Implementasi Ekstrakurikuler Arabic Club Guna Meningkatkan Komunikasi Bahasa Arab Siswa SD Muhammadiyah Modern Boarding School Prambanan

  • Aan Kurnianto Program Magister Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
    (ID)

Abstract

Sekolah Dasar Muhammadiyah Modern Boarding School Prambanan salah satu lembaga pendidikan islam swasta yang sampai saat ini tetap konsisten mengajarakan bahasa arab kepada para siswa, baik secara formal ataupun nonformal melalui aktifitas di dalam kelas maupun di luar kelas. Salah satu ekstrakurikuler penunjang kemampuan bahasa arab adalah Arabic Club Program ini berisikan perkumpulan siswa-siswa yang mempunyai minat tinggi untuk belajar bahasa arab yang mana di dalamnya siswa mempelajari kaidah-kaidah bahasa arab dan mempraktikannya dalam pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Program ini bukanlah merupakan program pembelajaran formal tetapi merupakan pembelajaran non formal yang diadakan di luar kelas sebagai mata pelajaran tambahan bahasa yang disajikan dalam bentuk ekstrakurikuler dengan dibimbing langsung oleh guru bahasa arab dan bagian bahasa yang sudah ahli dalam bidangnya. Walaupun program ini bukanlah program pembelajaran formal akan tetapi program ini tersusun, terjadwal, terstruktur dan menyesuaikan dengan kurikulum yang ada di Sekolah Dasar.

References

Amru. 2013. Penerapan Media Belajar Dan Sumber Belajar di Pesantren. Jakarta: Buku Pustakakarya.

Asrori, Imam. (2014). Strategi Belajar Bahasa Arab dan pengaplikasiannya. Malang

Azhar, Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mangku joyo, Arief, dkk. (2013). Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali.

Purwono, Joni. (2014). Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan social di Sekolah Menengah Atas Negeri SMAN 20, Bandung. Jurnal Teknologi dan Informasi ITB

Widaryanto, Suflemi. (2016). Korelasi Penguasaan Teknologi Pembelajaran Guru Dengan Kemampuan Peserta didik. Edutecno

Published
2022-06-28
Abstract viewed = 1417 times