IMPLEMENTASI MODEL OSBORN DENGAN TEKNIK MNEMONIC MELALUI TEORI KONSTRUKTIVISME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

  • Sinta Oktavianti UIN Raden Intan Lampung
    (ID)
  • Farida Farida UIN Raden Intan Lampung
    (ID)
  • Fredi Ganda Putra UIN Raden Intan Lampung
    (ID)

Abstract

Abstrak:

Penerapan model osborn dengan teknik mnemonic diharapkan bisa memperbaiki rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran osborn dengan teknik mnemonic melalui teori konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimental design. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelompok yang akan diberikan perlakuan yang berbeda yaitu: kelompok sampel pertama akan diterapkan model pembelajaran osborn dengan teknik mnemonic melalui teori konstruktivisme, kelompok sampel yang kedua diterapakn model pembelajaran osborn, dan kelompok sampel yang ketiga diberikan model pembelajaran konvensional. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji ANAVA satu jalur dengan sel tak sama. Hasil peneilitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran osborn dengan teknik mnemonic melalui teori konstruktivisme terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik.

Abstract:

Problem-solving skills are important. However, some existing studies suggest that students' mathematical problem solving skills are still low. The low ability of problem solving of mathematical learners is caused because students are still difficulty in solving math problems and less active in learning process in class. Application of osborn model with mnemonic technique is expected to fix the problem. The purpose of this study is to determine the influence of osborn learning model with mnemonic technique through constructivism theory to the problem solving ability of mathematical learners. This research is quantitative research quasy experimental design type. Hypothesis test in this research use ANAVA test one way with different cell. The result of this research is that there is influence of osborn learning model with mnemonic technique through constructivism theory to students' mathematical problem solving ability.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahdar, Rochaminah, S., & Hadjar, I. (2016). Penerapan model pembelajaran langsung denganbantuan teknik mnemonik untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi perbandingan teknik komputer jaringan (TKJ) di SMKN 1 Parigi di kelas X. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 5 (3), 137-151.

Aida, E., & Widjajanti, D. B. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran teorema pythagoras dengan media berbantuan komputer. Jurnal Riset Pendidikan Matematika (JRPM), 1 (2), 216-226.

Greer, B., Verschaffel, L., & Mukhopadhyay, S. (2007). Modelling for life: Mathematics and children’s experience. 8. Modelling and applications in mathematics education.

Gusnidar, G., Netriwati, N., & Putra, F. G. (2018). Implementasi strategi pembelajaran konflik kognitif berbantuan software wingeom dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 5 (2), 62-69.

Halwia, H. (2016). Peningkatan hasil belajar melalui teknik mnemonic pada pembelajaran matematika di kelas VIIA MTs Muhammadiyah Syuhada kota Makassar. Skripsi. Makassar: Repository UIN Alauddin Makassar.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & & Findell, B. (2001). Adding it up. Helping children lern mathematics. Washington, D. C.: National Academy Press.

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif (generative learning) di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2), 166-175.

Nugroho, A. S. (2016). Pengaruh model pembelajaran osborn terhadap keterampilan berpikir kreatif pada peserta didik sekolah dasar. INOVASI, 18 (2), 1-6.

Nurafifah, L., Nurlaelah, E., & Usdiyana, D. (2016). Model pembelajaran obstorn untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. M A T H L I N E Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (2), 93-102.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi pendidikan (membantu siswa tumbuh dan berkembang. Jakarta: Erlangga.

Paradesa, R. (2015). Kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa melalui pendekatan konstruktivisme pada matakuliah matematika keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1 (2), 306-325.

Putra, F. G. (2017). Eksperimentasi pendekatan kontekstual berbantuan Hands on Activity (HoA) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (1), 73-80.

Rizki, N. W. (2016). Pengembangan media cai mata pelajaran bahasa Mandarin materi pengenalan waktu kelas X SMKN 2 Jombang. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7 (3), 41-49.

Syazali, M. (2015). Pengaruh model pembelajaran creative problem solving berbantuan maple II terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 91-98.

Widyastuti, R. (2015). Proses berpikir siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan teori Polya ditinjau dari adversity quotient tipe climber. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 183-193.

Widyawati, S. (2017). Pengaruh kemampuan koneksii matematis siswa teerhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari gaya belajar pada materi bangun datar siswa kelas IX SMP di kota Metro. Iqra': Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1, 47-67.

Wijayanti, P. S. (2013). Pengaruh Pendekatan MEAs terhadap kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, dan kepercayaan diri siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 8 (2), 181-192.

Wulandari, P., Mujib, & Putra, F. G. (2016). Pengaruh model pembelajaran investigasi kelompok berbantuan perangkat lunak maple terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), 101-106.

Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi model PBL dan model GDL terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6 (1), 1-10.

Yusnita, I., Masykur, R., & Suherman. (2016). Modifikasi model pembelajaran Gerlach dan Ely melalui integrasi nilai-nilai keislaman sebagai upaya meningkatkan kemampuan representasi matematis. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1), 29-38.

Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract viewed = 2979 times