Analisis Buku Ajar Bahasa Arab Untuk MTs Kelas 7 Karya Hasan Saefullah
Abstract
Penelitian ini berkaitan dengan analisis sebagai metode untuk menganalisa dan mempelajari sesuatu secara objektif dan sistematis. Isi buku pelajaran adalah sumber materi dan sebagai guru kedua dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, isi buku pelajaran harus sesuai dengan kaidah bahasa arab dan sesuai dengan isi dalam materi tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi dokumen atau teks. Studi dokumen adalah rangkaian kegiatan penelitian kualitatif yang bersangkutan dengan dokumen, dengan kata lain penelitian ini berpusat pada analisis atau interpretasi bahan tertulis yang memiliki empat langkah, peneliti menyiapkan perlengkapan, peneliti menyusun bibliografi kerja, peneliti memberi batasan penelitian, dan peneliti menganalisa dan membuat catatan penelitian. Dari hasil temuan penelitian ada beberapa kesalahan yang sering terjadi adalah penggunaan isim dohmir dan kesalah tulisan yang tidak sesuai dengan isi materi. Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kesalahan tersebut diantaranya yaitu tidak hati-hatian dalam penggunaan kaidah bahasa arab dan kesalahan dalam penulisan.
References
Ahmad Hidayat, Asep. Filsafat Bahasa. Yogjakarta: Rosda, 2009.
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Hisyam Djihad, Suyanto. Refleksi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adi Citra Karya Nusa, 2000.
J Meleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung; Remaja Karya, 1999.
Khatibah, Penelitian Kepustakaan dalam Jurnal Iqra’ Volume 05 No.01 Mei, 2011.
Ridwan, M Munawwir. Nahwu Idola Pengantar Memahami Nadzom Alfiyah Ibn Malik. Kediri: Lirboyo Press, 2016.
Sugiarto, Eko. Menyusun Prosal Penelitian Kualitatif : Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media, 2015.
Copyright (c) 2022 Shaut al Arabiyyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.