HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BONTOMARANNU KABUPATEN GOWA

  • Reski Ramadani Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • St. Hasmiah Mustamin Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ridwan Idris Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui hubungan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika siawa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini adalah Ex-post facto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk kreativitas guru dan gaya belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 76% dan 66%. Kemudian untuk hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai persentase sebesar 55% yang berada pada kategori sedang. Adapun hasil analisis statistik inferensial (korelasi berganda) diperoleh sig. F Change < 0.05. Artinya, terdapat hubungan positif penerapan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bobbi, D., & Hernacki, M. (1999). Quantum learning. Bandung: Kaifa.

Gilakjani, A. P. (2012). Visual, auditory, kinaesthetic learning styles and their impacts on engliah language teaching. Macrothink Institute.

Jihad, A. & Haris, A. (2012). Evaluasi pembelajaran. Cet. I; Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kalsum, S. (2015). Guru Matematika Kelas X SMAN 1 Bontomarannu, Wawancara.

Mulyasa E. (2015). Menjadi guru profesional. Cet. XIII; Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muntiari, N. W., dkk. (2013). Pengaruh pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan numerik siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4.

Retnowati, K. S. (2013). Meningkatkan kreativitas guru TK melalui pengembangan motivasi berprestasi dan kompetensi pedagogik. Jurnal Pendidikan Penabur, No. 20.

Riduwan. (2006). Dasar-dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sagitasari, D. A. (2010). Hubungan antara kreativitas dan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Godean. Skripsi. Program Studi Matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Sukada, I. K., dkk. (2013). Konstribusi minat belajar, motivasi berprestasi dan kecerdasan logis matematika terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Kintamani. e-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4.

Yudiani, N. M., dkk. (2014). Kontribusi kemampuan verbal dan kemampuan membaca pemahaman terhadap prestasi belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pelajaran matematika. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4.

Published
2017-06-22
Section
Articles
Abstract viewed = 1674 times