PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBANTUAN SOFTWARE MATLAB PADA MATERI MATRIKS KELAS XI SMA

DEVELOPING MATLAB SOFTWARE-BASED TEACHING MATERIAL FOR TEACHING MATRIX IN THE 11TH GRADE OF SENIOR HIGH SCHOOL

  • Rosliana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Andi Halimah UIN Alauddin Makasssar 
    (ID)
  • Andi Dian Angriani UIN Alauddin Makasssar 
    (ID)
Keywords: Bahan Ajar, Modul, Software Matlab, Materi Matriks

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan bahan ajar berupa modul berbantuan software matlab pada materi matriks kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengembangkan bahan ajar berbantuan software matlab pada materi matriks. (2) untuk menilai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan bahan ajar berbantuan software matlab materi matriks pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Model ADDIE  terdiri dari 5 tahapan pengembangan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi. Produk yang dikembangkan berupa modul matematika yang memuat materi matriks dilengkapi dengan sintaks matlab. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 6 Makassar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli, lembar observasi keterlaksanaan modul, angket respon siswa, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Pada penelitian ini, proses pengembangan produk dimulai dari tahap analisis sampai dengan tahap evaluasi dengan kata lain semua tahapan pengembangan modul dengan menggunakan  model ADDIE terlaksana seluruhnya. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa (1) modul dikategorikan sangat valid karena berada pada interval . (2) modul dikatakan praktis karena seluruh aspek terlaksana sepenuhnya, (3) modul dikatakan efektif karena tingkat ketuntasannya mencapai 100%. Dengan demikian, penguasaan tes hasil belajar siswa sudah memenuhi standar ketuntasan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada tahap uji coba yang telah dilakukan peneliti, pengembangan bahan ajar berbantuan software matlab pada materi matriks kelas XI SMA telah memenuhi kriteri kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rosliana, UIN Alauddin Makassar

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makasssar 

Andi Halimah, UIN Alauddin Makasssar 

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makasssar 

Andi Dian Angriani, UIN Alauddin Makasssar 

Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Alauddin Makasssar 

References

Ainun, A. M. (2019). Pengembangan bahan ajar berbantuan software maple pada mata kuliah kalkulus I mahasiswa jurusan pendidikan matematika fakultas tarbiyah dan keguruan uin alauddin makassar. [Skripsi]. UIN Alauddin Makassar.

Amri, M. (2018). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis geogebra dengan model penemuan terbimbing pada materi bilangan bulat. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 792–795. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20368.

Angko, N., & Mustaji, F. (2013). Pengembangan bahan ajar dengan model ADDIE untuk mata pelajaran matematika kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal KWANGSAN, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15.

Dewi, P. Y. A., & Primayana, K. H. (2019). Effect of learning module with setting contextual teaching and learning to increase the understanding of concepts. International Journal of Education and Learning, 1(1), 19–26. https://doi.org/10.31763/ijele.v1i1.26.

Fauziah, K., Parta, I. N., & Rahardjo, S. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa materi perkalian matriks bercirikan penemuan terbimbing untuk siwa SMK kelas X. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(9), 1721–1729. https://doi.org/10.17977/jp.v1i9.6735.

Jamaluddin, N. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis geogebra pada materi transformasi geometri terhadap pemahaman konsep siswa kelas ix smp negeri 1 mangarabombang kab. takalar. [Skripsi]. UIN Alauddin Makassar.

Kartika, H. (2014). Pembelajaran matematika berbantuan software matlab sebagai upaya meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dan minat belajar siswa SMA. Jurnal Pendidikan UNSIKA, 2(1), 24–35. Retrieved from https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/119.

Lappas, P., & Kritikos, M. (2018). Teaching and learning numerical analysis and optimization: a didactic framework and applications of inquiry-based learning. international journal , higher education studies. Higher Education Studies, 8(1), 42–57. https://doi.org/10.5539/hes.v8n1p42.

Nasution, S. H. (2015). Mengembangkan media pembelajaran berbantuan komputer pada kelas matematika. Conference: Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya, 1–11.

Octarina, S. (2016). Pengenalan software matlab dalam mendukung pembelajaran matematika bagi siswa SMA di desa Sungsang kabupaten Kanyuasin. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 4(2), 342–350. https://doi.org/10.37061/jps.v4i2.5493.

Octarina, S. (2017). Pembinaan keterampilan penggunaan software matlab dalam mendukung pembelajaran matematika kreatif bagi guru-guru SMA di Indralaya. Jurnal Pengabdian Sriwijaya, 5(2), 415–421. https://doi.org/10.37061/jps.v5i2.5670.

Purnomo, D. (2011). Pengembangan bahan ajar matematika sebagai sarana pengembangan kreatifitas berpikir. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.26877/aks.v2i1/Maret.43.

Rafianti, I. (2017). Pengembangan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik pada materi matriks kelas XI SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP UNTIRTA, 45–52. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/45-52.

Rizki, F. (2019). Pengembangan bahan ajar matematika berbantuan aplikasi microsoft mathematics pada siswa kelas XI. [Skripsi]. UIN Raden Intan Lampung.

Taufiq, M., Amalia, A. V., & Parmin. (2017). The development of science mobile learning conservation vision based on android app inventor. Unnes Science Education, 6(1), 1472–1479. https://doi.org/10.15294/usej.v6i1.13179.

Ulandari, L., Amry, Z., & Saragih, S. (2019). Development of learning materials based on realistic mathematics education approach to improve students’ mathematical problem solving ability and self-efficacy. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 375–383. https://doi.org/10.29333/iejme/5721.

Vatricia, S., Maizora, S., & Syukur, M. fachruddin. (2017). Pengembangan aplikasi komputer sebagai media pembelajaran matematika menggunakan metode penemuan terbimbing pada materi lingkaran kelas VIII. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 36–40. https://doi.org/10.33369/jp2ms.1.1.36-40.

Widodo, S. A., Prahmana, R. C. I., Purnami, A. S., & Turmudi. (2017). Teaching materials of algebraic equation. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series 943, 1–7. https://doi.org/:10.1088/1742-6596/943/1/012017.

Published
2022-06-26
Section
Vol. 10 No. 1
Abstract viewed = 472 times