PENGEMBANGAN BUKU KERJA PERSAMAAN DIFERENSIAL BIASA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNISMUH MAKASSAR

  • Andi Alim Syahri Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Sri Satriani Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Ma’rup Ma’rup Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)
  • Erni Ekafitria Bahar Universitas Muhammadiyah Makassar
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan Buku Kerja persamaan diferensial pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Unismuh Makassar Tahun Ajaran 2019/2020. Prosedur penelitian dalam mengembangkan Buku Kerja berdasarkan pengembangan yang dipaparkan oleh Bord & Gall terdiri dari 8 langkah, yaitu: (1) pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan desain produk; (4) validasi desain produk; (5) revisi produk; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; dan (8) produksi Buku Kerja. Dari hasil penelitian diperoleh validitas RPS dan Buku Kerja yang dikembangkan. Berdasarkan hasil penilaian 2 validator, diperoleh nilai rata-rata total validitas Rencana Pembelajaran Semester (RPS) sebesar 3,78 dan termasuk dalam kategori ”Sangat Valid”. Nilai rata-rata total validitas Buku Kerja sebesar 3,60 dan termasuk dalam kategori ”Sangat Valid”, sehingga Rencana Pembelajaran Semester dan Buku Kerja ini dinyatakan memenuhi kriteria validitas dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Uji coba produk Buku Kerja kepada mahasiswa bertujuan untuk mengetahui kemenarikan produk Buku Kerja dan diperoleh skor rata-rata sebesar 3,61 berada pada kategori ”Sangat Menarik”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa produk Buku Kerja layak digunakan, khususnya pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Makassar.

Abstracts:

The purpose of this research was to know the development process of student exercise book of differential equation in Mathematics education department of FKIP Unismuh Makassar academic year 2019/2020. The research procedures in developing of student exercise book based on Bord & Gall which consisted of 8 steps, namely: (1) collecting information; (2) planning; (3) developing the design product; (4) validating the design product; (5) revising the product; (6) testing; (7) revising; dan (8) producing exercise book. The result indicated that RPS (semester lesson plan) and the student exercise book base on 2 validators’ assessment were valid. The findings showed that the mean score of RPS was 3.78 which was categorized “very valid” and exercise book gained 3.60, also in “very valid” criteria. The findings indicated that RPS and exercise book fulfilled the validity criteria and were eligible to use with a little revision. While the product was tested to the students to find how interested the exercise book. Generally, the mean score gained was 3.61 which included in “very interesting” criteria. Therefore, the exercise book was eligible to use especially to the students of Mathematics education of FKIP Muhammadiyah university in Makassar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amri, S., & Ahmadi, I. K. (2010). Kontruksi pengembangan pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Ibnas, R. (2017). Persamaan differensial eksak dengan faktor integrasi. Jurnal MSA, 5(2), 91–99. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/msa/article/viewFile/4514/4124.

Lumbantoruan, J. H. (2019). Pengembangan bahan ajar persamaan diferensial berbasis model brown di program studi pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Kristen Indonesia Tahun 2017/2018. Jurnal EduMatSains, 3(2), 147–168.

Purwitaningrum, R., & Suparman. (2017). Analisis kebutuhan buku ajar matematika berorientasi pendekatan realistik menggunakan model pembelajaran kooperatif. In The 5th Urecol Proceeding (pp. 1205–1210). Retrieved from http://lpp.uad.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/219-Rahmi-Purwitaningrum1205-1210.pdf.

Rahmawati, G. (2015). Buku teks pelajaran sebagai sumber belajar siswa di SMAN 3 Bandung. EduLib, 5(1), 102–113. https://doi.org/doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307.

Relawati. (2017). Pengembangan buku kerja berbasis pendekatan analogi pada mata kuliah Kalkulus II di IAIN STS Jambi. Jurnal Ilmiah DIKDAYA, 7(1), 43–54. https://doi.org/dx.doi.org/10.33087/dikdaya.v7i1.29.

Riyadi, S. (2014). Pengembangan buku kerja berbasis penemuan terbimbing pada perkuliahan geometri ruang di Universitas Mahaputra Muhammad Yamin Solok. Jurnal Fokus, 1–19. Retrieved from http://pspmat.stkipypmbangko.ac.id/wp-content/uploads/2015/10/2014_September_JurnalFokus-Sugeng-Riyadi.pdf.

Sugiyarto. (2014). Kalkulus lanjut. Yogyakarta: Binafsi Publisher.

Sugiyono. (2017). Metode penelitan dan pengembangan (research and development/R&D). (S. Y. Suryandari, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Sunardjo, R. N., Yudhianto, S. A., & Rahman, T. (2016). Analisis implementasi keterampilan berpikir dasar dan kompleks dalam buku IPA pegangan siswa SMP kurikulum 2013 dan implementasinya dalam pembelajaran. Proceeding Biology Education Conference, 13(1), 133–144. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/171695-ID-analisis-implementasi-keterampilan-berpi.pdf.

Published
2019-12-16
Section
Vol. 7 No. 2
Abstract viewed = 445 times