Manajemen Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab di MTSN 4 Tanjung Jabung Timur Jambi

  • M. Afief Akbari Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Satriadi Satriadi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Tulisan ini berisikan tentang manajemen perencanaan pembelajaran bahasa Arab yang ada pada MTSN 4 Tanjung Jabung timur Jambi, adapun yang menjadi tujuan dalam penulisan artikel ini ialah: 1) untuk mengetahui bagaimana manajemen perencanaan yang ada di MTSN 4 Tanjung Jabung Timur Jambi, dan 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam menjalankan manajemen perencanaan pembelajaran bahasa Arab di MTSN 4 Tanjung Jabung Timur Jambi. Penelitian ini menggunakan metode  kualitatif  bersifat deskriptif dimana pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan hasil sebagai berikut:  1) Tahapan manjemen perencanaan persiapan yang dilakukan oleh pihak pengajar berupa pembutan silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, materi ajar dan lainnya, 2) Tahap pelaksaan pembelajaran dengan merujuk kepada perencaana berupa persiapan yang telah dilakukan, dan 3) Tahapan pengawasan dan evaluasi bersama terhadap manjemen perencanaan pembelajaran yang telah terlaksana, dimana jika masih banyak ditemui kekurangan dalam pengaplikasiannya maka akan diadakan evaluasi dan inovasi yang lebih baik lagi pada tahapan selanjutnya.

References

Akilah, Fahmiah. “MANAJEMEN PERENCANAAN SUMBER DAYA MANUSIA DI BIDANG PENDIDIKAN : MANIFESTASI DAN IMPLEMENTASI” Vol. 11 No. 1 (June 2017): 81–94.

Faiqah, Nurul. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SEKOLAH” Vol. X No. 1 (June 2017).

Hardani, Nur Hikmatul Auliya, and Helmina Andriani. METODE PENELITIAN KUALITATIF & KUANTITATIF. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2020.

Ikhwan, Afiful. “MANAJEMEN PERENCANAAN PENDIDIKAN ISLAM” Volume 04, Nomor 01 (June 2016): 128–155.

Ninoersy, Tarmizi, Tabrani ZA, and Najmul Wathan. “MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA SMAN 1 ACEH BARAT” Vol. 05 No. 1 (June 2019).

Putra, Vivit Nur Arista. “Manajemen Perencanaan Pembelajaran Untuk Kaderisasi Muballigh Di Pondok Pesantren Takwinul Muballlighin Yogyakarta” Volume 3, Nomor 1 (May 2018).

Rosyid, Muhammad Kholilur, Moch. Sulthoni Faizin, Nazahah Ulin Nuha, and Zakiyah Arifa. “Manajemen Perencanaan Pembelajaran Aktif Di Lembaga Kursus Bahasa Arab Al-Azhar Pare Kediri” Vol.3, No.1 (2019): 1–20.

Siyoto, Sandu, and M. Ali Sodik. DASAR METODOLOGI PENELITIAN. Yogyakarta: Literasi Media Publishing, 2015.

Suryapermana, Nana. “MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN” Vol. 3 No. 02 (December 2017): 183–193.

Tumaji, Sampiril Taurus. “MANAJEMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB” Vol 5 No 1 (April 2018).

Widyanto, I Putu, and Endah Tri Wahyuni. “IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN” Vol 04 No. 02 (2020).

Wijaya, Muallim. “Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek” Vol. 1 No. 1 (January 2017).

Yahya, Muhyidin, Maftuhati, Abdul Hayyi Mustofa, and Zakiyah Arifa. “ONLINE-BASED ARABIC LEARNING MANAGEMENT DURING THE COVID-19 PANDEMIC ERA: PLAN, IMPLEMENTATION AND EVALUATION” (n.d.).

Yuniati, Safrida, and Sugeng Prayoga. “Pengaruh Manajemen Perencanaan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru SMA Negeri Di Kota Mataram” Vol.5, No.2 (September 2019): 133–140.

Published
2021-11-29
Abstract viewed = 624 times