Aplikasi Smartschool Genius Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab Interaktif di Era Covid-19

  • Khoridatun Nafisah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Nur Patni Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Wildana Wargadinata Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)
  • Nur Hasan Abdul Bary Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang
    (ID)

Abstract

Pembelajaran daring di Sekolah menciptakan ketentuan baru terkait serangkaian kurikulum, metode, materi dan media pembelajaran yang harus diperbaharui oleh pihak sekolah dan para guru untuk menyesuaikan dengan keadaan, maka timbullah berbagai inovasi terbaru dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teknologi yang mudah diakses agar tercipta pembelajaran yang efektif, efisien dan diterima dengan mudah oleh para siswa. Salah satunya dengan memanfaatkan Aplikasi Smartschool Genius Pada Pembelajaran Bahasa Arab yang memiliki beberapa kendala selama pembelajaran dan beberapa manfaat selama penggunaannya di masa Pandemi Covid-19, namun didalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur-fitur sebagai penunjang efektifitas pembelajaran. Dengan metode deskriptif kualitatif, peneliti mengumpulkan beberapa data lapangan di MI Al-Khoiriyyah dengan wawancara, observasi dan dokumentasi online karena masih dilaksanakan pembatasan aktivitas masyarakat (PPKM) di Jawa dan Bali. Dan setelah semua data terkumpul, peneliti menganalisis data dengan tiga tahap dalam reduksi data (merangkum), penyajian data, dan verifikasi atau menarik kesimpulan dari hasil penelitian tersebut. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan aplikasi dapat membantu siswa dalam Belajar Bahasa Arab tanpa batasan waktu dan tempat dan juga aplikasi ini memiliki dampak yang signifikan tentang Pembelajaran Bahasa Arab dimasa yang akan datang. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada perkembangan anak dalam penggunaan teknologi  dalam pembelajaran bahasa arab.

Author Biography

Khoridatun Nafisah, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Mahasiswa S2 Pendidikan Bahasa Arab

References

Asmuni. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7, no. 4 (October 2020): 281–282.

Assidiqi, M H, and W Sumarni. Pemanfaatan Platform Digital Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Semarang, 2020.

Astriani, Siska Ana. PRINSIP & KRITERIA PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN. Paiton, Probolinggo, 2018.

Barnansyah, Rudi Muhammad. “Implementasi Media Pembelajaran Dalam Keterampilan Mengajar Bagi Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Media Dan Teknologi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19.” Hayula : Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 5, no. 2 (2021): 209.

Diah Kurniawati, Inung, and Dan Sekreningsih Nita. Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Double Cklik : Journal of Computer and Information Technology. Vol. 1. Madiun, 2018.

Ihsan, S, and A Ahyanuardi. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro 02, no. 01 (2021): 70–74. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/74.

Manurung, Purbatua. “MULTIMEDIA INTERAKTIF SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI COVID 19.” Al-Fikru : Jurnal Ilmiah 14, no. 1 (2020): 3.

Marjuni, A, and Hamzah Harun. “P  194.” Jurnal Idaarah III, no. 36 (2019): 194.

Nurdiansyah, Fajar (Universitas Adhirajasa Raswara Sanjaya), and Henhen Siti (Universitas Adhirajasa Raswara Sanjaya) Rugoyah. “STRATEGI BRANDING BANDUNG GIRI GAHANA GOLF SEBELUM DAN SAAT PANDEMI COVID-19.” Jurnal Purnama Berazam 2, no. 2 (2021): 160–162.

Prasanti, Ditha. “Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan Dalam Pencarian Informasi Kesehatan.” JURNAL LONTAR 6, no. 1 (2018): 16.

Pratiwi, Nuning Indah. “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.” Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial 1, no. 2 (2017): 211–212.

Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif.” Jurnal Alhadharah 17, no. 33 (2018): 91–94.

Risnajayanti, and Delvi. Strategi Guru Dalam Memilih Media Pembelajaran Di Masa Pandemik. Fkipum Kendari. Kendari, 2021.

Sam, Nurhikmah. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 46 Makassar.” Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication 1, no. 3 (2021): 140.

Samsiyah, Nur, and Agil Fajar S. “Pengaruh Multimedia Interaktif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Journal of Integrated Elementary Education 1, no. 1 (March 2021): 25–26.

Suartama, I Kadek. Bahan Ajar Evaluasi Dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembelajaran. Bali, 2016.

Sukur, Moch Halim, Bayu Kurniadi, Haris, and Faradillah Ray N. “Penanganan Pelayanan Kesehatan Di Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Hukum Kesehatan.” Journal Inicio Legis 1, no. 1 (October 2020): 1–4.

Suyanto, Umar Yeni, Desi Romadhona, and Nur Hidayati. “Pemanfaatan Aplikasi Digital Dalam Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Era New Normal.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage 1, no. 2 (2020): 122.

Syukri. “Peran Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini.” Al-Abyadh 4, no. 1 (2021): 16.

Utami, Destiani Putri. Melliani, Dwi. Maolana, Fermim Niman. Marliyanti, Fitriana. Hidayat, Asep. “Iklim Organisasi Kelurahan Dalam Perspektif Ekologi.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 12 (May 2021): 2738.

Widarma, Adi, and Sri Rahayu. “PERANCANGAN APLIKASI GAJI KARYAWAN PADA PT . PP LONDON SUMATRA INDONESIA Tbk . GUNUNG MALAYU ESTATE - KABUPATEN ASAHAN.” JTI : Jurnal Teknologi Informasi 1, no. 2 (2017): 167.

Yaumi, Muhammad. MEDIA PEMBELAJARAN : Pengertian, Fungsi, Dan Urgensinya Bagi Anak Milenial. Makassar, 2017.

Zahrah, Fatimatuz, and Bachtiar S Bachri. “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI PERSAMAAN NILAI MUTLAK MATA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS X DI SMAN 19 SURABAYA.” Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 11, no. 3 (2021): 2.

Published
2022-06-13
Abstract viewed = 160 times