PENGARUH EFIKASI DIRI, HARGA DIRI DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BULUPODDO KAB. SINJAI

  • Wahdaniah Wahdaniah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Ulfiani Rahman Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Sri Sulateri Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam mengajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa, mengetahui gaya belajar siswa dalam mata pelajaran matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa, mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa, dan mengetahui hubungan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika siawa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk kreativitas guru dan gaya belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentase 76% dan 66%. Kemudian untuk hasil belajar matematika siswa diperoleh nilai persentase sebesar 55% yang berada pada kategori sedang. Adapun hasil analisis statistik inferensial (korelasi berganda) diperoleh sig. F Change < 0.05. Artinya, terdapat hubungan positif penerapan antara kreativitas guru dan gaya belajar siswa secara bersama-sama dengan hasil belajar matematika siswa di SMA Negeri 1 Bontomarannu Kabupaten Gowa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwisol. (2009). Psikologi kepribadian edisi revisi. Malang: UMM Press.

Arikunto, S. (2010). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian, suatu pendekatan praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Bekti, S. A. & Wahyu A. (2010). Pengaruh efikasi diri, pemanfaatan gaya belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar akuntansi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Daulay, R. W. (2010). Efikasi diri dan motivasi terhadap keberhasilan usaha pada usaha fotocopy dan alat tulis kantor di Kecamatan Penyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Departemen Agama RI. (2006). Qur’an tajwid dan terjemahan. Jakarta: Magfirah Pustaka.

Hadjar, I. (1999). Dasar-dasar metodologi penelitian kuantitatif dalam pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hasan, M. I. (2008). Pokok-pokok materi statistik 1. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jennifer. (2010). Self-efficacy's influence on student academic achievement in the medical nanatomy curriculum. Columbus: The Ohio State University.

King, L. A. (2010). The science of psychology an appreciative view. Jakarta: Salemba Humanika.

Ni Kadek, S. A. (2008). Pengaruh tingkat intelegensi dan motivasi belajar terhadap prestasi akademik siswa kelas II SMA Negeri 99. Skripsi. Universitas Gunadarma.

Purwanto, A. (2015). Pengaruh efikasi diri terhadap perilaku menyontek siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri se-Gugus II Kecamatan Pakem Kab. Sleman. Skripsi.

Purwanto, M. N. (2012). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. (2006). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudarwan D., & Khairil. (2011). Psikologi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sudjana, N. (2001). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2017-06-22
Section
Articles
Abstract viewed = 2388 times