MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TALKING STICK, MIND MAPPING, DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS

  • Ida Ayu Dewi Wulandari Universitas Pendidikan Ganesha
    (ID)
  • I Made Suarsana Universitas Pendidikan Ganesha
    (ID) http://orcid.org/0000-0002-7537-6382
  • I Gusti Ngurah Pujawan Universitas Pendidikan Ganesha
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick  berbantuan mind mapping lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian post test only control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII non unggulan semester genap SMP Negeri 6 Singaraja tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 293 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive random sampling. Data kemampuan komunikasi matematis siswa dikumpulkan dengan tes essay yang terdiri dari 5 butir soal. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran talking stick berbantuan mind mapping lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematika siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Abstract:

This study aims to determine whether the mathematical communication skills of students who learn by using learning models talking stick with mind mapping is better than the mathematical communication skills of students who learn by using conventional learning. This research type is quasi-experiment with research design Post Test Only Control Group Design. The study population is all students of Non-Superior Class VIII Junior High School 6 Singaraja Academic year 2016/2017 with the number of 293 students. Sampling was done by purposive random sampling technique. Data of students' mathematical communication ability were collected by essay test consisting of 5 items. The collected data is then analyzed using the t-test. The results of data analysis showed that the mathematical communication ability of students who learn by using learning model talking stick with Mind mapping is better than the mathematics communication ability of students who learn by using conventional learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A. A. G., Widiana, I. W., & Tresnayanti, P. I. (2017). Talking stick sebagai inovasi dalam aktivitas mengomunikasikan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1 (3), 147–154. https://doi.org/10.23887/JISD.V1I3.10369

Awuy, E. (2015). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar matematika (Studi Eksperimen pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMPN 1 Sausu).

Baroody, A. J., & Coslick, R. T. (1992). Problem solving, reasoning, and communicating, K-8: Helping children think mathematically. Germany: Prentice Hall

Buzan, T. (2009). Buku pintar mind map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Depdiknas. (2006). Permendiknas nomor 22 tentang standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Depdiknas.

Faelasofi, R., Arnidha, Y., & Istiani, A. (2015). Metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa dalam pemecahan masalah matematika. Jurnal E-DuMath, 1 (2), 122–137. https://doi.org/10.26638/JE.116.2064

Gay, L. R., Mills, G. E., & Airasian, P. (2006). Educational research: Competencies for analysis and application (8th ed.). New York.

Iwan. (2004). Mengoptimalkan daya kerja otak dengan berfikir holistik dan kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Khasanah, B. A. (2017). Efektivitas model pembelajaran mind mapping menggunakan alat peraga matematika. Edumath, 3 (1), 9–14.

Khasanah, D. L., & Soedjoko, E. (2013). Keefektifan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar materi pokok aljabar. Unnes Journal of Mathematics Education, 2 (1).

Maisura, & Jannah, R. (2016). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis melalui model pembelajaran index card match pada materi Geometri di kelas X SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng, Jurnal Pendidikan Dasar (jupendas) 3 (1).

OECD. (2016). PISA 2015 results in focus. Oecd, (67), 16. https://doi.org/10.1787/9789264266490-en

Shiel, G. e. al. (2007). PISA mathematics: A teacher’s guide. Dublin: Stationery Office.

Sriyanti, A. (2015). Komparasi keefektifan pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe talking stick dengan tipe make a match pada siswa kelas VII SMP LPP UMI Makassar. MaPan : Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3 (1), 20–29.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sullvian, P. & Mousley. (1996). Natural communication in mathematics classroom: Whats does it look like. Melbourne: Merga.

Sumarno. (2010). Berfikir dan disposisi matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana dikembangkan pada peserta didik. Bandung: FMIPA UPI.

Vitantri, C. A. (2017). Integrasi concise learning method dengan mind mapping dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10 (2), 203–221.

Windura, S. (2008). Brain management series for learning strategys – mind map langkah demi langkah. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.

Yunita, C. R. (2014). Pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa (penelitian eksperimen pada siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 2 Tanjungsari-Sumedang. Skripsi. UIN Sunan Gunung Djati.

Published
2018-06-08
Section
Articles
Abstract viewed = 1825 times