Pembelajaran Mufradat Bahasa Arab Melalui Media Anagram

  • Sri Dewi Priwarti Siregar Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
  • Asep Sopian Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
  • Nunung Nursyamsiyah Universitas Pendidikan Indonesia
    (ID)
Kata Kunci: Anagram, Bahasa Arab, Mufradat.

Abstrak

Abstrak : Penelitian ini mengupas permasalahan yang masih dirasa sulit bagi siswa dalam mempelajari bahasa Arab yakni motivasi untuk menghafal dan menguasai mufradat. Kebanyakan siswa pada awalnya bersemangat belajar, tetapi kemudian menjadi bosan dan malas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif. Dengan menggunakan metode ini, peneliti menggunakan pembahasan tentang permainan anagram berupa jurnal dan makalah untuk menambah data berupa penelitian sebelumnya tentang pembelajaran kosakata. Melalui observasi dengan guru bahasa Arab, media anagram cocok untuk diterapkan dalam pembelajaran mufradat bahasa Arab, anagram dapat meningkatkan minat siswa terhadap bahasa dan secara tidak langsung meningkatkan kadar CBSA dalam proses belajar mengajar. Hal ini dikarenakan aktivitas yang dilakukan siswa dalam permainan bahasa ini tidak hanya aktivitas fisik tetapi juga aktivitas mental.. Anagram adalah permainan kata, frasa, atau kalimat yang menciptakan makna baru ketika kata, frasa, atau kalimat disusun ulang. Secara umum, kata-kata yang dapat dianagram harus terdiri dari setidaknya 4 huruf karena mudah dikacaukan dengan kata-kata baru, tetapi ada banyak kata dengan kurang dari 4 huruf.

Referensi

Ahmad, Mawardi, Ismail Akzam, and Yenni Yunita. “Pengaruh Program Kelas Bahasa Arab Pada Lembaga CELAD Terhadap Penguasaan Mufrodat (Kosa Kata) Mahasiswa.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 16, no. 1 (2019): 58–77. https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(1).2853.

Ardhani, Ayu Putri. “Keefektifan Penggunaan Media Anagram Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Indones.” Al-Bidayah 3, no. 1 (2011): 1–33.

Ayubi, Sholihudin Al. “ARABIC LANGUAGE LEARNING STRATEGY AND THE PROBLEMS OF ITS APPLICATION AT LKP IBNU KHALDUN DRIYOREJO GRESIK.” JOSSE: Journal Of Social Science And Economics 1, no. 1 (2022): 56–64.

Baso, Yusring Sanusi, Faridah Rahman, and Najmuddin Abd Safa. “Hubungan Penguasaan Mufradat Dan Tingkat Pemahaman.” Arabi 1, no. 2 (2016): 50–63.

Delly. “Efektivitas Penggunaan Metode El-Syarif Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Mufrodat Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Al-Ishah Palembang.” Http://Jurnal.Radenfatah.Ac.Id/Index.Php/Conciencia/Article/View/3481/2418 17, no. Vol 17 No 2 (2017): Conciencia (2017): 11–19.

Endang Setyowati, Lu’lu’il Maknuun. “The Vocabulary Mastery of the Eighth Year Students of SMP Bhakti Malang Using Anagram Games.” Journal of English Language Pedagogy 3 (2020): 81–88.

Hidayati, Nur Laili. “ANALISIS PEMBUATAN MEDIA VISUAL UNTUK PEMBELAJARAN MUFRADAT OLEH MAHASISWA MAGISTER PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA” 2, no. 2 (2021): 90–102.

Huda, Nisa Fahmi. “Eksperimentasi Media Rubik Berbasis Teka-Teki Silang Dalam Meningkatkan Penguasaan KosaKata Bahasa Arab Siswa Kelas X IPS MAN 4 Bantul Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019.” Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2, no. 2 (2020): 100–115. https://doi.org/10.18196/mht.2220.

