ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL KALKULUS PEUBAH BANYAK

  • Dian Septi Nur Afifah STKIP PGRI Tulungagung
    (ID)
  • Muhammad Ilman Nafi’an STKIP PGRI Tulungagung
    (ID)
  • Ika Mariana Putri STKIP PGRI Tulungagung
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kesalahan dan faktor penyebab mahasiswa dalam menyelesaikan soal pada mata kuliah kalkulus peubah banyak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, karena mendeskripsikan dan menggali informasi dengan kata-kata.  Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika semester lima STKIP PGRI Tulungagung. Subjek dipilih berdasarkan banyaknya kesalahan yang dilakukan dan kemampuan komunikasi lancar. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dan instrumen pendukung adalah soal kalkulus peubah banyak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan wawancara. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang dilakukan meliputi jenis kesalahan konsep (aturan rantai dan penggunaan harga mutlak, turunan trigonometri ,turunan parsial, konsep integral dan eksponen), kesalahan operasi (perkalian antara koefisien dan variabel dari sebuah fungsi dan operasi bilangan bulat) dan jenis kesalahan prinsip (penulisan rumus aturan rantai).

Abstract:

The research aims to analyze the students’ errors and the factors causing the errors in answering the multivariable calculus tests. The research used qualitative descriptive research because it described and deeply explored the information narratively. The research subject was the 5th semester students of mathematics education department in STKIP PGRI Tulungagung. The subjects were selected based on the number of errors made by the students and their ability to communicate smoothly. The main research instrument was the researchers themselves and the secondary instrument was the multivariable calculus test. Data collection technique used test and interviews. To test the data validity, the researchers used triangulation technique. Data analysis was conducted through data reduction, data presentation and conclusion. The research findings indicated that the error types made by the students consisted of conceptual errors (chain rule and use of absolute price, trigonometric derivatives, and partial derivatives, integral and exponent), operational errors (multiplication of coefficients and variables of a function and integer operation) and principle errors (writing the formula of chain rule). 

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dian Septi Nur Afifah, STKIP PGRI Tulungagung
mathematic education

References

Ardiawan, Y. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal induksi matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 4(1), 147–163. Retrieved from http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/saintek/article/view/13/11

Atim, M. (2008). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal terapan sistem persamaan linear dua variabel di kelas X MAN Gresik I. PPs Unesa.

Erman, S. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan kemampuan pemahaman dan penalaran matematis melalui pendekatan kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika, 3(1), 47–54. Retrieved from http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/DM/article/view/4305/3729

Limardani, G., Trapsilasiwi, D., & Fatahillah, A. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi aljabar berdasarkan teori pemahaman skemp pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 4 Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 1–7. Retrieved from http://repository.unej.ac.id/bitstream/handle/123456789/63592/GATHUT LIMARDANI.pdf?Sequence=1

Muchlis, E. E. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa pada materi integral lipat di prodi pendidikan matematika FKIP Universitas Bengkulu (pp. 265–272). Retrieved from http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-40.pdf

Mutia. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal negasi pernyataan majemuk pada logika matematika. NUMERICAL (Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika), 1(1), 79–92. Retrieved from https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/numerical/article/view/121/92

Rahayu, A., Muhsetyo, G., & Rahardjo, S. (2016). Analisis kesalahan pemahaman siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel pada siswa SMP Ar-Rohmah. In Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan Pengembangan Kurikulum Matematika (pp. 79–84). Retrieved from https://sriyantimustafa.files.wordpress.com/2018/03/berpikir-intuitif.pdf

Romadiastri, Y. (2012). Analisis kesalahan mahasiswa matematika dalam menyelesaikan soal-soal logika. Phenomenon, 2(1), 75–93. Retrieved from http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/419/383

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 106–113. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/311645939_analisis_kesalahan_dalam_pemecahan_masalah_divergensi_tipe_membuktikan_pada_mahasiswa_matematika

Published
2018-12-28
Section
Articles
Abstract viewed = 2023 times