EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE EKSPOSITORI BERBASIS KUIS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTsN MA ’ R A N G KABUPATEN PANGKEP

  • Muh. Rizal M Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Thamrin Tayeb Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)
  • Nurkholisah Latuconsina Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode ekspositori berbasis kuis efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Ma’rang Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain nonequivalent control group desain. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Ma’rang Kabupaten Pangkep bahwa persentase terbesar hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode konvensional berada pada kategori tinggi (52,17%) dan persentase terbesar hasil belajar siswa yang diajar dengan menerapkan metode ekspositori berbasis kuis berada pada kategori tinggi (56,52%). Sedangkan pada hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai rata-rata kedua kelompok yaitu kelas kontrol sebesar 26,96 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 47,78 thitung= 10,47 > ttabel = 2,02 (thitung > ttabel). Dengan demikian terdapat perbedaan rata-rata tingkat hasil belajar matematika antara kelas yang diajar dengan menerapkan metode ekspositori berbasis kuis dengan kelas yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada siswa kelas VIII MTsN Ma’rang. Metode ekspositori berbasis kuis efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTsN Ma’rang yang berdasarkan pada hasil analisis inferensial dengan menggunakan rumus efisiensi relatif diperoleh nilai R < 1, (0,63) < 1.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi , A., & Prasetyo, J. T. (2005). Strategi pembelajaran untuk fakultas

tarbiyah komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian atau pendekatan praktik. Cet XV; Jakarta: Rineka Cipta.

Arsana, M. R. (2014). Pengaruh metode ekspositori yang dikombinasikan dengan mind mapping terhadap hasil belajar IPA. e-Jurnal mimbar PGSD UPG. Vol .2, No. 1.

Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir. (2010). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif. Jakarta: Rajawali.

Gholami, V. (2013). The effect of weekly quizzes on students‘ final achievement score. International journal of education.

Hamsiah, S. (2003). Psikologi pembelajaran matematika. Makassar: Alauddin Universitas Press.

Hasratuddin. (2013). Membangun karakter melalui pembelajaran matematika. Jurnal pendidikan matematika.

Hasan, I. (2010). Pokok-pokok materi statistik 2 (statistik inferensial). Cet VI. Jakarta: PT BumiAksara.

Hudojo, H. (1988). Mengajar belajar matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ibe. (2013). Effects of guided-inquir and expository teaching methods on senior secondary school students’ performances in biology in imo state. Journal of education Vol.2, No. 4.

Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Matondang, Z. (2009). Pengujian homogenitas varians data. Medan: Taburasa PPS UNIMED.

Maurer. (2013). Using reading guides and on-line quizzes to improve reading compliance and quiz scores. International journal of education.

Mubarok, M. (2008). BCM: Rahasia cerdas belajar sambil bermain. Surabaya: Java Pustaka.

Muhkal, M. (1999). Matematika sekolah sebagai wahana pendidikan. eksponen. Jurnal pendidikan matematika.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasir, M. (2003). Metode penelitian. Cet. I; Jakarta: Ghalia Indonesia.

Riduwan. (2008). Belajar mudah penelitian untuk guru, karyawan, dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Rohmah, S. (2011). Penggunaan metode permainan kuis untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika materi pokok bangun datar dan bangun ruang peserta didik kelas V SDN I Ngrencak Panggul Trenggalek. (Tulungagung: Skripsi Tidak Diterbitkan).

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran.Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Sahabuddin. (1999). Mengajar dan belajar. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.

Sangadji, E. M., & Sophiah. (2010). Metodologi penelitian. Malang: Andi.

Siregar, S. (2011). Statistik deskriptif untuk penelitian. Cet. I; Jakarta: Raja Grafindo Pusaka.

Sudirman. (1991). Ilmu pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Cet. VI; Bandung:Alfabeta.

Suherman, E. (2003). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Cet VII; Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Sukmadinata, N. S. (2009). Landasan psikologi proses pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tiro, M. A. (2008). Dasar-dasar statistik. Ed.3; Makassar: State University Of Makassar Press.

Walgito. (1980). Bimo pengantar psikologi umum. Yogyakarta: Andi.

Widiari, M. (2014). Pengaruh metode pembelajaran mind mapping dan ekspositori terhadap hasil belajar matematika. Jurnal pendidikan. Vol. 2, No. 1.h.3.

Published
2016-12-15
Section
Articles
Abstract viewed = 1167 times