Metode dan Strategi Pembelajaran Istima’

  • Sitti Aisyah Chalik
    (ID)
Keywords: Maharah Istima’, Metode Pengajaran, Strategi Pembelajaran

Abstract

Abstract : Pembahasan tentang metode dan strategi pembelajaran bahasa arab sangat luas, salah satunya mengenai metode dan strategi pembelajaran istima’. Dalam pembelajaran istima’ Ada tiga tahapan dalam belajar istima’ yaitu tahap perkenalan, tahap mendengarkan dan meniru, yang terakhir tahap mendengarkan dan meniru. Dalam penyampaiannya juga digunakan beberapa metode seperti metode audiolingual sangat cocok untuk pembelajaran istima’. Dan juga dibutuhkan strategi agar pembelajaran semakin menarik dan siswa dapat memhami pelajaran dengan mudah. Ada 3 strategi yang bisa digunakan, strategi pertama yaitu Strategi yang bertujuan untuk melatih kemampuan mendengarkan bacaan dan memahami isi bacaannya secara global. Strategi yang kedua yaitu Strategi yang lebih menekankan pada aspek kemampuan memahami isi bacaan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan. Strategi yang ketiga yaitu strategi yang menitik beratkan kepada kemampuan untuk mengungkapkan kembali apa yang sudah didengarnya dengan bahasa sendiri.

References

Effendy, Ahmad Fuad. 2005. Metode Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat
Gulo, W. 2002. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Grasindo
Hamid, Abdul, dkk. 2011. Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press
Mustofa, Syaiful. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif. Malang: UIN-Maliki Press.
Published
2021-09-30
Abstract viewed = 10435 times