Penerapan Metode Eklektik dalam Pelatihan Peningkatan Skor Toafl Guru SMP Islam Al-Hadi

  • Khabibi Muhammad Luthfi Universitas Sebelas Maret
    (ID)
  • Eva Farhah Universitas Sebelas Maret
    (ID)
  • Abdul Malik Universitas Sebelas Maret
    (ID)
  • Arifuddin Universitas Sebelas Maret
    (ID)
  • Afnan Arummi Universitas Sebelas Maret
    (ID)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menerapkan metode eklektik untuk meningkatkan skor Toafl guru SMP Islam Al-Hadi Sukoharjo. Ini karena, para guru tersebut merasa hanya menjadi subjek yang memberikan materi-materi bahasa Arab kepada siswa sehingga tidak update terhadap perkembangan mutakhir bahasa Arab, khususnya Toafl. Secara teoretis, penelitian ini menggunakan pendekatan linguistik edukasional dengan teori metode pembelajaran eklektik dan secara metodologis, menggunakan pendekatan kuantilatif melalui rancangan penelitian tindakan kelas berjumlah dua siklus dengan model Kurt Levin. Sumber datanya diperoleh dari guru SMP Al-Hadi, tutor atau tim peneliti sendiri, dan peristiwa pembelajaran di kelas melalui tes, observasi, wawancara, kuesioner dan FGD yang dianalisis secara deskriptif-kuantitatif dengan persentase dan deskriptif-kualitatif menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan metode eklektik berhasil meningkatkan Toafl guru dengan baik hingga mencapai rerata skor 507 (63%) dengan rerata kenaikan 18% di skor keseluruhan, 9% di fahm al-masmu’, 24% di tarakib wa asalib, dan 21% di fahm al-maqru’

References

Aflisia, Noza. “Studi Komparatif Skor Toafl Mahasiswa (Peserta Dan Non Peserta Bimbingan Belajar Bahasa Arab).” Jurnal Arabia : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 10, no. 2 (May 24, 2018): 145–165.

Andreastya, Vian Hanes, dan Fathur Rohman. “Korelasi Antara Pembelajaran Intensif Bahasa Arab Dengan Perolehan Nilai Toafl (Test Of Arabic As A Foreign Language) Mahasiswa Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng.” Al Ta’dib : Jurnal Ilmu Pendidikan 9, no. 2 (2020): 117–130.

Anggoro, Raden Roro Maha Kalyana Mitta. “Optimalisasi Kompetensi Primavista Mahasiswa Instrumen Pokok Piano Melalui Metode Drill.” Virtuoso: Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik 4, no. 2 (Juni 2021): 70–81.

Ayomi, Putu Nur. “Positivisme dan Paradigma Struktural-Fungsional dalam Linguistik Sistemik Fungsional.” Diglossia: Jurnal Kajian Ilmiah Kebahasaan dan Kesusastraan 12, no. 2 (April 24, 2021): 109–128.

Fitri, Fitrialrasi. “Penggunaan Metode Eklektik (Thariqah Intiqoiyyah) terhadap Pembelajaran Bahasa Arab di Akper Aisyiyah Padang.” Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat 1, no. 1 (December 5, 2018): 93–102.

Hikma, Nurul, dan Hamim. Lulus Toafl, Test of Arabic As Foreign Languange. Malang: UIN-Maliki Press, 2020.

Ibrahim, ’Abd al-’Alim. Al-Muwajjah al-Fanni Li al-Mudarrisi al-Lugah al-’Arabiyyah. Kairo: Dar al-Ma’arif, 1968.

Kunandar. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Luthfi, Khabibi Muhammad. Epistemologi Nahwu (Pedagogis) Modern. Yogyakarta: Zahir Publishing, 2020.

Munawwir, Ahmad. “Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” Shaut al Arabiyyah 8, no. 1 (Juli, 2020): 86–91.

Rahayu, Siti Perdi. “Dasar-dasar Filosofis Metode Pembelajaran Bahasa Prancis sebagai Bahasa Asing di Indonesia.” Diksi 27, no. 2 (Desember, 2019): 168–176.

Ripaldi, Refki. “Pengaruh hasil belajar materi Qiroah Muwajjahah terhadap Hasil Tes Bahasa Arab (TOAFL) Khususnya Materi Fahm Maqru’.” Diploma, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2021. http://digilib.uinsgd.ac.id/38232/.

Rohman, Fathur, Moh. Arif Setyabudi, dan Mahmud Fauzi. “Pengembangan Kemampuan Berbahasa Arab Berbasis Toafl (Test Of Arabic As A Foreign Language) melalui Pendampingan dan Pelatihan Di Universitas Hasyim Asy’ari Tebuireng.” Al Ta’dib : Jurnal Ilmu Pendidikan 8, no. 1 (2008). http://ejournal.unhasy.ac.id/index.php/al-tadib/article/view/328.

Rudimansyah, Hasan, Wahab, dan Yogia Prihartini. “al-Awamil al-Muassirah Tahqiq Darajah Ikhtibar Thullab Ta'lim al-Lugah al-'Arabiyyah fi Markaz al-Lugah bi Jami'ah as-Sulthan Thaha Syaif ad-Din al-Islamiyyah Toafl al-Lugah al-'Arabiyyah li al-Ajanib al-Hukumiyyah Jambi”. Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020. http://repository.uinjambi.ac.id/7450/.

Setiawaty, Farida. “Pengenalan Toafl Sebagai Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah.” MUTSAQQAFIN: Jurnal Pendidikan Islam dan Bahasa Arab 2, no. 01 (December 27, 2019): 23–46.

Silvia, Multin. “Tingkat Kemampuan Test Of Arabic As A Foreign Language (Toafl) Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.” Universitas Sumatera Utara, 2020. https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/29326.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2009.

Syarofit, Miqdarul Khoir. Mahir TOAFL. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2018.

Tim Sekolah. Profil Sekolah SMP Islam Al-Hadi Mojolaban. Sukoharjo: SMP Islam Al-Hadi, 2021.

Wahab, Muhbib Abdul. Epistemologi Dan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Jakarta: Lembaga Penelitian Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2008.

Wahab, Muhbib Abdul, Aziz Fahrurrozi, Tulus Musthafa, dan Syamsul Arifin. “Standarisasi Kompetensi Bahasa Arab Bagi Calon Sarjana Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.” Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban 5, no. 1 (Juni, 2018): 38–64.

Published
2022-06-13
Abstract viewed = 372 times