Video Infografis dalam Pembelajaran Mahārah Kalām

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan video infografis dalam pembelajaran Mahārah kalām. Penelitian dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan dengan observasi saat proses pembelajarn berlangsung, wawancara terhadap dosen pembelajaran Mahārah kalām, dan dokumentasi berupa hasil video infografis yang telah dibuat oleh mahasiswa, serta angket untuk mengetahui persepsi mahasiswa. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan melakukan kondensasi, penyajian, dan verifikasi data. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukan bahwa pemilihan penggunaan video infografis dilatarbelakangi kecenderungan mahasiswa dalam menggunakan media sosial serta pengetahuan mahasiswa terhadap teknologi yang berkembang saat ini ditambah lagi video infografis memiliki kesamaan karakteristik dengan Mahārah kalām.  Langkah yang dilakukan dosen dalam pembelajaran adalah sebagai berikut 1) Pembagian topik yang akan dibahas pada video, 2) Pengarahan pembuatan video termasuk konsep, 3) Proses pembuatan video bagi mahasiswa, 4) Pengumpulan video sekaligus penggunggahan ke media sosial. Mahasiswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan video infografis dalam pembelajaran Mahārah kalām. Diharapkan penelitian ini ada memberikan kontribusi bagi guru maupun dosen sebagai rujukan dalam menentukan media pembelajaran yang inovatif dan menyesuaikan dengan kondisi di era ini.

References

Albantani, Azkia, Ahmad Madkur, and Abd. Rozak. “Social Media in Classroom: The Use of Facebook in Foreign Language Learning.” In Proceedings of the Proceedings of the 2nd International Conference on Quran and Hadith Studies Information Technology and Media in Conjunction with the 1st International Conference on Islam, Science and Technology, ICONQUHAS & ICONIST, Bandung, October 2-4, 2018, Indonesia. Bandung, Indonesia: EAI, 2020. Accessed November 25, 2021. http://eudl.eu/doi/10.4108/eai.2-10-2018.2295511.

Budiyono, Budiyono. “Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0.” Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran 6, no. 2 (July 4, 2020): 300.

Codreanu, Tatiana, and Christelle Combe. “Vlogging: A New Channel for Language Learning and Intercultural Exchanges.” CALL communities and culture – short papers from EUROCALL 2016 (December 18, 2016): 119–124.

Csobanka, Zsuzsa Emese. “The Z Generation.” Acta Technologica Dubnicae 6, no. 2 (August 1, 2016): 63–76.

Dewi, Alvionita Citra, Eka Pramono Adi, and Zainul Abidin. “PENGEMBANGAN INFOGRAFIS MELALUI INSTAGRAM SEBAGAI PENGUATAN PEMAHAMAN POKOK BAHASAN SISTEM PENCERNAAN MANUSIA.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4, no. 2 (May 28, 2021): 216–224.

Fadhli, Muhibuddin. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO KELAS IV SEKOLAH DASAR.” Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. 1 (January 25, 2015): 24–29.

Junedi, Beni, Isnaini Mahuda, and Jaka Wijaya Kusuma. “Optimalisasi keterampilan pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran pada Guru MTs Massaratul Mut’allimin Banten.” Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 16, no. 1 (June 30, 2020): 63–72.

Kamza, Muhjam, Muhammad Haikal, Teuku Kusnafizal, and T Bahagia Kesuma. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Sumber Arab Melayu Berbasis Infografis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Syiah Kuala.” Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH 10, no. 02 (2021): 19.

Kartikasari, Galuh. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA: Studi Eksperimen pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo.” Jurnal Dinamika Penelitian 16, no. 1 (July 3, 2016): 59–77.

Mansur, Hamsi, and Rafiudin Rafiudin. “Pengembangan Media Pembelajaran Infografis untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Jurnal Komunikasi Pendidikan 4, no. 1 (January 31, 2020): 37.

Mardiana, Dina, R.M Teguh Supriyanto, and Rahayu Pristiwati. “Tantangan Pembelajaran Abad-21: Mewujudkan Kompetensi Guru Kelas Dalam Mengaplikasikan Metode Pengajaran Bahasa.” Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 2 (June 3, 2021): 1–18.

Matthew, B, A. M. H. Miles, and J Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods. Arizona State University, 2014.

Murtosiah, Siti. “OPTIMALISASI PERAN GURU BAHASA ARAB DI ERA DIGITAL.” Jurnal Lughoti: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 1, no. 02 (2020): 18.

Ningrum, Fitri Wahyu, Awalia Nurheni, Siti Aulia Umami, and Main Sufanti. “Revitalisasi Budaya Literasi melalui Pemanfaatan Infografis di SMK Sukawati Gemolong Kala Pandemi.” Buletin KKN Pendidikan 3, no. 2 (2021): 8.

Nurlaila. “MAHARAH KALAM DAN PROBLEMATIKA PEMBELAJARANNYA.” Al-Af’idah 4, no. 2 (2020).

Pilgrim, J, and C Bledsoe. “Learning through Facebook: A Potential Tool for Educators.” Delta Kappa Gamma Bulletin, no. 1 (2011).

Purnama, Sigit. “Pengasuhan Digital untuk Anak Generasi Alpha.” In Al Hikmah Proceedings on Islamic Early Childhood Education, 1:11, 2018.

Putra, Yanuar Surya. “THEORITICAL REVIEW : TEORI PERBEDAAN GENERASI.” Among Makarti 9, no. 2 (May 3, 2017). Accessed December 12, 2021. https://jurnal.stieama.ac.id/index.php/ama/article/view/142.

Rahma, Fatikh Inayahtur. “MEDIA PEMBELAJARAN (kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan.” PANCAWAHANA: Jurnal Studi Islam 14, no. 02 (2019): 13.

Syahputra, Edi. “PEMBELAJARAN ABAD 21 DAN PENERAPANNYA DI INDONESIA.” In Seminar Nasional SAINS, TEKNOLOGI, HUMANIORA DAN PENDIDIKAN, 1:9. Universitas Quality, 2018.

Syaifudin, Mokhamad. “Penugasan Infografis Sebagai Upaya Memupuk Keterampilan 4c Pebelajar.” JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4, no. 3 (August 10, 2021): 319–328.

Trisnawati, Winda Winda, and Arini Kumala Sari. “INTEGRASI KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM MODUL SOCIOLINGUISTICS: KETERAMPILAN 4C (COLLABORATION, COMMUNICATION, CRITICAL THINKING, DAN CREATIVITY).” Jurnal Muara Pendidikan 4, no. 2 (October 10, 2019): 455–466.

Vetiana, Gautama Veri. “The Role of the Center for Language Improvement in Enhanching Speaking Skills of The Class One of The Modern Islamic Boarding School Darussalam Gontor at The Girls’ Second Campuss (Ar).” Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya 7, no. 2 (December 22, 2019): 111–120.

Published
2022-06-13
Abstract viewed = 335 times