Metode Pembelajaran Ilmu Sharaf di Pondok Pesantren Cirata

  • Maryam Mu'adzah Program Sarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Afifah Amalia P Program Sarjana, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang
    (ID)

Abstract

Penelitian ini berupa penelitian proses penerapan salah satu metode pembelajaran ilmu Sharaf yaitu, Situation Method. Dengan tujuan penelitian pengenalan kembali situation method, mempelajari bagaimana strategi pembelajaran dan keadaan yang diciptakan dari metode ini, dan memperhatikan serta menyimpulkan situasi pembelajaran di Pondok Pesantren Baitul Qur’an Cirata. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, quesioner dan wawancara. Hasil penelitian ini berupa Tabel Distribusi Frekuensi Skor Tabulasi Angket dan diperoleh hasil yakni diagram batang pertama yaitu 10% yang dimaksud selalu disini adalah kesiapan guru pengampu mata pelajaran dalam mengajaran ilmu Sharaf di kelas, diagram batang kedua yaitu 28% yang dimaksud sering adalah respon keaktifan para siswa di dalam kelas, dan dua diagram terakhir yaitu 0% yang dimaksud adalah kadang-kadang dan tidak pernah, yaitu para siswa tidak merasa terbebani dalam proses pembelajaran ilmu Sharaf. Dapat disimpulkan dari penerapan situation method para guru pengampu mata pelajaran ilmu Sharaf selain menjelaskan materi secara formal di dalam kelas, juga melakukan sesi sharing untuk meningkatkan semangat belajara para siswa. Dan metode ini m

References

Brown, H. Doughlas. 2015. Teaching by Principles. New York: Pearson Education Ltd.

Habib. 2003. “Gaya Bahasa al-Qur’an: Daya Tarik al-Qur’an Dari Aspek Bahasa”. Adabiyyat: Bahasa dan Sastra Arab 1, no. 2: h. 61.

Harmer, Jeremy. 2007. The Practice of English Language Teaching. New York: Pearson Education Ltd.

Hisam Ahyani. 2020. “Situation Method dalam Pembelajaran Ilmu Sharaf di Era Revolusi Industri 4.0”. ‘A Jami: Jurnal Bahasa dan Sastra Arab 10, no. 1: h. 171.

Islami, Nur Ayu. 2001. “‘Al-Arabiyyah Sahlah’ Sebagai Label Perspektif Baru dalam Menyongsong Pembelajaran Bahasa Arab di New Normal”. Jurnal Dinamika 1, no. 2: h.55-69.

Jumanta, Hamdayanta. 2008. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Kalam Mulia.

Muhammad Abdul ‘Adhim az-Zarqani. Manahil al-Irfan fi Ulum al-Qur’an. Kairo: Isa Babl al-Halaby wa Syurakah.

Said Ramdhan al-Buthi. Min Rawai al-Qur’an. Maktabah al-Farabi.

Sayyid Qutb. Tashwir al-Fanny fi al-Qur’an. Beirut: Dar al-Syuruq.

Yunus, Mahmud. 1978. Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran. Cet. II; Jakarta: Hidakarya Agung.

Published
2022-06-28
Abstract viewed = 327 times