PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATA KULIAH PROGRAM LINEAR MELALUI LESSON STUDY

  • Jumarniati Jumarniati Universitas Cokroaminoto Palopo
    (ID)
  • Desak Made Ristia Kartika Universitas Cokroaminoto Palopo
    (ID)
  • M. Rusli Baharuddin Universitas Cokroaminoto Palopo
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses dan kualitas pembelajaran mata kuliah program linear mahasiswa semester IV Program Studi Pendidikan Matematika melalui Lesson Study. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan tujuan untuk mendeskripsikan hasil observasi/pengamatan akivitas mahasiswa dan dosen. Kegiatan Lesson Study dilakukan sebanyak dua kali open class, masing-masing open class terdiri dari tiga tahap kegiatan yaitu: perencanaan (plan), pelaksanaan, (do), dan refleksi (see). Pembelajaran dilakukan melalui penerapan model kooperatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah:  meningkatkan aktivitas mahasiswa dengan penerapan model kooperatif pada mata kuliah program linear, meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam mengerjakan masalah maksimasi dengan metode simpleks, interaksi antar mahasiswa dalam pembelajaran meningkat. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif pada mata kuliah program linear dalam kegiatan lesson study dapat meperbaiki proses dan kualitas pembelajaran. 

Abstract:

The research aims to improve the process and quality of learning linear program at the fourth semester students of the Mathematics Education Study Program through Lesson Study activities. This research is descriptive research to describe the observation results of the students and lecturers activities. Lesson Study activities were conducted in two times open classes, each open class consisted of three activity phases, namely: planning (plan), implementation (do), and reflection (see). Learning was conducted through implementation of cooperative learning models. Based on the findings, it is recognized that the lesson study activities improve the students’ activities through the implementation of cooperative model in the linear program subject, improve students’ understanding in maximizing problems with the simple method, and improve the interaction among the students. Based on those findings, it can be concluded that the cooperative learning model in the linear program subject through lesson study activities can improve the process and quality of learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ibrahim, M. (2005). Pembelajaran kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Universitas Negeri Surabaya.

Ilyas, M., & Fitriani, A. (2014). Pembelajaran matematika melalui model kooperatif tipe make a match dan tipe scrambel pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Palopo. Jurnal Sainsmat, 3(1), 62–75. Retrieved from http://ojs.unm.ac.id/sainsmat/article/view/1015/259

Khasanah, U., & Fitriani, H. (2016). Peningkatan aktivitas belajar mahasiswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD dikolaborasikan dengan gallery work. Muhammadiyah University Press. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/bitstream/handle/11617/7640/16.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Lewis, C. C. (2002). Lesson study: A handbook of teacher-led instructional change. Philadelphia, PA: Research for Better Schools, Inc.

Mulayatun. (2017). Lesson study: strategi alternatif peningkatan kompetensi calon guru kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan, 11(1), 1816–1827. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/9709

Purwati, H., & Supandi. (2011). Meningkatkan kompetensi dan profesionalisme dosen melalui lesson study. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2). Retrieved from http://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/42/38

Slavin, R. E. (2005). Cooperative learning: Theory, Research, and Practice (2nd ed.). Massachusetts: Allyn and Bacon.

Suardi. (2016). Aktifitas mahasiswa dalam lesson study pada pmbelajaran english learning media. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 587–598. Retrieved from https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/648/556

Suryaningtyas, W., Suprapti, E., Solikin, A., & Shoffa, S. (2014). Implementasi lesson study berbasis karakter pada mata kuliah statistika dasar dengan menggunakan media gabuz. Didaktis, 14(1), 45–65. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Shoffan_Shoffa2/publication/313250381_IMPLEMENTASI_LESSON_STUDY_BERBASIS_KARAKTER_PADA_MATA_KULIAH_STATISTIKA_DASAR_DENGAN_MENGGUNAKAN_MEDIA_GABUZ/links/58945cd192851c54574a11ab/IMPLEMENTASI-LESSON-STUDY-BERBASIS-KARAK

Tadanugi, F. A. (2015). Efektivitas lesson study dalam pembelajaran matamatika. Jurnal KIP, 4(2), 887–894. Retrieved from http://journals.ukitoraja.ac.id/index.php/jkip/article/download/60/15/

Winarsih, A., & Mulyani, S. (2012). Peningkatan profesionalisme guru IPA melalui lesson study dalam pengembangan model pembelajaran PBI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 43–50. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2012

Published
2018-12-28
Section
Articles
Abstract viewed = 1204 times