian pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Buchori, Muchtar.Transformasi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995
Danim, Sudarwan. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2003.
Djamarah dan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.
Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif, Ed. 1, Jakarta: Rajawali, 2013.
Faisal, Sanapiah., (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Hadi, Sutrisno, Statistik, Jilid II, Ed.II, Yogyakarta: Andi, 2004.
Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Statistik 1. Cet. IV, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
http://jurnalpenelitianbahasa.blogspot.com.
http://ujangridwan.yolasite.com/metodologi-penelitian.php.
Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Cet. III, Bandung: Alfabeta, 2010.
Riduwan. Dasar-dasar Statitika. Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. III. Bandung: Alfabeta, 2011.
Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XVIII. Bandung: Alfabeta, 2013.
Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Cet. IX, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.
Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode dan Teknik. Ed. VIII. Bandung: Tarsito, 1998.
Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2003.
Tiro, Muhammad Arif, Dasar-dasar Statistik. Makassar: Andira Publisher, 2008