ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH
Abstrak
Salah satu mata pelajaran yang membutuhkan model pembelajaran yang menyenangkan yaitu mata pelajaran IPA Fisika. Hal tersebut dikarenakan IPA Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit oleh peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut berbagai upaya telah dilakukan oleh guru salah satunya melalui model pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan yaitu model pembelajaran Index Card Match. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pra-eksperimen tipe deskriptif dengan desain One Shot Case Study. Pemelitian dilaksanakan di MTs DDI Seppange. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX pada tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 24 orang. Instrument penelitian ini berupa lembar observasi dan lembar kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas belajar peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran index card match karena suasana belajar yang tercipta mampu meningkatkan ketertarikan peserta didik terhadap model pembelajaran tersebut, sehingga model pembelajaran index card match dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik pada pembelajaran IPA Fisika.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Dharmadi, O. S. (n.d.). Penerapan strategi index card match pada mata pelajaran ips 1). 1.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Peserta didik. Studi Kemahapeserta didikan, 1(1), 1–13. file:///C:/Users/DELL/Downloads/236-Article Text-652-2-10-20210310.pdf
Intan Sari, M., . R., & Agustini, F. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Index Card Match terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA. International Journal of Elementary Education, 3(1), 41. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17283
Jaedun, A. (2011). Metodologi Penelitian Eksperimen. LPPM.
Kiromah, A. (2018). Analisis Aktivitas Belajar Peserta didik Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Stem ( Pokok Bahasan Gaya dan Hukum Newton ). 2–5.
Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. PT. Raja Grafindo Persada.
Napsawati, N., & Yusdarina, Y. (2021). Application of Ludo Board Game in Increasing the Activeness of the Physics Study Group of Mts DDI Seppange Students. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 98–106. https://doi.org/10.26618/jpf.v9i1.4074
Pajar, J., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Universitas, F., Volume, R., & Cetak, I. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Peserta didik Kelas V Sd Negeri 002 Batu Bersurat Asnimar Sd Negeri 002 Batu Bersurat Pendahuluan 1(November), 208–216.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. PT Alfabet.
Uswatun Khasanah. (2012). Pengaruh Pembelajaran Make A-Match dan Index Card Match Terhadap Pemahaman Peserta didik Kelas X SMA Institut Indonesia Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 2(2). https://www.neliti.com/id/publications/124523/pengaruh-pembelajaran-make-a-match-dan-index-card-match-terhadap-pemahaman-peserta didik