Strategi Pembelajaran Kolaboratif dalam Maharah Kitabah di Ma Asy-Syifa Totikum

  • Miftahul Fadliah Buhun UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Anisah Nasution UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Muassomah Muassomah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan strategi pembelajaran kolaboratif dalam maharah kitabah dengan proses pembelajaran yang tatap muka di MA Asy-Syifa Totikum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan tiga teknik pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa dengan diterapkannya strategi kolaboratif dalam pembelajaran kitabah hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Adapun penerapan strategi kolaboratif dalam pembelajaran kitabah bahasa Arab dilakukan melalui tahap-tahap: menentukan tujuan belajar, membagi siswa ke dalam kelompok yang heterogen berdasarkan hasil nilai lapor bahasa Arab dan jenis kelamin, guru memberikan tugas menulis bebas kepada semua siswa, siswa diminta untuk memilih tema yang sudah ditentukan kemudian siswa menulis berdasarkan tema tersebut dengan menggunakan kosakata, tarkib, dan kemampuan berbahasa yang telah dipelajari, apabila mereka memiliki kesulitan dalam membuat karangan siswa berdiskusi dengan teman kelompoknya. Selain itu, siswa diminta untuk menuliskan kosakata-kosakata baru di bawah karangan tersebut, sehingga siswa dapat mempelajari, menambah kosakata, dan meningkatkan daya ingat siswa.

Author Biographies

Miftahul Fadliah Buhun, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Mahasiswa Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Anisah Nasution, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Magister Pendidikan Bahasa Arab
Muassomah Muassomah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Magister Pendidikan Bahasa Arab

References

Ahmad, Susanto. (2013). “Teori-teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar”. Jakarta: Kencana Prananda Media Group.

Alwasilah, Chaedar., & Senny, Suzanna, Alwasilah. (2007). “Pokoknya Menulis”. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Audina, N. A., & Muassomah, M. (2020). Instagram: Alternatif Media dalam Pengembangan Maharah Al-Kitabah. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1986

Hayatin, Nisa., Disman, D., & Dadang, Dahlan. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Teknik Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Peserta Didik. Manajerial: Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia, 3(5), 157-166.

Margaretha, Kusumaningsih. (2013). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Permainan Kartu Bagi Siswa Kelas 1 SD. E-Journal Pembelajaran Inovasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1).

Miftahul, Huda. (2014). “Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ni, Made Y, Utami., I, Gede, Margunayasa., & Ni, Nyoman, Kusmariyatni. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Motivasi Berprestasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru: Universitas Pendidikan Ganesha, 2(2).

Nurlaila, N., & Muassomah, M. (2020). The collaboration of Herbart method with cooperative learning: optimizing writing skills at IAIN Madura. Alsinatuna: Journal of Arabic Linguistics and Education, 5(2), 147-164.

Purnamawati, P., & Hendra, Jaya. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Melalui Pendekatan CSCL (Computer Supported Collaborative Learning) pada Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Jurnal MEKOM (Media Komunikasi Pendidikan Kejuruan), 3(2), 167-185.

Saefullah, U. (2012). “Psikologi Perkembangan dan Pendidikan”. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sitti, Kuraedah. (2015). Aplikasi Maharah Kitabah dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’dib: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 8(2), 82-98

Slavin. (1995). “Cooperative Learning, Theory and Practice 4th edition”. Allyn and Bacon Publishers.

Suharsono. (2004). “Akselerasi Intelegensi; Optimalkan IQ, EQ, dan SQ”. Depok: Inisiasi Press.

Syah Muhibbin. (2003). “Psikologi Belajar”. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Syaiful, Mustofa. (2011). “Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif”. Malang: UIN Maliki Press.

Umamah, M., & Muassomah, M. (2020). Pembelajaran Daring Melalui Teknik Kolaboratif pada Keterampilan Menulis Peserta didik di SMA Darul Qur’an Kota Mojokerto. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab. https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v3i2.24362

Utomo, Dananjaya. (2012). “Media Pembelajaran Aktif”. Bandung: Nuansa.

Warsono, Hariyanto. (2012). “Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen”. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Published
2021-11-29
Abstract viewed = 460 times