Kepribadian Ekstrovert dan Introvert dan Hubungannya Terhadap Penguasaan Keterampilan Membaca Siswa Melalui Online di SMPIT Al-Fityan School Gowa

  • Nur Fausiyah Fadillah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Uril Baharuddin Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Abdul Malik Karim Amrullah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab melalui online menghadapi masalah pada kurangnya pemahaman siswa, terutama keterampilan membaca di antara siswa dengan kepribadian ekstrovert dan introvert. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan tingkat kepribadian siswa ekstrovert dan introvert dalam pembelajaran keterampilan membaca melalui online (2) mendeskripsikan tingkat penguasaan siswa ekstrovert dan introvert dalam keterampilan membaca; (3) mendeskripsikan hubungan antara kepribadian ekstrovert dan introvert terhadap penguasaan keterampilan membaca. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. Adapun populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPIT Al-Fityan School Gowa dengan pengambilan sampel sejumlah 31 orang yang terbagi pada dua kategori tipe kepribadian. Teknik pengambilan sampel yang dipakai teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan melalui angket, tes dan dokumentasi. Untuk melakukan analisis data, peneliti menggunakan teknik analisis Product Moment menggunakan program SPSS 26.00. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) tingkat kepribadian ekstrovert dalam membaca yaitu 13 siswa kategori sangat baik, 3 siswa kategori baik. Tingkat kepribadian introvert yaitu 10 siswa kategori sangat baik, 5 orang siswa kategori baik; 2) tingkat penguasaan siswa ekstrovert dalam membaca yaitu 13 siswa kategori sangat baik, 3 orang siswa kategori baik. Tingkat penguasaan siswa introvert yaitu 8 siswa kategori sangat baik, 7 orang siswa kategori baik; 3) tidak ada hubungan yang signifikan antara kepribadian ekstrovert dan penguasaan keterampilan membaca siswa (0,284>0,05), dan tidak ada hubungan yang signifikan antara kepribadian introvert dan penguasaan keterampilan membaca siswa (0,382>0,05). Temuan penting lainnya adalah penguasaan membaca siswa ekstrovert lebih tinggi dibandingkan siswa introvert.

Author Biography

Nur Fausiyah Fadillah, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
Pendidikan Bahasa Arab

References

Masruri, Muhammad Hadi. 2006. Al-Hujum Majallat ‘Arabiyyah ‘Amaliyyah li al-Tsaqafah al-Islamiyyah. Malang: Jami’ah Islamiyyah Malang.

Al-Hadidiy, Ali. t.t. Musykilat Ta’liim al-Lughah al-‘Arabiyyah li ghairil ‘Arab. Kairo: Dar al-Katib al-Arab.

Virlia, Dominika dan Stefani. 2018. “Hubungan Tipe Kepribadian Ekstrovert dengan Penerimaan Sosial pada Siswa”. Konselor. 1. Maret.

Eysenck, Hans. 1947. Dimensions of Personality. Kegan Paul: Trench, Trubner & Co., Ltd.

Suryabrata, Sumadi. t.t. Psikologi Kepribadian. Edisi 1. Jakarta: Rajawali Press.

Chafidzoh, Tsaniananda Fidyatul. 2020. “Strategi Meningkatkan Pemerolehan Bahasa Arab dengan Memperhatikan Tipe Kepribadian Siswa”. Al-Ma’rifat. 1 April.

Ria Puspita Sari, dkk, 2020. Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Covid-19”. Ilmiah Kependidikan. 1 Desember.

Published
2022-06-13
Abstract viewed = 521 times