PENGEMBANGAN JIMATH SEBAGAI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Abstrak:
Telepon pintar dapat digunakan untuk berbagai fungsi, salah satunya adalah multimedia pembelajaran. Akan tetapi, masih sangat jarang pengguna telepon pintar bersistem operasi Android khususnya siswa SMA yang menggunakan telepon pintarnya sebagai multimedia pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran matematika berbasis Android dengan nama JiMath untuk siswa SMA dan untuk mengetahui respon siswa serta tingkat efektivitas dari multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan. Subjek uji coba sekaligus sasaran dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 6 SMAN 2 Cianjur yang berjumlah 32 orang siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran matematika berbasis Android yang dikembangkan menurut ahli media memenuhi kategori Sangat Layak dengan persentase mencapai 81%, sedangkan menurut ahli materi memenuhi kategori Layak dengan persentase mencapai 65,83%. Kemudian untuk efektivitas multimedia pembelajaran yang dikembangkan menurut responden memenuhi kategori Layak dengan persentase mencapai 74,1%, sehingga multimedia pembelajaran matematika berbasis Android ini efektif digunakan sebagai multimedia penunjang belajar untuk siswa yang dapat digunakan kapan pun dan di mana pun.
Abstract:
The smart phone can be used for various functions, one of which is multimedia of education. However, it is still very rare for smart phone users with Android operating system especially high school students who use their smartphones as multimedia of education. This study aims to develop multimedia of mathematics education based on Android with the name JiMath for high school students and to determine the response of students and the level of effectiveness of the multimedia education mathematics developed. The subjects of the experiments as well as the targets in this study were the students of class X IPA 6 SMAN 2 Cianjur which amounted to 32 students. The method used is research and development with ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The result of the research shows that the multimedia of mathematics education based on android developed by the media expert meets the Very Eligible category with the percentage reaching 81%. Meanwhile, according to the material expert meets the Eligible category with a percentage of 65.83%. Then for the effectiveness of multimedia education developed according to respondents meet the Eligible category with the percentage reached 74.1%, so that the multimedia of mathematics education based on Android is effectively used as a supporting multimedia of education for students who can use anytime and anywhere.
Downloads
References
Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2013). Media pembelajaran (perannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran). Yogyakarta: Gava Media.
Hattu, H. M. L., Widyastuti, N., & Sholeh, M. (2015). Aplikasi tutorial interaktif pelajaran teknologi informasi & komunikasi SD Caturtunggal III Yogyakarta. Jurnal Script, 2(2). Retrieved from http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=440772
Jose, A. (2015). Pengguna smartphone di Indonesia capai 55 juta. Retrieved from https://techno.okezone.com/read/2015/09/19/57/1217340/2015-pengguna-smartphone-di-indonesia-capai-55-juta
Kustini, S., & Nurkhin, A. (2011). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran akuntansi (studi empiris pada guru SMK se Kota Semarang). Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 6(1), 84–104. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/58512-ID-pemanfaatan-teknologi-informasi-dan-komu.pdf
Nugrawiyati, J. (2018). Media audio-visual dalam pembelajaran bahasa arab. El-Wasathiya: Jurnal Studi Agama, 6(1), 97–111. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/washatiya/article/download/3420/2542/
Rukimin, K. (2015). Multimedia interaktif dalam pembelajaran bahasa arab. In Pengembangan ICT dalam Pembelajaran (pp. 102–114). Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/172221-ID-multimedia-interaktif-dalam-pembelajaran.pdf
Sundayana, R. (2013). Media pembelajaran matematika (untuk guru, calon guru, orang tua, dan para pecinta matematika). Bandung: Alfabeta.
Sungkono. (2008). Pemilihan dan penggunaan media dalam proses pembelajaran. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 4(1), 71–80. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/222205-pemiliban-dan-penggunaan-media-dalam-pro.pdf
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wikipedia. (2017). Android (sistem operasi). Retrieved from https://id.wikipedia.org/wiki/Android_(sistem_operasi)
Copyright (c) 2018 Muhammad Ardiansyah Hendriawan, Guntur Maulana Muhammad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.