PENINGKATAN INTELEGENSI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FUNGSI LOGARITMA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING

  • Siti Masliani MAN 1 Banjarmasin
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa, intelegensi siswa, dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model quantum learning. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model quantum learning pada materi fungsi logaritma dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, intelegensi, dan hasil belajar siswa.

Abstract:

The purpose of this research is to find out the improvement of teacher activity, student activity, student intelligence, and student learning outcomes to the learning quantum learning model which implemented. The classroom action research design with 2 cycles was used in this study. Each cycle consists of the following stages: planning, implementation of action, observation and evaluation, analysis and reflection. The subjects of this study were 34 students of class X MIA 1. The collected data were conducted  using observation technique and the learning result test, and then, they were analyzed by using quantitative descriptive analysis technique and qualitative analysis. The result of this research shows that the quantum learning model can be used to improve teacher activity, student activity, student intelligence, and students’ learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Masliani, MAN 1 Banjarmasin
Staf Pengajar MAN 1 Banjarmasin

References

Adi, A., Dafik, Hobri, & Sugeng, D. (2013). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berkarakter berbasis quantum teaching pada pokok bahasan aritmatika sosial kelas VII SMP. Pancaran, 2 (1), 13–25.

Adityarini, Y., Waluyo, J., & Aprilya, S. (2013). Penerapan model pembelajaran quantum learning dengan media flashcard untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Purwoharjo-Banyuwangi tahun pelajaran 2011/2012 (pada pokok bahasan animalia). Pancaran, 2 (2), 189–199.

Ahmadi, A. (2004). Pengaruh minat belajar terhadap pembelajaran. Yogyakarta: BPFEE.

Arikunto, S. (2010). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiman, A. (2009). Tes IQ remaja jilid 1. Bandung: Pustaka Grafika.

DePorter, B., & Hernacki, M. (1992). Quantum learning. Jakarta: PT Mizan Publika.

Iskandar. (2009). Hubungan Intelegensi dan hasil belajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Maslihah, S. (2011). Studi tentang hubungan dukungan sosial, penyesuaian sosial di lingkungan sekolah dan prestasi akademik siswa SMPIT assyfa boarding school Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi Undip, 10 (2), 103–114.

Sukiarti, N. K. (2009). Pengaruh tingkat intelegensi dan motivasi belajar. Semarang: UNNES Press.

Surachmad, & Sunaryo. (2001). Guru dan anak didik dalam interaksi edukatif suatu pendekatan teoritis psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilo, H. (2012). Pemanfaatan Kemampuan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas/Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Menunjang Proses Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah. Quantum, Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 3 (2), 81–102.

Published
2018-06-05
Section
Articles
Abstract viewed = 1886 times