Indrawati, Indrawati, and Febya Resti. “Using Anagram Technique to Develop Students’ Vocabulary Mastery to the Seventh Grade Students.” SUSTAINABLE: Jurnal Kajian Mutu Pendidikan 3, no. 2 (2020): 86–96. https://doi.org/10.32923/kjmp.v3i2.1434.

Istiqomah, Roshydatul. “Pengembangan Media Anagram Dan Gambar Bahasa Indonesia Siswa Kelas I,” 2021.

Kartikasari, Dewi, - - Arjulayana, and Aidil Syah Putra. “The Effect of Anagram Game on the Eighth Grade Students’ Vocabulary Mastery At Smpn 3 Balaraja.” Globish: An English-Indonesian Journal for English, Education, and Culture 10, no. 1 (2021): 1. https://doi.org/10.31000/globish.v10i1.3223.

Kasnun, Rizka Eliyana Maslihah, and Dedi Hasnawan. “PENERAPAN STRATEGI INQUIRY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BERBASIS MODIFIED FREE INQUIRY,” no. 1 (2019).

Mualif, A. “Orisinalitas Dan Elastisitas Kosakata Dalam Bahasa Arab.” لسـانـنـا (LISANUNA): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya 9, no. 1 (2020): 40. https://doi.org/10.22373/ls.v9i1.6731.

Nuur, Khaerun Nisa. “Peningkatan Penguasaaan Mufradat Mahasiswa Melalui Media Berbasis Teks Cerita.” Diwan : Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab 3, no. 2 (2018): 131. https://doi.org/10.24252/diwan.v3i2.4441.

Pitriana, Awal. “EFEKTIVITAS MEDIA ANAGRAM DALAM PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA PRANCIS : Studi Eksperimen Terhadap Mahasiswa Semester III Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis FPBS Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Akademik 2009/2010,” 2009.

Prawiyata, Yugi Diraga. “The Use of Anagrams To Increase Students’ English Vocabulary Mastery.” Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra 5, no. 1 (2020): 22–24. https://doi.org/10.32696/ojs.v5i1.397.

Rosadi, Ahdian. “The Effectiveness of Anagram Technique in Teaching Vocabulary.” VELES Voices of English Language Education Society 1, no. 1 (2017): 41–50. https://doi.org/10.29408/veles.v1i1.392.

Sari, Maftuhatul Ulumiyah Kumala; Kasiyun, Suharmono; Ghufron, H. Syamsul; Sunanto. “Upaya Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Permainan Anagram Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (2021): 1683–88.

Sinaga, Heppy, Herman Herman, and Eben Pasaribu. “The Effect of Anagram Game on Students’ Vocabulary Achievement At Grade Eight of Smp Negeri 8 Pematangsiantar.” Journal of English Educational Study (JEES) 3, no. 1 (2020): 51–60. https://doi.org/10.31932/jees.v3i1.655.

Sopian, Asep, and Mia Nurmala. “Implementation of Prophetic Education in Arabic Learning Strengthening Character Education during Distance Learning at a Senior High School” 595, no. Icollite (2021): 123–28.

Sulistianingsih, Endang, Rizki Dwi Juliani, and Toto Pradjarto. “The Effect of Anagram Games on Secondary Level Students’ Reading Achievement.” JOALL (Journal of Applied Linguistics & Literature) 5, no. 1 (2020): 52–59. https://doi.org/10.33369/joall.v5i1.8763.

Yolanda, Deestia. “فعالية لعبة انجرام لترقية إتقان المفردات في تعليم اللغة العربية لدى تلاميذ الصف الثامن من المدرسة المتوسطة الإسلامية في معهد المدرسة التربية الإسلامية تنجونج بارولك,” 2020.

Yudha Barnaba, Hengki, Asruddin Barori Tou -, and Universitas Negeri Yogyakarta. “Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Media Anagram Dalam Metode Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Improving the English Vocabulary Mastery Through Anagram Media in Cooperative Methods of Study Teams Games Tournament Type.” Jurnal Prima Edukasia 2, no. 1 (2014): 80–89.

Diterbitkan
2024-01-10
Abstrak viewed = 481 times