Peranan Mata Kuliah Statistika dalam Memahami Mata Kuliah Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

  • Ridwan Idris
    (ID)

Abstract

Tulisan ini membahas tentang peranan Mata kuliah Statistika dalam Memahami Mata Kuliah Metodologi Penelitian bagi Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah  dan  Keguruan  UIN  Alauddin  Makassar.  Desain  penelitian  yang  digunakan adalah penelitian korelasional dengan dua variabel yaitu pembelajaran Statistika dan pembelajaran   Metodologi   Penelitian.   Adapun   populasi   dari  penelitian   ini   adalah mahasiswa  Jurusan  Pendidikan  Matematika Fakultas  Tarbiyah  dan  Keguruan  UIN Alauddin Makassar dan sampel adalah 10% kali besarnya populasi. Instrumen yang digunakan  adalah dokumentasi  dan  wawancara.  Teknik  analisis  data  yaitu  statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian didapatkan signifikansi sebesar 0,119>0,05, maka H0 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara pembelajaran statistika dengan metodologi penelitian. Selanjutnya didapatkan nilai t hitung < t tabel (1,604 < 2,042), maka H0  diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan pembelajaran Statistika bagi mahasiswa dalam memahami Metodologi Penelitian pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 1993.

Buchori, Muchtar.Transformasi Pendidikan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1995

Danim, Sudarwan. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,2003.

Djamarah dan Zain. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif, Ed. 1, Jakarta: Rajawali, 2013.

Faisal, Sanapiah., (1982). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional. Hadi, Sutrisno, Statistik, Jilid II, Ed.II, Yogyakarta: Andi, 2004.

Hasan, M. Iqbal, Pokok-pokok Materi Statistik 1. Cet. IV, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

http://jurnalpenelitianbahasa.blogspot.com.

http://ujangridwan.yolasite.com/metodologi-penelitian.php.

Riduwan dan Sunarto, Pengantar Statistika Untuk Penelitian: Pendidikan, Sosial, Komunikasi, Ekonomi, dan Bisnis. Cet. III, Bandung: Alfabeta, 2010.

Riduwan. Dasar-dasar Statitika. Cet. VI, Bandung: Alfabeta, 2008.

Satori, Djam’an dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. III. Bandung: Alfabeta, 2011.

Sudijono, Anas, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2009.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet. XVIII. Bandung: Alfabeta, 2013.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya, Cet. IX, Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Surakhmad, Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode dan Teknik. Ed. VIII. Bandung: Tarsito, 1998.

Suryabrata, Sumadi. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2003.

Tiro, Muhammad Arif, Dasar-dasar Statistik. Makassar: Andira Publisher, 2008

Published
2013-12-08
Section
Artikel
Abstract viewed = 530 times