PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LEMBAR KERJA SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP dengan Pendekatan Matematika Realistik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar lembar kerja siswa (LKS) dengan pendekatan matematika realistik. Bahan belajar siswa ini berguna untuk memfasilitasi siswa dan memudahkan siswa dalam pembelajaran. Bahan dihasilkan telah dikembangkan dengan model pengembangan instruksional, meliputi tahap definisi, analisis dan pengembangan prototype system serta melaksanakan evaluasi formatif. Pada tahap definisi meliputi mengidentifikasi kebutuhan instruksional dan menulis instruksional umum, melakukan analisis instruksional serta mengidentifikasi prilaku dan karakteristik peserta didik. Tahap analisis dan pengembangan prototype system meliputi menulis tujuan instruksional khusus, menulis alat penilaian hasil belajar, menyusun strategi instruksional serta mengembangkan bahan instruksional. Tahap evaluasi formatif yaitu dilakukannya perbaikan pembelajaran dilandasi umpan balik hasil penilaian formatif. Evaluasi formatif yang dilakukan terhadap tiga ahli, yaitu ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi. Berdasarkan hasil analisis penilaian LKS diperoleh rata-rata sebesar 3,1 dengan rata-rata skor maksimal adalah 4 dengan klasifikasi sangat baik. Hasil rata-rata skor yang diperoleh menunjukan bahwa LKS dengan pendekatan matematika realistik yang dikembangkan telah sesuai dengan klasifikasi LKS yang baik dan layak digunakan.

Abstract:

This study aims to develop the student worksheet about the operation of an integer in junior high schools with mathematics realistic approach. The kind of research is research and development. The product which is developed in the form of the teaching material worksheets of student with the mathematics realistic approach. Student learning material this is useful to facilitate students in their experiences. Developing worksheet have been developed with instructional model of development, covering the stage definition, analysis and the development of proto type system and implement evaluation formative. At the definition includes identify instructional needs common instructional and write, in the analysis afterwards and identify instructional behavior and characteristics of the student. The analysis and development proto type system covering wrote special instructional purposes, write a the study results, arranged instructional strategy materials and to develop. The evaluation is done the formative learning based on feedback formative assessment results. Evaluation done three the formative, the media experts, a linguist, and the material. Based on the results of the analysis of the worksheet obtained average 3.1, average score with 4 could receive a maximum classified as very good. The results showed that average score obtained worksheet with the mathematical realistic approach developed worksheet classifications are in accordance with good and worthy of used.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Eliza, F. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis multimedia interaktif mata kuliah gambar listrik yang menggunakan autocad pada program studi pendidikan teknik elektro FT UNP. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 6.

Ernawati, A., Ibrahim, M. M., & Afiif, A. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis multiple intelligences pada pokok bahasan substansi genetika kelas XII IPA SMA Negeri 16 Makassar. Jurnal Biotek, 5 (2), 1–18.

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (predict, observe, explain) pada materi program linear kelas XII SMA. SAINMATIKA Jurnal Sains dan Matematika 8 (1), 96–109.

Hariyanto, S. (2015). Implementasi belajar dan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hasbullah. (2014). Media pembelajaran matematika. Jakarta: Savitra College.

O’Connel, S. (2007). Introduction to problem solving grade 3-5. Porstmouth: Heineman.

Prastowo. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik. Jakarta: Kencana.

Sherly, A. F., Ridlo, S., & Priyono, B. (2012). Keefektifan media spesimen dengan metode Two Stay-Two Stray pada materi arthropoda. Unnes Journal of Biology Education, 1 (1), 1–8.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman, M. A. (2014). Desain instruksional modern. Jakarta: Erlangga.

Syahri, A. A. (2017). Pengaruh penerapan pendekatan realistik setting kooperatif terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 5 (2), 216–235.

Trianto. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana Prenadamedia Grup.

Van den Heuvel-Panhuizen, M., & Drijvers, P. (2014). Realistic mathematics education. Springer Netherlands.

Wati, R., Suyatna, A., & Wahyudi, I. (2015). Pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing untuk pembelajaran fluida statis di SMAN 1 Kota Agung 1. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 99–109.

Wijaya. (2012). Pendidikan matematika realistik suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yusuf, A. M. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenada Media.

Published
2018-06-05
Section
Articles
Abstract viewed = 3204 times