Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar
Abstract
Prestasibelajaryangdicapaimahasiswapada hakekatnya merupakanpencerminandari usaha belajar. Padaumumnya semakinbaikusaha belajarmaka semakinbaik pula prestasi yangdicapai.Tentunya halinitidakterlepasdarifaktor-faktoryangmempengaruhinya antaralainminat,motivasi,tingkatpendidikanorangtua,tingkatpendapatanorangtua, dan lain sebagainya. Penelitian ini membahas tentang faktor pengaruh yaitu minat, motivasi,tingkatpendidikanorangtua,tingkat pendapatanorangtua,danjumlahanak tanggunganorangtua terhadapprestasibelajarmahasiswaJurusanPendidikanMatematika FakultasTarbiyahdanKeguruan UIN AlauddinMakassar.Populasidalam penelitianini adalahseluruhmahasiswa angkatan2010UIN AlauddinMakassaryang berjumlah98 orang. Adapunteknik sampling yang digunakanadalahsampel jenuhatausampel populasi. Teknik pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanwawancara,kuesioner, dan dokumentasi.Teknikanalisisdata menggunakananalisisstatistikdeskriptif dananalisis statistikinferensial.Berdasarkanhasilanalisisstatistikdeskriptifdiperolehdata bahwa mahasiswaJurusanPendidikanMatematika Angkatan2010 FakultasTarbiyahdan KeguruanUINAlauddinMakassarmemiliki(1) minat belajar sebesar76,53% termasuk dalamkategoritinggi; (2)motivasi belajar sebesar 53,06%termasukdalamkategoritinggi; (3)tingkatpendidikanorangtua43,88% bependidikanSMU,termasukdalamkategori sedang;(4)tingkatpendapatanorangtuasebesar 50% mempunyaipenghasilanlebih dari Rp1.000.000,-perbulan,termasukdalamkategoritinggi;dan(5)orangtuamahasiswa yangmempunyaitanggungan3-4 oranganaksebanyak 44,90%,termasuk dalamkategori sedang.Adapunprestasibelajar mahasiswaJurusanPendidikanMatematikaAngkatan 2010FakultasTarbiyahdanKeguruanUINAlauddinMakassartergolongdalamkategori sangatmemuaskan,yaitusebanyak67,35%mahasiswamempunyaiIndeksPrestasiantara2,76sampai3,50.
Hasilanalisisstatistik inferensialmenyimpulkanbahwa minat(X1),motivasibelajar (X2),tingkat pendidikanorangtua(X3),tingkat pendapatanorangtua(X4),danjumlah anaktanggungan orang tua (X5) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajarmahasiswa(Y)yangditunjukkanolehnilaiFhitung sebesar11,275lebihbesardari nilaiFtabelsebesar2,30.Pola pengaruhantara keenamvariabelinidinyatakanoleh persamaanregresiganda: Y= 1,233 + 0,011 X1 + 0,0014 X2 + 0,004 X3 + 0,005 X4 + 0,005 X4 + 0,002 X5.
Downloads
References
Ali, Muhammad, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Surabaya: PN. Indah, 1995.
Arif Tiro, Muh., Dasar-dasar Statistika, Ujungpandang: Badan Penerbit UNM, 1999.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Bandung: Rineka Cipta, 1992.
Abustam, M. Idrus. 1996. Peranan Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Makalah pada Seminar Sehari dalam Rangka Memperingati Hari Guru Nasional tahun
Sulawesi Selatan pada hari Senin, tanggal 2 Desember 1996.
Ahmadi, Abu. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Ardhana, W. 1996. Dasar-dasar Kependidikan. Malang : IKIP Malang.
Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.
Darhim, Workshop Matematika, Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992.
Depdikbud, Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil Kegiatan Belajar, Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.
Hasan, Iqbal, Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensial), Jakarta: PT. Bumi Aksara,
Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, Bandung: Rineka Cipta, 1989.
-------------------, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2003.
Mahmud, D. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Dirjen Pendidikan Tinggi, Depdikbud.
urwanto. M. Ngalim. 1985. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remadja Karya. Siagian, S. P. 1985. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Bina Aksara.
Sidi, I.P. 1984. Perkembangan Anak dan Pengaruh Bentuk Keluarga Terhadap Usaha Realisasi
Kemampuan Anak (Makalah) dalam buku Keluarga Indonesia Menyambut Tahun 2000 : BKKBN.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Direka Cipta.
Sukirman. 1995. Analisis Beberapa Faktor terhadap Kesejahteraan Keluarga. Ujungpandang : Tesis PPs UNHAS.
Sudjana, Metoda Statistika, Edisi ke 6, Bandung:Tarsito, 1996.
Suherman, Erman, dkk., Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI, 2003.
ugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2003.
Suyata. 1996. Peranan Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Makalah untuk Penataran dan Lokakarya Sekolah dan Orang Tua (BP3). Jakarta : Direktorat Dokumen.
ilaar, H. A. R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Jakarta : Tera Indonesia.