Analisis Penggunaan Telegram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Industri 4.0

  • Erlina sekolah tinggi agama islam negeri mandailing natal
    (ID)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan telegram dalam pembelajaran bahasa Arab di era 4.0, kelebihan dan kekurangan dari media tersebut. Era industri 4.0 yang serba digital menuntut guru dan dosen bahasa Arab untuk bijak dalam memilih media pembelajaran yang efektif dan efisien. Ringan digunakan dan berbasis cloud telegram bisa dijadikan pilihan dalam pembelajaran bahasa Arab di era ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tahap pengumpulan data: mengumpulkan, menela’ah, mengklasifikasi, mereduksi dan melakukan conclusion secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telegram sangat cocok dalam pembelajaran bahasa Arab di era 4.0. Berbagai fitur telegram bisa digunakan dalam pembelajaran unsur dan keterampilan bahasa.  Pengaturan bahasa dan chat berbahasa Arab dapat digunakan dalam pembelajaran mufradaat. Pembelajaran tarkiib bisa menggunakan fitur chat, group dan chanel terkait. Voice chat, voice note, video call, group dan chanel serta searching film atau lagu berbahasa Arab dapat digunakan dalam pembelajaran istima’ dan kalaam. Pembelajaran qiraah dan kitaabah bisa menggunakan fitur pesan teks dan quiz bot. Kelebihan telegram yaitu ringan  digunakan, berbasis cloud, terjaganya kualitas file terkirim, enskripsinya kuat, gratis,  bisa mencapai 200.000 user dalam group, tersinkron, mampu mengirim dokumen dengan ukuran mencapai 2GB, dan bisa membangun alat API telegram. Adapun kelemahan aplikasi telegram hanya pada ketiadaannya fitur story.

References

Abimanto, Dhanan; Iwan Mahendro. “Penggunaan Aplikasi Telegram Untuk Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mata Kuliah Bahasa Iggris Materi Speaking Pada Mahasiswa Universitas Maritim Amni Semarang.” In Prosiding Kemaritiman 2021, 250, 2021.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Pt. Rineka Cipta, 2013.

Hanifah, Umi. Media Pembelajaran Bahasa Arab. Surabaya: Putra Media Nusantara, 2011.

Hasyim, M W, S Pramono, And Sutrisno. “Web-Based Telegram Chatbot Management System: Create Chatbot Without Programming Language Requirements.” In Iop Conference Series: Materials Science And Engineering, 1096:3, 2021.

Hidayat, Rahmad. Dkk. “Pemamfaatan Quiz Bot Telegram Dalam Pembelajaran Menyimak Bahasa Inggris.” Penamas Adi Buana 4, No. 02 (2021): 76–86.

Mulyanto, Angga Dwi. “Pemanfaatan Bot Telegram Untuk Media Informasi Penelitian.” Matics 12, No. 1 (2020): 51.

Mustofa, Muhamad Arif. “Analisis Penggunaan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaranbahasa Arab Di Era Industri 4 . 0.” Arabiyatuna 4, No. 2 (2020): 333–46.

Nurhawani, J. “Eksistensi Bahasa Arab Dan Problematikanya Di Era Revolusi Industri 4.0,” 214–21. Prosiding Seminar Nasional Usm 2 (1), 2019.

Qamar, Kawakibul, And Selamet Riyadi. “Efektivitas Blended Learning Menggunakan Aplikasi Telegram.” At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah 7, No. 1 (2018): 7.

Rois, Ikhwan Nur, And Cahya Edi Setyawan. “Penggunaan Aplikasi Telegram Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Peminatan Di Man 1 Kulon Progo,” 2020, 59–68.

Rufaidah, Mujahidah Fharieza. Dkk. “Penggunaan Channel Telegram Dan Group Whatsapp Dalam Pembelajaran Tata Bahasa Arab,” 390–404, 2020.

Syafaah, Darisy. “Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Prodi Bahasa Dan Sastra Arab Iain Tulungagung Dalam Menghadapi Tantangan Era Industri 4.0,” 849–59. Malang: Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab V, 2019.

Syafruddin. “Integrasi Metode Diskusi Menggunakan Telegram Discussion Group Dalam Pembelajaran Pai Di Sma.” In Al’adalah, 22:137–46, 2019.

Zakiatunnisa, Zakiatunnisa Dkk. “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dan Solusinya Bagi Non-Arab,” 489–98. Malang: Prosiding Semnasbama Iv Um Jilid 2, 2020.

Published
2022-06-13
Abstract viewed = 1049 times