Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar

  • St. Hasmiah Mustamin Mustamin
    (ID)
  • Sri Sulasteri

Abstract

Prestasibelajaryangdicapaimahasiswapada hakekatnya merupakanpencerminandari usaha belajar. Padaumumnya semakinbaikusaha belajarmaka semakinbaik pula prestasi yangdicapai.Tentunya halinitidakterlepasdarifaktor-faktoryangmempengaruhinya antaralainminat,motivasi,tingkatpendidikanorangtua,tingkatpendapatanorangtua, dan  lain sebagainya.  Penelitian  ini  membahas  tentang  faktor  pengaruh yaitu  minat, motivasi,tingkatpendidikanorangtua,tingkat pendapatanorangtua,danjumlahanak tanggunganorangtua terhadapprestasibelajarmahasiswaJurusanPendidikanMatematika FakultasTarbiyahdanKeguruan UIN AlauddinMakassar.Populasidalam penelitianini adalahseluruhmahasiswa angkatan2010UIN AlauddinMakassaryang berjumlah98 orang. Adapunteknik sampling yang digunakanadalahsampel jenuhatausampel populasi. Teknik pengumpulandatadilakukandenganmenggunakanwawancara,kuesioner, dan dokumentasi.Teknikanalisisdata menggunakananalisisstatistikdeskriptif dananalisis statistikinferensial.Berdasarkanhasilanalisisstatistikdeskriptifdiperolehdata   bahwa mahasiswaJurusanPendidikanMatematika Angkatan2010 FakultasTarbiyahdan KeguruanUINAlauddinMakassarmemiliki(1) minat belajar  sebesar76,53%  termasuk dalamkategoritinggi; (2)motivasi belajar sebesar 53,06%termasukdalamkategoritinggi; (3)tingkatpendidikanorangtua43,88%   bependidikanSMU,termasukdalamkategori sedang;(4)tingkatpendapatanorangtuasebesar 50%  mempunyaipenghasilanlebih dari Rp1.000.000,-perbulan,termasukdalamkategoritinggi;dan(5)orangtuamahasiswa yangmempunyaitanggungan3-4 oranganaksebanyak 44,90%,termasuk dalamkategori sedang.Adapunprestasibelajar  mahasiswaJurusanPendidikanMatematikaAngkatan 2010FakultasTarbiyahdanKeguruanUINAlauddinMakassartergolongdalamkategori sangatmemuaskan,yaitusebanyak67,35%mahasiswamempunyaiIndeksPrestasiantara2,76sampai3,50.

Hasilanalisisstatistik inferensialmenyimpulkanbahwa minat(X1),motivasibelajar (X2),tingkat pendidikanorangtua(X3),tingkat pendapatanorangtua(X4),danjumlah anaktanggungan  orang  tua  (X5)  secara  bersama-sama  berpengaruh  terhadap  prestasi belajarmahasiswa(Y)yangditunjukkanolehnilaiFhitung    sebesar11,275lebihbesardari nilaiFtabelsebesar2,30.Pola pengaruhantara keenamvariabelinidinyatakanoleh persamaanregresiganda: Y= 1,233 + 0,011 X1 + 0,0014 X2 + 0,004 X3 + 0,005 X4 + 0,005 X4 + 0,002 X5.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Muhammad, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Surabaya: PN. Indah, 1995.

Arif Tiro, Muh., Dasar-dasar Statistika, Ujungpandang: Badan Penerbit UNM, 1999.

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian, Bandung: Rineka Cipta, 1992.

Abustam, M. Idrus. 1996. Peranan Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Makalah pada Seminar Sehari dalam Rangka Memperingati Hari Guru Nasional tahun

Sulawesi Selatan pada hari Senin, tanggal 2 Desember 1996.

Ahmadi, Abu. 1991. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Ardhana, W. 1996. Dasar-dasar Kependidikan. Malang : IKIP Malang.

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Rineka Cipta.

Darhim, Workshop Matematika, Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1992.

Depdikbud, Pedoman Umum Sistem Pengujian Hasil Kegiatan Belajar, Jakarta: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2003.

Hasan, Iqbal, Pokok-pokok Materi Statistik 2 (Statistik Inferensial), Jakarta: PT. Bumi Aksara,

Hamalik, Oemar, Media Pendidikan, Bandung: Rineka Cipta, 1989.

-------------------, Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara, 2003.

Mahmud, D. 1989. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Dirjen Pendidikan Tinggi, Depdikbud.

urwanto. M. Ngalim. 1985. Psikologi Pendidikan. Bandung : Remadja Karya. Siagian, S. P. 1985. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Bina Aksara.

Sidi, I.P. 1984. Perkembangan Anak dan Pengaruh Bentuk Keluarga Terhadap Usaha Realisasi

Kemampuan Anak (Makalah) dalam buku Keluarga Indonesia Menyambut Tahun 2000 : BKKBN.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Direka Cipta.

Sukirman. 1995. Analisis Beberapa Faktor terhadap Kesejahteraan Keluarga. Ujungpandang : Tesis PPs UNHAS.

Sudjana, Metoda Statistika, Edisi ke 6, Bandung:Tarsito, 1996.

Suherman, Erman, dkk., Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: UPI, 2003.

ugiyono, Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta, 2003.

Suyata. 1996. Peranan Keluarga dalam Meningkatkan Kualitas Sekolah. Makalah untuk Penataran dan Lokakarya Sekolah dan Orang Tua (BP3). Jakarta : Direktorat Dokumen.

ilaar, H. A. R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Jakarta : Tera Indonesia.

Published
2013-08-08
Section
Artikel
Abstract viewed = 3526 times