PENGEMBANGAN BUKU KEAJAIBAN ANGKA DALAM ALQUR’AN DILENGKAPI MEDIA KARTU ANGKA
Abstract
Abstrak:
Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan buku keajaiban angka dalam Alqur’an yang valid dan praktis. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap analisis muka-belakang (front-end analysis), tahap prototipe (prototype) dan tahap penilaian (assessment). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, angket, dan dokumentasi. Jenis data yang diambil dalam penelitian ini adalah data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari angket. Instrumen pengumpulan data berupa angket uji validitas dan angket uji praktikalitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa buku keajaiban angka dalam Alqur’an valid dan praktis untuk digunakan.
Abstract:
The research aims to produce a valid and practical book of miracle of numbers in the holy Qur'an. The research method used was a developmental research consisting of three stages, namely, front-end analysis, prototype, and assessment stage. Data collection was conducted through the observation, questionnaire, and documentation. The types of data taken in this research were the primary data; it was the data that were directly obtained from the questionnaire. Data collection instruments were in the forms of validity test questionnaire and practicality test questionnaire. The data obtained were then analyzed by using descriptive analysis techniques. The research findings showed that the book of the miracle of numbers in the holy Qur'an is valid and practical to use.
Downloads
References
Akker, V. A. (1999). Design approaches and tools in education and training. Dortrech: Kluwer Academic Publishers.
Angkowo, R., & Kosasih, A. (2007). Optimalisasi media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fitria, A. (2013). Mengenalkan dan membelajarkan matematika pada anak usia dini. Mu’adalah; Jurnal studi gender dan anak, 1(2), 45–55. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=183200&val=6342&title=Mengenalkan dan Membelajarkan Matematika Pada Anak Usia Dini
Hayuningtyas, H. (2014). Pemanfaatan sumber belajar dengan limbah kardus untuk mengembangkan konsep matematika permulaan anak usia 5-6 tahun (studi eksperimen di TK Taman Indria Semarang). Jurnal Early Childhood Education Papers (Belia), 3(1), 63–70. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/3422/3090
Kurniati, A. (2015). Mengenalkan matematika terintegrasi islam kepada anak sejak dini. Suska Journal of Matematics Education, 1(1), 1–8. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/153775657.pdf
Lestariningrum, A. (2015). Pemanfaatan media biji-bijian sebagai sumber belajar bidang pengembangan matematika pada anak usia dini. Jurnal Efektor, 1(26), 12–18. Retrieved from http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/efektor-e/article/download/71/39
Maryani. (2010). Meletakkan dasar-dasar pengalaman konsep matematika melalui permainan praktis di kelompok bermain. Jurnal Pendidikan Penabur, 1(15), 1–11. Retrieved from http://bpkpenabur.or.id/wp-content/uploads/2015/10/jurnal-No15-Thn9-Desemberi2010.pdf
Mohamed, M. (2004). Matematikawan muslim terkemuka. Jakarta: Salemba Teknika.
Mutiah, D. (2010). Psikologi bermain anak usia dini. Jakarta: Kencana.
Nurani, Y. (2012). Konsep dasar pendidikan anak usia dini. Jakarta: PT. Indeks.
Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2008). Pendidikan anak usia dini menyiapkan anak usia tiga, empat, dan lima tahun masuk sekolah. Jakarta: PT. Indeks.
Sumantri, M. (2004). Media pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumini. (2013). Meningkatkan kemampuan kognitif anak mengenal bilangan melalui media kartu angka. Jurnal UNESA, 2(1), 1–5. Retrieved from http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/851/622
Tadkirotun, M. (2012). Pengembangan kecerdasan majemuk. Tangerang: Universitas Terbuka.
Copyright (c) 2018 Hayatun Nufus, Annisah Kurniati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.