Efektivitas Penerapan Strategi Student Team Leadership Games Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII MTs Negeri Model Makassar

  • Baharuddin Baharuddin
    (ID)

Abstract

Artikel ini membahas tentang Efektivitas Penerapan Strategi Student Team Leadership Games dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII8   MTs Negeri Model Makassar dengan permasalahan. 1) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa kelas  VIII8    MTs Negeri  Model  Makassar  sebelum  penerapan  Strategi  Student  Team Leadership Games. 2) Bagaimana gambaran hasil belajar matematika siswa kelas VIII8  MTs Negeri  Model  Makassar  setelah  penerapan Strategi  Student  Team  Leadership  Games.  3) Apakah penerapan Strategi Student Team Leadership Games efektif pada mata pelajaran matematika siswa kelas VIII8   MTs Negeri Model Makassar. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Model Makassar tahun pelajaran 2010/2011. Sampel penelitian adalah kelas VIII8   MTs Negeri Model Makassar yang berjumlah 40 orang. Instrumen pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan tes uraian.  Data  yang  diperoleh  dianalisis  dengan  menggunakan  statistik  deskriptif  dan statistik inferensial dengan teknik statistik t (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Secara umum hasil belajar matematika siswa kelas VIII8  MTs Negeri Model Makassar dengan menggunakan Strategi Student Team Leadership Games dikategorikan tinggi dengan perolehan persentase sebesar 75,00%, dan hasil analisis uji hipotesis yang menggunakan uji-t diperoleh tHitung    = 14.10 dan tTabel  = 1,68 dengan taraf signifikan 5%. Jadi tHitung = 14,10 > tTabel  = 1,68. Sehingga H0  ditolak dan Hi  diterima. Dengan demikian penerapan Strategi Student Team Leadership Games efektif pada pembelajaran matematika di kelas VIII MTs Negeri Model Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambar Teguh Sulistiyani, Kepemimpinan Profesional Pendekatan Leadership games, (Jogjakarta; Gava Media).

Ambar Teguh Sulistiyani. 2008, Kepemimpinan Profesional Pendekatan Leadership games, (Cet.

; Yokyakarta; Gava Media).

Amran YS Chaniago.2002. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Cet. V; bandung; Pustaka Setia).

Abdul Haling, Belajar dan Pembelajaran, (Cet.I; Makassar: Badan Penerbit UNM,2006)

A.M. Sadirman. 2002. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. (Cet. I; Jakarta: Raja Grafido Persada).

Arif, Muhammad Tiro, Dasar-Dasar Statistika, (Cet. I; Makassar: State University Of Makassar, 2006).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Cet. XIII: Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Ana Sudjana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. (Cet VII; Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Desi Rikha Setyanti, Efektifitas Pembelajaran matematiak Bangun ruang Dengan Strategi student Team Heroic Leadership dan pemberian Tugas Terstruktur Pada Peserta Didik Kelas VIII SMPN 15 Semarang, Skripsi .S1 Fakultas matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif ,(Cet. I; Jakarta:AV Publisher),

Departemen Agama RI. 2004. Al-Qur’an dan Terjemahan (Cet,I; Jakarta: PT. Syaamil Cipta Media)

Depdiknas, Pedoman umum sistem pengujian hasil belajar. http://www.google.com

Hariwijaya. 2009. Meningkatkan Kecerdasan Matematika. (Cet II; Yogjakarta: Tugu). Matondang. Kepemimpinan Budaya Organisasi dan Manajemen Strategik , (Jakarta; Graha Ilmu)

Musafira, peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode sq3r pada siswa kelas XI IPA 1 MAN I Watampone Kabupaten Bone (Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Makassar,2009)

Munir. Kurikulum Berbasis Teknologi dan Informasi dan Komunikasi. (Cet. I; Bandung: Alfabeta, 2008).

Nurhayati. Peningkatan Hasil Belajar Matemetika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Jigsaw Pada Siswa Kelas II SLTP 21 Makassar. Skripsi. FMIPA UNM. Makassar. 2004.

Hariwijaya, Meningkatkan Kecerdasan Matematika. (Cet II; Yogjakarta: Tugu, 2009)

Oemar Malik. Psikologi Belajar dan Mengajar (Cet IV; Jakarta : Algesindo, 2004).

Rismadani Darwis, “Peranan Penggunaan Media Transparansi Over Head Proyektor (Ohp) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Tumbuhan Biji Kelas VII SMP Muhammadiyah 12 makassar”(Skripsi Sarjana, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin, Makassar, 2008).

Sudarwan danin. 2010. Kepemimpinan Pendidikan. (Cet. 1; Bandung: Alfabeta). Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian (Jakarta: Rineka Cipta, 2007)

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Cet. IV; Jakarta: Rineka Cipta,

.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1994. Kamus Bahasa Indonesia, (Cet. VII; Jakarta: Balai Pustaka).

W.J.S Poerwadarminta. 2002. Kamus Umum Bahasa Indonesia, (Cet. 17; Jakarta: Balai Pustaka).

Published
2013-08-08
Section
Artikel
Abstract viewed = 363 times