Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar

  • Rifal Efendi Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
    (ID)
  • Azhar Arsyad
  • Munir Munir

Abstract

Penelitian ini membahas tentang manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar (2) menemukan kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran Bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar (3) menemukan dan memberikan solusi terhadap kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dan dilihat dari jenis data analisisnya, penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan ilmu manajemen yang menerapkan empat fungsinya: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran bahasa Arab di SMP IT Nurul Fikri Makassar berada pada tahap pengembangan baik dari segi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi, namun begitu banyak kendala yang dihadapi seperti waktu pelajaran yang kurang, lingkungan berbahasa, guru tidak sesuai latar belakang pendidikan namun kami memberi solusi seperti membuat pembelajaran semenarik mungkin, menciptakan lingkungan berbahasa, membuat peraturan berbahasa yang ketat dan menghadirkan native speaker.

Author Biography

Rifal Efendi, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar
Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana UINAM

References

Creswel, John W. Research Design, Pedekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Cet. Ke-III; Yokyakarta: Pustaka Pelajar, 2018.

Hermawan, Acep. Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Bandung: PT Remaja Rosdakarta, 2011.

Hidayati, Nur. Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Di Program Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Surakarta: Pasca Sarjana IAIN Surakarta, 2017.

Lisari, Manajemen Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Tempel Sleman Yokyakarta: Studi Korelasi Atas Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq. Yokyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga, 3013.

Meleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Mustari, Muhammad. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2014.

Rohmat, Pilar Peningkatan Mutu Pendidikan. Yogyakarta: Cipta Media Aksara, 2012.

Sanjaya, Wina. Perencanaan dan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011.

Syafaruddin & Nurmawati, Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif . Medan: perdana Publishing, 2011.

Sunarto & Agung Hartono, Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2013.

Styabudi, Wahyu. Manajemen program pembelajaran Bahasa arab di pondok pesantren Darussalam: studi kasus di Pondok Pesantren Darussalam Ngesong-Sengon Jombang. Malang: Pasca Sarjana UIN Maulana Malik Ibrahim, 2018.

Published
2021-11-29
Abstract viewed = 370 times