Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Humanistik Perspektif Paulo Freire

  • Venia Nuzulul Adila Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Pembelajaran Bahasa Arab merupakan salah satu mata pelajaran yang banyak peminatnya, karena bahasa Arab adalah bahasa Asing yang memiliki banyak peminat di dunia pendidikan apalagi dilembaga islam seperti pondok pesantren. Maka bahasa Arab tidak bisa diajarkan menggunakan sistem bank yang mana guru hanya memberikan input tanpa output dari siswa. pada dasarnya belajar bahasa Arab terdiri dari unsur bahasa dan keterampilan bahasa, sedangkan keterampilan bahasa tidak bisa diajarkan melalui teori saja harus ada prakteknya karena belajar bahasa arab memiliki susunan yang harus difahami untuk di ungkapkan baik secara lisan dan tulisan. Tulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kepustakaan dengan mengandalkan sumber buku dan artikel yang berkaitan dengan pokok permasalahan. Pengolahan dan analisis data dari beberapa sumber menjadikan kesimpulan dari pokok tersebut. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan, Proses pembelajaran bahasa Arab membutuhkan interaksi humanistik, guru sebagai motivator dan fasilitator dan siswa sebagai makhluk yang kritis dalam menghadapi masalah dan makhluk bebas yang menyadari potensi serta bakat yang dimilikinya dalam berbahasa Arab. Kebebasan siswa dalam mengembangkan bahasa Arab dalam pembelajarannya.

References

Arifin, Zaenal. Metodologi Penelitian Pendidikan Filosofi. Teori, Dan Aplikasinya. Lentera Cendikia Surabaya, 2012.

Arta, I Gede Arya Juni. “DIGITALISASI PENDIDIKAN: DILEMATISASI DAN DEHUMANISASI DALAM PEMBELAJARAN DARING PERSPEKTIF FILSAFAT PAULO FRIERE,” no. 3 (2021). https://prosiding.iahntp.ac.id.

Damayanti, Cicilia, and Yohanes Probo Dwi Sasongko. “Restorasi Dunia Pendidikan Di Indonesia Dalam Perspektif Paulo Freire.” Jurnal Riset Intervensi Pendidikan (JRIP) 3, no. 1 (2021): 61–70.

Fadli, Rizky Very. “TINJAUAN FILSAFAT HUMANISME: STUDI PEMIKIRAN PAULO FREIRE DALAM PENDIDIKAN.” JURNAL REFORMA 9, no. 2 (December 11, 2020): 96.

Liputan6.com. “Hardiknas 2021, FSGI: Krisis Pendidikan Masih Terjadi di Indonesia.” liputan6.com. Last modified May 2, 2021. Accessed November 8, 2021. https://www.liputan6.com/news/read/4547768/hardiknas-2021-fsgi-krisis-pendidikan-masih-terjadi-di-indonesia.

M.Pd, Dr Rusman. Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media, 2017.

Nurjanah. “PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SECARA DARING: PESERTA DIDIK MTSN 1 TANJUNG JABUNG TIMUR DI NIPAH PANJANG.” JURNAL LITERASIOLOGI 7, no. 2 (July 2021).

Sopyan, Arisal, and Sani Rizki Firmansyah. “PEMIKIRAN HUMANISTIK DALAM PENDIDIKAN (Perbandingan pemikiran Paulo Freire dengan Ki Hajar Dewantara)” (n.d.): 21.

Ta’rifin, Ahmad. “Membangun Interaksi Humanistik dalam Proses Pembelajaran.” Forum Tarbiyah 7, no. 1 (June 2019): 16.

Yusuf, Muhammad. “Kajian Teoritik Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Humanistik Di Madrasah Ibtida’iyah.” Shaut al Arabiyyah 7, no. 2 (December 6, 2019): 132.

Zakiah, Nita. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Peserta didik Madrasah Tsanawiyah Al Islamiyah Kotabumi Lampung Utara” (n.d.): 15.

Published
2022-06-13
Abstract viewed = 574 times